Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita TerbaruGejala Kanker Payudara pada Laki-laki, Kenali Tanda-tandanya!

Gejala Kanker Payudara pada Laki-laki, Kenali Tanda-tandanya!

Gejala kanker payudara pada laki-laki sering kali tidak mereka sadari, karena kebanyakan masyarakat hanya terfokus pada kaum perempuan jika berbicara masalah kanker payudara.

Pada kenyataannya bukti klinis telah menunjukkan bahwa dari semua kasus kanker payudara, sekitar 1 persennya terjadi pada kaum laki-laki.

Diperkirakan sekitar 2.650 kaum laki-laki terdiagnosa menderita penyakit kanker payudara. Dari jumlah sebesar itu diperkirakan sebanyak 530 laki-laki meninggal karenanya.

Walaupun kemungkinannya relative kecil, tetapi tidak mungkin juga seseorang akan mengabaikan kemungkinan tersebut.

Oleh sebab itu, penting bagi kaum pria untuk menyadari gejala kanker payudara pada laki-laki berikut dengan tanda-tandanya.

Kenali Gejala Kanker Payudara pada Laki-laki

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyebutkan, seiring dengan bertambahnya usia maka risiko terkena penyakit kanker payudara pun meningkat.

Baca Juga : Deteksi Dini Kanker Payudara Bisa dengan Cek Darah? Ini Hasil Studi Terbaru!

Sebagian besar kasus kanker payudara terjadi setelah usia seseorang menginjak 50 tahun. Badan kesehatan tersebut menyarankan agar teratur melakukan pemeriksaan payudara.

Dengan melakukan pemeriksaan secara teratur bisa menjadi salah satu cara yang efisien guna mendeteksi tanda risiko penyakit kanker payudara pada pria.

Gejala Umum

Banyak tanda yang menunjukkan jika seorang laki-laki terkena kanker payudara. American Cancer Society menyebutkan, dalam kasus kanker payudara laki-laki ini terdapat beberapa gejala umum yang muncul.

Beberapa gejala umum itu meliputi, benjolan di salah satu payudara tapi tidak nyeri, ulserasi, retraksi puting susu. Kemudian, keluarnya cairan, lesung pada dada dan terjadi perubahan warna puting atau kulit payudara.

Beberapa gejala kanker payudara pada laki-laki tersebut di atas merupakan tanda peringatan dini penyakit kanker payudara. Bahkan ada sejumlah tanda yang bisa menunjukkan kalau kanker sudah menyebar.

Baca Juga : Makanan Penyebab Kanker Payudara, Yuk Cari Tahu di Sini!

Tanda Kanker Payudara Sudah Menyebar

Tanda-tanda kanker payudara sudah menyebar seperti payudara terasa nyeri, terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening, serta nyeri tulang. Ini bisa berarti ada sesuatu yang sangat serius.

CDC menyebutkan tiga jenis penyakit kanker payudara pada laki-laki yang bisa dideteksi serta didiagnosis.

Ketiga jenis kanker tersebut meliputi karsinoma duktal invasif. Jenis kanker ini mulai dari saluran, selanjutnya akan tumbuh pada bagian luar saluran ke bagian lainnya dari jaringan payudara.

Kemudian kanker payudara jenis karsinoma lobular invasif yang mana sel kanker mulai tumbuh di lobules. Lalu menyebar ke bagian jaringan payudara.

Terakhir adalah kanker payudara jenis karsinoma DCIS (ductal in situ). Kanker payudara jenis ini bisa menyebabkan terjadinya kanker invasive lantaran letaknya hanya berada pada lapisan saluran. Jadi belum menyebar ke bagian jaringan payudara lain.

Gejala kanker payudara pada laki-laki maupun perempuan bisa terdiagnosis melalui bantuan ultrasound, mammogram, biopsy atau tes pelepasan puting susu.

Baca Juga : Khasiat Black Garlic untuk Kesehatan, Bawang Hitam yang Anti Kanker

Selain itu, rutin dan teratur melakukan pemeriksaan payudara juga bisa membantu mendiagnosis kondisi kesehatannya.

Mutasi Genetik

Penyebab dari munculnya gejala kanker payudara pada laki-laki bisa juga dari hasil mutasi genetik. Dalam hal ini adanya riwayat keluarga dengan kanker payudara akan meningkatkan risiko terkena kondisi penyakit yang sama.

Sebab, pria yang mewarisi gen BRCA2 atau BRCA1 abnormal memungkinkan punya peningkatan risiko terkena kanker payudara.

Meski begitu, mutasi genetik bukanlah satu-satunya faktor penyebab laki-laki terkena penyakit kanker payudara. Hal itu tergantung dari ukuran tumor dan kemungkinan dokter pun akan menyarankan untuk perawatan.

Beberapa target perawatan bagi penderita penyakit kanker payudara antara lain melalui terapi radiasi, kemoterapi, pembedahan, dan terapi hormone.

Itulah beberapa gejala kanker payudara pada laki-laki berikut dengan tanda-tandanya yang perlu Anda waspadai. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -