Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFungsi Google Play Points Menarik, Kini Resmi Hadir di Indonesia!

Fungsi Google Play Points Menarik, Kini Resmi Hadir di Indonesia!

Fungsi Google Play Points dalam beberapa waktu terakhir menjadi hal yang menarik untuk kita ulas. Saat ini Google telah resmi meluncurkan suatu program baru di Indonesia bagi para pengguna Android melalui Google Play Points.

Program baru tersebut berupa reward menarik bagi pengguna Android setelah melakukan pembelian produk di Google Play Store. Sebelumnya, Google Play Points telah resmi rilis di beberapa negara lainnya.

Seperti Korea Selatan, Jepang, serta Amerika Serikat. Dari program Google Play Points ini, para pengguna yang melakukan transaksi pada Play Store dengan cukup intens akan memperoleh imbalan.

Ini berdasarkan pernyataan dari Muriel Makarim yang merupakan Head of Brand & Reputation Marketing Google Indonesia. Sama seperti nama yang diusung, reward tersebut berupa poin yang dapat pengguna kumpulan serta gunakan kembali untuk berbelanja pada toko aplikasi Google Play Store.

Baca Juga: Fitur Komunitas WhatsApp Bisa Buat Grup dalam Grup, Ini Cara Kerjanya!

Mengetahui Fungsi Google Play Points

Google Play Points merupakan program yang memberikan reward bagi para pengguna dengan aktivitas pada Google Play. Selanjutnya developer terpilih akan memperoleh undangan untuk memberikan promosi Play Points.

Promosi tersebut diberikan khusus aplikasi yang memberikan reward lebih besar. Hal ini tentu dapat meningkatkan retensi pengguna serta investasi ulang poin ke dalam aplikasinya.

Adapun beberapa fungsi dari Google Play Points antara lain:

Poin Reward dari Google

Para pengguna yang telah masuk dalam program Google Play Points akan terbagi dari empat level yang berbeda. Empat level tersebut antara lain Platinum, Gold, Silver, serta Bronze. Level Bronze berlaku bagi pengguna yang baru bergabung dalam program Google Play Points.

Baca Juga: Sistem Pembayaran Khusus Play Store di Korea Selatan dari Google

Semakin tinggi level Google Play Point yang pengguna miliki, maka semakin banyak pula keuntungan yang akan pengguna peroleh. Dalam hal ini, pengguna bisa naik level dengan mengumpulkan 3 point untuk menuju Silver, selanjutnya 1.000 untuk level Gold, serta 5.000 point pada level Platinum.

Bagi pengguna yang tidak tertarik dengan yang tawaran, maka mereka dapat menukarkan Google Play Point dengan Google Play Credit. Kemudian Google Play Credit yang telah pengguna raih dapat dibelanjakan kembali untuk menyewa file terbaru atau membeli buku audio terlaris pada Google Play Store.

Meningkatkan Minat Konsumen Lokal

Fungsi Google Play Points selanjutnya adalah untuk meningkatkan minat dari para konsumen lokal. Google Play Point berdasarkan penjelasan dari Muriel menjadi salah satu bentuk apresiasi dari Google. Ini juga tertuju bagi para pengguna yang berada di wilayah Indonesia.

Muriel menambahkan bahwa hadirnya program Google Play Points di Indonesia berkat adanya minat pengguna yang cukup besar pada kategori hiburan terutama game.

Google Play Points dapat menjadi sebuah program yang dapat diikuti oleh masyarakat Indonesia sebagai upaya peningkatan minat mereka terhadap berbagai aplikasi seluler.

Baca Juga: Kirim File Lewat Google Drive Android Praktis, Ikuti Langkah-Langkahnya!

Bermanfaat Bagi Pengembang Game Lokal

Salah satu fungsi dari adanya Google Play Points adalah sangat bermanfaat bagi para pengembang game lokal. Dalam industri video game, para pengembang akan selalu berupaya untuk menjalin hubungan yang bermakna dengan para pemainnya.

Ini sesuai dengan pernyataan dari CEO & Co-Founder Agate International, Arief Widhiyasa. Fitur Play Points menjadi upaya yang cukup menarik bagi Agate untuk senantiasa dapat berinteraksi dengan para pemain game.

Selain itu, fungsi Google Play Points juga dapat memotivasi para pemain untuk terus bermain. Para pengembang game lokal pun meyakini bahwa potensi Play Points tidak terbatas karena dapat menghubungkan game lokal satu sama lain.

Dengan menggandeng Google Play, para pengembang game lokal pun siap untuk menyambut kesuksesan bersama-sama. Saat ini Google telah bekerja dengan lebih dari 25 partner serta pengembang.

Ini bertujuan untuk menghadirkan bundling item menarik serta diskon khusus. Dari partner yang telah bergabung, termasuk Agathe memasukkan salah satu game besutannya. Mulai dari Memories: My Story, My Choice, serta Lyto yang mengembangkan game Angel Squad.

Untuk dapat menikmati fungsi Google Play Points dan berbagai manfaatnya, maka pengguna cukup buka aplikasi Play Store pada perangkat Android. Selanjutnya ketuk menu Profil > Play Points > klik Bergabung Gratis.

Selain itu, para pengguna juga dapat memperoleh poin dengan cara lain. Para pengguna dapat mendownload aplikasi serta game gratis yang tercakup dalam program. (R10/HR-Online)