Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita TerbaruGalaksi Spiral NGC 6984 Kembali Tertangkap Teleskop Hubble NASA

Galaksi Spiral NGC 6984 Kembali Tertangkap Teleskop Hubble NASA

Galaksi spiral NGC 6984 berhasil tertangkap dalam teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA. Foto terbaru ini memberikan penampakan fenomena yang sangat menakjubkan dari galaksi ini.

New Science News melansir berita ini pada kemarin 1 November 2021. Baru saja terjadi fenomena yang berlokasi di luar angkasa yang berhasil tertangkap teleskop.

Kejadian ini tentu bukan pertama kalinya bagi galaksi yang satu ini. Namun tidak mengurangi antusias para astronom untuk mengamati.

Hal menarik yang perlu kita garis bawahi pada kejadian ini adalah bulan November. Karena pada penemuan terakhirnya, galaksi ini juga awal bulan yang sama. Bukankah menarik untuk jadi perhatian?

Baca Juga: Galaksi Spiral NGC 4921, Dapat Julukan Anemia Dalam Gugus Koma

Penampakan Galaksi Spiral NGC 6984 Kembali Tertangkap Hubble

Awal bulan November kita mendapatkan fenomena cantik sekaligus mengagumkan dari alam semesta. Meski tidak bisa terlihat dengan mata telajang, namun jepretan dari NASA tersebut diunggah kepada publik.

Sehingga kita bisa menyaksikan betapa indahnya cahaya dan bentuk yang galaksi tersebut tunjukan. Hal ini ternyata menjadi kali kedua setelah bertahun-tahun silam.

Penemuan kali ini memberikan petunjuk baru dan penting untuk para astronom. Pasalnya tanda mengenai kehidupan bintang biner mulai tampak.

Hal ini terkait dari kejadian besar supernova pada masa silam. Lalu bagaimana dengan galaksi ini terbentuk pada mulanya?

Jadi Lokasi Ledakan Supernova Tahun 2012 dan 2013

Galaksi spiral NGC 6984 ini sempat menjadi lokasi terjadinya ledakan supernova yang memberikan cahaya sangat terang. Dari ledakan dramatis tersebut membentuk bintang yang sama terangnya.

Kita bisa menyebut kejadian tersebut dengan SN 2012im. Sedangkan pada tahun 2013 dengan SN 2013ek. Keduanya memiliki lokasi cukup dekat dan bahkan terlihat memiliki keterkaitan.

Meski ada pendapat kekeh dengan ledakan yang terjadi pada masing-masing tersebut terpisah. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa peristiwa tersebut bisa terjadi karena menjadi pemicu salah satu ledakan yang berjarak cukup dekat.

Kejadian seperti ini bukan tidak mungkin dalam alam semesta bukan? Keterkaitan erat dari keduanya masih belum terkonfirmasi hingga saat ini.

Baca Juga: Galaksi Spiral LEDA 42975 yang Menakjubkan Tertangkap Hubble

Penampakan Galaksi Spiral NGC 6984

Jika kita perhatikan pada galaksi ini letaknya mencapai 164 juta tahun cahaya. Tepatnya mengarah ke konstelasi selatan Indus. Sering mendapatkan julukan sebagai ESO 235 – 20 bisa juga LEDA 65789.

Penemuan galaksi ini pertama kali pada tahun 1834 tepatnya pada tanggal 8 Juli. Sosok yang berhasil menemukannya adalah John Herschel, merupakan astronom yang berasal dari Inggris. Untuk ukurannya kurang lebih memiliki diameter mencapai 110. 000 tahun cahaya dari informasi terakhirnya.

Kembali terlihat karena menjadi lokasi ledakan supernova pada dua tahun berturut-turut. Mulai dari tahun 2012 dan 2013, membuatnya dikenali oleh teleskop Hubble NASA tersebut.

Susunan Pembentuk Galaksi Spiral NGC 6984

Dari penelitian menyebutkan bahwa galaksi berbentuk spiral ini memiliki komponen khas. Karena bentuknya lengan spiral yang luas namun jejaknya terlihat halus.

Identifikasinya mengarah kepada gas bercampur debu. Ketika bertabur pada bintang terangnya bisa membentuk daerah yang bercahaya sangat terang dan cantik.

Pada fenomena ledakan supernova tersebut menjadi kejadian yang sangat dahsyat. Kejadiannya yang langka kuat namun terasa sangat cepat berlalu.

Baca Juga: Galaksi I Zwicky 1, Cahaya Bergema dari Balik Lubang Hitam Supermasif

Keterkaitan Ledakan Supernova Berlokasi Galaksi Spiral NGC 6984

Update terbarunya ternyata dalam pengamatan yang menggunakan alat yang lebih canggih tahun ini. Optik dan Ultraviolet dari Hubless IDE Field Camera 3 atau WFC3.

Ketika meninjau ulang lokasi kedua supernova tersebut memang memungkinnkan adanya keterkaitan. Tampilan yang berhasil tertangkap dengan kualitas lebih baiknya memberikan kemungkinan seperti ini.

Sehingga petunjuk penting ini jadi fakta baru mengenai kehidupan bintang biner. Mematahkan perdebatan pada masa lalu mengenai pendapat yang bertentangan.

Tentu saja hal ini belum bisa menjadi keputusan. Namun menjadi langkah awal untuk membuka fakta baru dari kejadian masa lalu.

Galaksi spiral NGC 6984 tampil kembali dengan menawan dan cantik. Kembali pada bulan yang sama, November, dan memberikan petunjuk penting untuk para astronom. Dua ledakan besar masa lalu berlokasi di galaksi ini, akankah segera terungkap keterkaitan dari kejadian tersebut? (R10/HR-Online)

- Advertisment -