Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisHKP 2021, Petani di Panawangan Ciamis Diajak Mandiri

HKP 2021, Petani di Panawangan Ciamis Diajak Mandiri

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dalam peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-49 tahun 2021 di Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, para petani diajak menjadi petani tangguh, maju dan mandiri di tengah pandemi Covid-19.

Kabid Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, Cecep Mulyana mengatakan, petani harus membuat inovasi. Tujuannya untuk meningkatkan hasil pertanian.

“Petani diharapkan bisa berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain dan tidak selamanya bergantung pada pemerintah maupun subsidi,” katanya pada peringatan HKP di Monumen Panji Siliwangi, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: UMK Ciamis Hanya Naik Rp 17.000, Bupati Herdiat Minta Maaf

Cecep meminta para petani mampu meningkatkan produksi, termasuk menjual dan memasarkannya.

“Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan para petani, maka harus fokus dalam peningkatan produktivitas dan produksi komoditas pertanian,” katanya. 

Karena itu, lanjut Cecep dibutuhkan inovasi di bidang pertanian serta didukung SDM yang kompeten. “Kedua hal tersebut merupakan kunci utama pembangunan pertanian,” katanya. 

Pantauan HR Online di lapangan, HKP ke-49 di Kecamatan Penawangan dihadiri oleh Muspika Kecamatan Penawangan dan BPP setempat. Selain itu juga dihadiri para petani, masyarakat dan unsur lainnya. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)