Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruFungsi Lubang Kecil di HP untuk Berbagai Bagian, Apa Saja?

Fungsi Lubang Kecil di HP untuk Berbagai Bagian, Apa Saja?

Fungsi lubang kecil di HP mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. Pada setiap perangkat HP memiliki desain tersendiri. Namun dapat dipastikan bahwa dari masing-masing HP tersebut memperoleh kelengkapan lubang kecil.

Hanya saja, penempatannya berbeda. Ada yang terletak di dekat colokan headphone atau colongan charge. Ternyata lubang tersebut hadir dengan fungsi tersendiri.

Dengan demikian, lubang pada ponsel yang Anda gunakan tidak hanya sekedar model saja. Namun sayang sekali, hingga saat ini para pengguna ponsel masih belum banyak yang mengetahui fungsi lubang tersebut.

Baca Juga: Mode Penyamaran Android, Fungsi dan Cara Mengaktifkannya

Inilah Fungsi Lubang Kecil di HP yang Perlu Diketahui

HP saat ini menjadi salah satu komunikasi yang wajib dimiliki oleh hampir sebagian kalangan. Ponsel pintar selalu memperoleh kelengkapan dengan berbagai fitur canggih yang kadang sangat tersembunyi.

Dengan demikian, para pengguna yang masih awam pun terkadang cukup sulit untuk mengidentifikasinya. Salah satunya adalah lubang kecil yang tersemat pada beberapa bagian ponsel.

Sebagai pengguna, kita hanya sebatas tahu berbagai lubang kecil yang terdapat di bagian bawah, samping, atau atas pada sebuah ponsel. Namun tidak mengetahui secara pasti fungsi dari lubang kecil yang tersemat pada HP tersebut.

Bahkan mungkin beberapa dari pengguna tidak menyadari dan kurang memperdulikan akan keberadaan dari lubang kecil tersebut.

Akan tetapi, apabila kita perhatikan secara lebih seksama, berbagai lubang kecil yang tersemat pada sisi ponsel merupakan bagian penting.

Masing-masing lubang kecil yang tersemat pada sisi ponsel mempunyai fungsi serta cara kerja berbeda-beda. Tata letaknya pun juga bukan hal yang kebetulan. Akan tetapi, memang telah disesuaikan dengan cara kerja dan fungsinya.

Fungsi Lubang Kecil di Bagian Atas

Apabila Anda perhatikan secara seksama, pada bagian atas ponsel Anda terdapat dua buah titik hitam dengan ukuran cukup kecil. Ini merupakan lubang yang berfungsi untuk melakukan reset pada saat HP Android sedang terjadi masalah.

Lubang ini mempunyai ukuran yang sangat kecil dan mungkin hanya dapat terlewati oleh sebuah jarum. Oleh karena itu, cara menggunakan lubang kecil pada ponsel ini adalah dengan dicolok menggunakan alat khusus yang bernama SIM card ejector.

Selain lubang kecil bagian atas yang memiliki fungsi penting di HP, terdapat pula satu lubang besar di atas ponsel. Sebenarnya tidak dapat kita katakan sebagai lubang karena keberadaannya tertutup oleh kaca hitam.

Ini merupakan alat yang namanya lampu infra merah. Lubang ini memiliki fungsi untuk melakukan kinerja remote menuju peralatan elektronik lainnya. Seperti televisi, kipas angin, pemutar DVD, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya

Fungsi Lubang Kecil di Samping Kamera Depan

Selain lubang kecil di bagian atas HP, terdapat pula lubang kecil berukuran 1 mm yang tersemat di samping kamera selfie atau depan. Sebenarnya ini bukan suatu lubang sebagaimana yang telah kita lihat.

Akan tetapi, lubang ini adalah sebuah sensor cahaya yang tertanam pada ponsel. Lubang ini memiliki fungsi sebagai pengatur otomatis kecerahan layar ponsel. Pada saat pengguna menghidupkan kecerahan otomatis, maka alat ini pun bekerja sesuai dengan fungsinya.

Fungsi Lubang Kecil di Bagian Samping Ponsel

Fungsi lubang kecil yang tersemat di samping HP penting juga untuk Anda ketahui, Lubang ini berukuran satu milimeter yang terdapat pada sisi kanan atau kiri HP. Ini merupakan lubang ejector untuk SIM card atau microSD.

Apabila Anda melepas atau memasang microSD, maka lubang inilah yang memiliki peranan penting untuk membuka sekaligus menutup socketnya.

Cara kerjanya pun cukup mudah, para pengguna hanya perlu mencolokkan ejector pada lubang kecil, maka slot microSD serta SIM Card akan keluar dengan sendirinya.

Baca Juga: Cek MHL di HP Mudah, Simak Fungsi dan Cara Menggunakannya

Fungsi Lubang Kecil Dekat Jack Audio

Selanjutnya, lubang kecil yang perlu Anda perhatikan fungsinya di HP adalah lubang yang terletak di dekat lubang jack audio, tempat Anda memasukkan microphone atau headset.

Lubang kecil ini berukuran sebesar jarum. Ternyata, ini merupakan sebuah microphone internal pada ponsel. Fungsi lubang kecil di HP satu ini adalah untuk menangkap suara yang selanjutnya menjadi file audio.

Seperti suara Anda saat melakukan panggilan telepon, merekam suara, atau menggunakan voice note. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru