Kamis, November 25, 2021
BerandaBerita TerbaruFungsi RAM pada HP Penting Diketahui untuk Optimalkan Kinerjanya

Fungsi RAM pada HP Penting Diketahui untuk Optimalkan Kinerjanya

Fungsi RAM pada HP memiliki peranan penting pada kinerja perangkat. Random Access Memory merupakan ruang penyimpanan yang dapat kita manfaatkan untuk menyimpan data dari sebuah perangkat Android. Dengan demikian, kapasitas RAM dapat mempengaruhi kinerja perangkat HP.

Tidak sedikit pengguna Android yang belum benar-benar memahami fungsi komponen satu ini, padahal faktanya RAM memiliki manfaat penting untuk perangkat HP.

Karena memiliki peranan yang cukup penting, maka komponen ini sering menjadi nilai jual yang cukup ditonjolkan oleh para produsen HP.

Baca Juga: Fungsi Lubang Kecil di HP untuk Berbagai Bagian, Apa Saja?

Inilah Fungsi RAM pada HP yang Perlu Dipahami

Sebagai pengguna teknologi, tentu kita sudah tidak asing dengan istilah RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Piranti ini dapat kita temukan pada perangkat komputer, smartphone, atau gadget lainnya.

Lalu apakah fungsi dari komponen ini? RAM pada dasarnya adalah tempat penyimpanan data primer. Akan tetapi, juga ada yang menjadikannya sebagai tempat penyimpanan data sekunder untuk jangka panjang.

Khususnya pada perangkat HP, RAM memiliki fungsi penting yang kadang kurang begitu dipahami oleh para penggunanya.

Sebagai Tempat Penyimpanan Memori Sementara

Ini merupakan fungsi paling utama RAM pada perangkat HP. Memori pada RAM selanjutnya akan diteruskan ke CPU untuk diproses info dari aplikasi ataupun program yang ada. Lalu tersimpan di dalam RAM.

Proses pengolahan informasi cukup cepat. Bahkan dapat terjadi hanya dalam hitungan detik saja. Akan tetapi, ini tentu juga tergantung dengan kapasitas RAM yang Anda gunakan.

Dengan kata lain, semakin besar kapasitas RAM yang kita gunakan, maka semakin cepat pula proses penyimpanan memori dalam perangkat HP.

Pada saat aplikasi berjalan, maka akan menaruh memori di dalam RAM supaya dapat bekerja secara optimal. Dengan menyimpan data tersebut di dalam RAM, maka aplikasi dapat berjalan secara lebih cepat.

Selain itu, meski tidak digunakan, banyak aplikasi memakan RAM. Karena secara default, terdapat aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang.

Baca Juga: Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya

Membaca Data di dalam ROM

Keseluruhan data yang tersimpan di dalam storage cukup beragam, sehingga memerlukan waktu untuk menemukan serta menampilkannya. Untuk mengurangi lamanya proses pencarian data di storage, maka memerlukan adanya bantuan RAM.

Selanjutnya, data akan terbaca dan tersimpan di dalam RAM untuk sementara. Dengan demikian, data tersebut akan lebih cepat terakses ketika program masih berjalan.

Acuan Pembelian HP

Fungsi RAM pada HP selanjutnya adalah untuk menentukan spesifikasi. Pada saat Anda akan membeli ponsel baru, sebaiknya pilih RAM yang dapat menunjang kebutuhan pengguna.

Sebagai contoh untuk ponsel dalam penggunaan sehari-hari, maka Anda dapat memilih RAM dengan kapasitas RAM yang tidak terlalu besar.

Namun jika Anda menggunakan HP untuk keperluan lain seperti game, maka sebaiknya Anda memilih HP dengan RAM tinggi.

Semakin besar RAM, maka harga dari HP tersebut pun kian tinggi. Saat main game, aplikasi akan menyetor data dalam jumlah yang besar ke RAM. Oleh karena itu, sangat perlu kapasitas RAM yang besar supaya permainan lebih mulus.

Mengakses File

Fungsi RAM pada perangkat HP selanjutnya adalah sebagai sarana untuk mengakses file. Apabila hard drive memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan file, maka komponen ini cukup lambat untuk mengakses file.

Oleh karena itu, penambahan RAM pada perangkat HP sangat penting. Hal ini bertujuan agar file yang ada di dalamnya dapat terakses dengan lebih lancar.

Baca Juga: HP RAM 4GB Murah, Cocok untuk Gaming Tanpa Lag

Memperlancar Penggunaan Multitasking pada HP

Smartphone masa kini dapat menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Dengan ukuran RAM yang semakin besar, maka proses multitasking dalam perangkat HP akan kian lancar. Dengan kapasitas RAM yang semakin tinggi, maka dapat menghindari terjadinya hang pada HP.

Fungsi RAM pada HP sangat penting untuk para pengguna smartphone pahami. Dengan demikian, para pengguna ponsel dapat lebih memperhatikan kapasitas atau jenis RAM untuk mendukung kinerja ponsel Anda. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru