Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Alis dan Bulu Mata Pada Kesehatan Penglihatan Kita

Fungsi Alis dan Bulu Mata Pada Kesehatan Penglihatan Kita

Fungsi alis dan bulu mata ternyata sangat penting untuk menjaga penglihatan kita. Tidak hanya sekedar untuk tampilan wajah saja, keduanya memiliki hal yang jauh menarik jika kita bahas.

Pada saat pandemi Covid-19 seperti ini tentu kita menjadi lebih sering menggunakan masker wajah bukan? Nah ketika berinteraksi dengan orang lain hanya akan terlihat alis dan bagian mata saja.

Sering kali kita fokus memperhatikan bahwa bagian pada mata tersebut memiliki ciri khas berbeda-beda. Setiap orang memiliki bentuk bahkan kelebatan yang berbeda pula.

Hal seperti ini biasanya dipengaruhi oleh genetik atau bahkan dari produk perawatannya. Pasalnya saat ini terdapat gel untuk membantu memperlebat bulu pada mata, baik alis maupun bulu mata.

Baca Juga: Fungsi Enzim Lipase yang Anda Butuhkan Dalam Tubuh

Fungsi Alis dan Bulu Mata Pada Kesehatan Penglihatan

Dua bagian tidak terpisahkan dari penglihatan kita ini ternyata memiliki fungsi yang sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Karena jika kita perhatikan baik alis atau bulu mata memiliki bentuk yang seakan menaungi atau melindungi mata kita.

Secara alami kita mendapatkan perlindungan dari bahaya seperti debu, udara berlebih bahkan air. Sehingga mata memiliki perlindungan untuk lebih sehat daripada tidak memiliki bulu mata dan alis tersebut.

Sebenarnya apa saja fungsi dari bulu mata dan alis tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Fungsi Alis Untuk Mata

Mulai dari bagian alis yang merupakan rambut yang melengkung pada bagian atas mata kita. Bentuk dan warna dari alis setiap orang memiliki perbedaan yang berasal dari gen atau bahkan dari pigmen diri masing-masing.

Pembahasan fungsi alis dan bulu mata akan terkait dengan kesehatan penglihatan. Karena posisinya yang berada tepat atas mata kita memiliki tujuan untuk menjaga aliran dari keringat atau air yang melewati dahi.

Pada saat tertentu kita pasti akan mengalami keringat yang mengucur dari dahi. Nah hal ini tentu akan membuat air keringat mengenai mata jika alis tidak ada.

Maka resiko mata terkena cairan yang membuat mata pedih akan lebih berkurang dengan perlindungan alis tersebut. Karena itu rambut alis yang sering orang cabut atau sesuaikan dengan bentuk tertentu akan memberikan efek buruk bagi kesehatan mata. Akan lebih baik jika kita membiarkan alis tumbuh dengan lebat seperti aslinya untuk melindungi kesehatan penglihatan.

Baca Juga: Fungsi Otak Kecil pada Tubuh Manusia dan Cara Menjaga Kesehatannya

Fungsi Bulu Mata

Setelah membahas fungsi alis tentunya Anda sudah memiliki gambaran bahwa semua yang Tuhan ciptakan memang tidak ada yang sia-sia bukan? Sama halnya dengan bagian bulu mata. Apapun bentuknya baik lentik atau tidak bulu mata sudah memiliki fungsi tersendiri.

Karena letaknya tepat pada garis mata, maka bulu mata in bisa memberikan perlindungan yang penting. Fungsi alis dan bulu mata sama pentingnya untuk selalu dijaga.

Bahkan banyak kejadian yang memperlihatkan bahwa bulu mata bisa menghalau kotoran yang akan masuk ke mata. Debu kecil akan tersaring dari rambut yang menutupi mata tersebut.

Namun banyak orang justru memperhatikan bulu mata untuk tujuan kecantikan saja. Padahal bagian pada mata ini membantu untuk mengurangi resiko terkena iritasi benda asing yang masuk dan mengganggu penglihatan.

Jadi akan lebih baik jika tidak menggunakan bulu mata palsu. Karena ada bagian lem tersebut justru bisa membuat resiko iritasi, bahkan bisa mengganggu fungsi alami bulu mata aslinya.

Bentuk Ekspresi Seseorang

Fungsi alis dan bulu mata untuk kesehatan penglihatan sudah kita bahas secara tuntas. Namun selain itu bagian mata berupa bulu mata dan alis ini bisa untuk penyaluran bentuk ekspresi.

Karena biasanya ketika malas berbicara atau keadaan yang mengharuskan untuk meminimalkan suara, maka alis dan mata akan membantu. Misalnya ketika dua alis terangkat akan menunjukkan ekspresi terkejut, namun jika hanya satu alis maka akan menunjukkan rasa skeptis atau minat.

Bentuk dari alis dan mata sendiri kadang orang ekspresikan dengan tambahan makeup. Hal ini terkait dengan penampilan dan emosi bahkan masuk dalam studi penelitian.

Fungsi alis dan bulu mata memberikan kesadaran untuk menjaganya. Sehingga manfaatnya bisa berfungsi secara optimal untuk menjaga kesehatan mata. (R10/HR Online)