Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruHari Anak Sedunia 2021, Angkat Tajuk A Better Future For Every Child

Hari Anak Sedunia 2021, Angkat Tajuk A Better Future For Every Child

Hari Anak Sedunia 2021 diperingati pada hari ini 20 November 2021. United Nations melansir laman khusus bahwa sejak tahun 1954 peringatan Universal Children’s Day.

Tidak banyak yang paham bahwa peringatan hari anak ternyata memiliki dua kali perayaan. Dari yang biasa kita rayakan dan secara satu dunia atau universal.

Mari kita membahasnya untuk memahaminya lebih jauh lagi mengenai perayaan yang menarik berikut ini.

Baca Juga: Game Edukasi Online untuk Anak, Ini Pilihan Terbaiknya!

Peringatan Hari Anak Sedunia 2021

Pada mulanya perayaan yang satu ini mendapatkan hari libur secara nasional di tahun 1920. Republik Turki menyatakan dengan resmi pada tanggal 23 April.

Namun pada akhirnya perayaan ini memiliki beberapa versi. Sehingga dari PBB memberikan keresmiannya pada tahun 1954 bahwa setiap tanggal 20 November menjadi perayaan ini dalam skala besarnya.

Adopsi dari pernyataan resmi Majelis Umum PBB ini memperluas Deklarasi Hak Anak. Sehingga pada akhirnya perayaan ini semakin terkenal. Lalu akhirnya mulai jadi peringatan seluruh dunia.

Pemahaman ini masih bertahap karena pada mulanya setiap negara memiliki peresmian hari ibu yang berbeda-beda tanggal dan bahkan bulannya. Namun memang perlu waktu cukup lama, bahkan hingga kini masih banyak yang belum terlalu paham.

Baca Juga: Atta Halilintar Akan Lepas Bandana Setelah Anaknya Terlahir, Benarkah?

Tema Hari Anak Sedunia 2021

Tahun ini perayaan ini menggunakan tema bertajuk A Better Future For Every Child. Pada hari ini menjadi perwujudan momentum yang menjadi pengingat bahwa memang masa depan setiap anak memiliki hak dan kesetaraan sama.

Sehingga pada hari ini kita seperti diingatkan kembali bahwa apapun warna kulitnya, jenis kelamin, ras dari mana, kebangsaan dan bahkan bagaimana ekonominya. Semua anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan kesempatan memperjuangkan masa depan yang lebih baik.

Seperti arti tema perayaan pada tahun ini Masa Depan yang Lebih Baik Untuk Semua Anak. Edukasi terkait dengan isu sensitif dan mulai dari perlindungan juga pendidikan terhadap anak harus dapat realisasi.

Harapan dari tema kali ini bisa segera terwujud dan terungkap pada nantinya. Maka dari itu, kita lebih paham bahwa perayaan ini tidak sekedar tanggal berulang saja.

Baca Juga: Viral Miliki Nama 19 Kata, Anak di Tuban Ini Akhirnya Punya Akta Lahir

Deklarasi dan Konvensi Tentang Hak-Hak Anak dari PBB

Terdapat lima hak asli yang sudah resmi dalam dokumen sejak tahun 1924. Mulai dari hak saran perkembangan yang normal dari segi materiil dan spiritual.

Hak untuk makan, susu, pertolongan, asuhan, dan perlindungan bagi anak yatim piatu juga terlantar. Pertolongan harus anak dapatkan dan jadi prioritas ketika terjadi musibah sulit.

Perlindungan dari eksploitasi dalam mencari nafkah. Tumbuh dalam kesadaran bakat dan mengabdikan untuk sesama.

Hari Anak Sedunia 2021 memiliki tema menarik dan bertujuan sangat baik. Harapannya, segera terwujud dan mendapatkan kesadaran dari seluruh lapisan masyarakat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru