Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Jaringan Spons Tumbuhan Bagian Daun, Berikut Ini Penjelasannya

Fungsi Jaringan Spons Tumbuhan Bagian Daun, Berikut Ini Penjelasannya

Fungsi jaringan spons akan kita temui dalam daun. Mungkin pelajaran mengenai hal ini sudah kita tekuni sejak SD. Namun apalah daya manusia yang memiliki fitrah lupa dan khilaf. Bukan tidak mungkin jika ilmu yang berkaitan dengan pembahasan tersebut sudah sedikit terlupakan.

Jaringan bunga karang atau spons merupakan salah satu bagian dari tumbuhan. Perlu Anda ketahui bahwasannya tumbuhan terdiri dari beberapa sel. Nantinya sel tersebut akan digunakan untuk membentuk sebuah jaringan.

Baca Juga: Bagian Bunga Sempurna, Berikut Ini Penjabaran Lebih Jelasnya

Jaringan sendiri merupakan sekumpulan sel yang memiliki struktur serta fungsi sama terkait berbagai macam bahan antar sel hingga membentuk satu kesatuan.

Sedangkan untuk jaringan spons sendiri terdapat pada daun yang juga merupakan bagian dari parenkim. Parenkim yang menyusun daun bersama dengan jaringan mesofil. Letak dari spons ini berada persis di bawah lapisan palisade.

Kenali Fungsi Jaringan Spons dalam Daun

Daun berasal dari suatu jaringan meristem ujung, yakni suatu kuncup yang terdapat pada batang. Letak dari daun adalah pada bagian atas tumbuhan serta melekat di batang.

Daun merupakan salah satu bagian penting dalam tumbuhan karena memang mengandung banyak klorofil. Disebabkan hal itu juga, fotosintesis lebih banyak terjadi pada daun.

Mungkin tidak semua orang familiar dengan jaringan yang satu ini. Nah, untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan, alangkah lebih baiknya jika kita kupas tuntas tentang jaringan spons.

Untuk mengetahui fungsi jaringan spons, kita juga harus paham pengertiannya terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui, jaringan spons adalah jaringan yang mempunyai bentuk seperti sel parenkim.

Sel yang terdapat di parenkim adalah hexagonal yang juga tersusun longgar. Hal ini menyebabkan terdapat rongga antar sel yang lumayan besar. Pada intinya, sel-sel tersebut lebih condong ke bentuk bola yang silinder lebih seperti sel palisade.

Baca Juga: Fungsi Alis dan Bulu Mata Pada Kesehatan Penglihatan Kita

Adanya kantung udara yang besar juga memberikan kemungkinan terjadinya pertukaran gas antara daerah berbeda. Umumnya, sel yang terdapat dalam spons ini juga berisikan kloroplas.

Manfaat Spons Daun

Jaringan ini tidak bertanggung jawab terhadap terjadinya proses fotosintesis. Masuk akal bukan? Pasalnya, jaringan tersebut letaknya sangat jauh untuk mendapatkan banyak sinar matahari. Lalu untuk apa fungsi jaringan spons jika tidak mendukung fotosintesis? Simak penjelasannya berikut ini.

Fungsi jaringan spons yang pertama adalah untuk membuat tempat kantong udara yang terdapat pada daun. Tugas dari kantong tersebut adalah untuk proses pertukaran gas.

Ikatan yang terdapat di pembuluh tersebut mengandung floem dan Xilem. Kemudian juga untuk menjadi tempat ikatan pembuluh darah pada daun.

Tidak hanya itu saja fungsi jaringan spons, melainkan juga tempat untuk menyimpan hasil fotosintesis yang sudah dihasilkan oleh palisade. Disamping itu, spons mempunyai fungsi untuk menjadi tempat penyimpanan gas juga oksigen yang dibutuhkan oleh daun.

Pada tempat yang terdapat kandungan floem dan xilem tersebut, juga terjadi pergerakan air dalam makanan daun. Xylem sendiri memiliki ruang gerak dalam air, kemudian larut di mineral daun. Sedangkan untuk floem, bergerak ke makanan. Bermula dari daun hingga akhirnya menjadi fotosintesis.

Cir-Ciri Jaringan

Guna mempermudah dalam membedakan fungsi jaringan spons dengan yang lainnya, kita juga harus mengetahui bagaimana karakteristiknya. Perlu Anda garis bawahi bahwa spons ini juga memiliki beberapa ciri.

Baca Juga: Pengertian Bioma dan Contohnya dengan Ciri-Ciri Lengkap, Apa Saja?

Dalam jaringan spons ini terdapat kandungan klorofil. Namun kandungan tersebut sangatlah sedikit. Kemudian letaknya juga berada di bawah jaringan palisade. Ia juga mempunyai ruang antar sel serta rongga.

Struktur Jaringan

Dalam spons ini juga terdapat struktur jaringan. Susunan yang pertama adalah dorsiventral. Merupakan satu jaringan palisade yang letaknya tepat di bawah epidermis atau adaksial atas.

Kedua adalah isolateral. Isolateral yaitu salah satu jaringan palisade yang letaknya berada di kedua sisi permukaan daun. Jaringan yang satu ini tak kalah penting untuk Anda pahami dalam mempelajari jaringan pada tumbuhan.

Nah, pahami penjelasan tentang fungsi jaringan spons pada daun. Jika terdapat hal yang masih membingungkan, Anda bisa bertanya kepada ahlinya. Harapannya, ulasan ini dapat membantu Anda mengenal lebih dekat jaringan yang ada di tumbuhan. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -