Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruHP OnePlus 9RT 5G Bawa Spesifikasi Kelas Premium

HP OnePlus 9RT 5G Bawa Spesifikasi Kelas Premium

HP OnePlus 9RT 5G pertama kali rilis pada 19 Oktober 2021. Smartphone OnePlus besutan asal vendor China ini membawa spesifikasi kelas premium.

Sehingga sebelum rilis secara resmi, tidak sedikit konsumen yang tidak sabar akan kehadiran dari OnePlus 9RT 5G ini.

Baca Juga : HP OnePlus 10 Pro Segera Rilis di India, Siap Usung Fitur Menarik!

Sebagai kelas flagship premium, tentu ponsel pintar ini bisa melibas semua aplikasi kelas berat. Bukan hanya itu, seri terbaru 9RT 5G ini juga bisa Anda mainkan untuk game dari kelas ringan sampai berat.

Review Spesifikasi HP OnePlus 9RT 5G

Benarkah smartphone terbaru dari OnePlus ini membawa spek dan fitur kelas premium? Untuk menjawab itu, berikut review spesifikasi yang ponsel pintar ini bawa.

Bawa Chipset Besutan Qualcomm

Salah satu yang menjadi pertimbangan dari konsumen ketika akan membeli ponsel baru adalah chipset yang terpasang.

Nah, untuk HP OnePlus 9RT 5G ini membawa prosesor terkenal besutan Qualcomm yakni seri Snapdragon 888 5G (5 nm).

Tentunya chipset yang HP ini bawa lebih baik dari pendahulunya yaitu OnePlus 9R yang menggunakan Snapdragon 870 5G.

Meski bukan sebagai prosesor baru, namun Snapdragon 888 5G ini mempunyai peningkatan yang cukup besar dari seri sebelumnya.

Chipset ini juga membawa CPU Kryo 680 dengan speed clock maksimal 2.42 GHz, dan juga GPU atau grafis memakai Adreno 660.

Kapasitas RAM dan ROM Besar

Sementara untuk bagian RAM, HP OnePlus 9RT 5G tersebut tersedia dalam 2 varian. Antara lain kapasitas 8 GB dan juga 12 GB.

Kemudian untuk penyimpanan internal atau ROM juga sama 2 varian, yakni 128 GB dan paling tinggi 256 GB.

Baca Juga : Kelebihan HP OnePlus 6T, Bawa Layar Lebar dan RAM Besar 

Namun untuk penyimpanan eksternal, OnePlus 9RT 5G tidak menyediakan slot untuk itu. Kemungkinan karena ROM yang terpasang sudah termasuk besar.

Selain itu, seri 9RT 5G ini juga sudah mengadopsi penyimpanan flash yaitu UFS 3,1 terbaru.

Sebagai informasi, bahwa UFS 3,1 merupakan spek paling baru untuk penyimpanan flash ponsle pintar. Seri terbaru ini lebih cepat dari seri sebelumnya. Sehingga, bisa menghemat energi dan mempercepat akses bahkan ketika transfer data.

Layar

Sedangkan pada bagian layar, HP OnePlus 9RT 5G berukuran 6,62 inci. Ponsel ini membawa resolusi layar sampai 1080 x 2400 piksel (FHD+), dan aspek rasio 20:9.

Kemudian pada bagian panel juga memakai AMOLED. Lalu refresh rate tinggi 120 Hz, dan terpasang juga fitur HDR10+.

Smartphone besutan OnePlus ini pun terpasang proteksi untuk anti gores dan sejenis, dengan menggunakan Corning Gorilla Glass.

Kamera

Beralih ke sektor kamera, HP OnePlus 9RT 5G pada bagian belakang terpasang quad camera (4 kamera).

Konfigurasi dari 4 kamera tersebut antara lain 50 MP sebagai lensa utama (wide). Kemudian, 16 MP (ultrawide) 123 derajat, 16 MP (makro) dan 2 MP (depth).

Sementara fitur umum yang terpasang adalah Dual-LED flash, HDR, dan panorama. Kamera belakangnya ini juga sanggup merekam video dengan resolusi [email protected]/60fps.

Bagaimana dengan kamera selfie? Pada bagian depan terpasang satu lensa yang letaknya pada sebelah sisi kiri atas.

Kamera tersebut beresolusi 16 MP dengan bukaan f/2.4. Meski hanya satu lensa yang terpasang, namun kamera depan OnePlus 9RT 5G ini bisa Anda andalkan untuk selfie maupun video call dengan hasil yang tidak bakal mengecewakan.

Fitur yang Tersedia

Sementara bagian software, HP OnePlus 9RT 5G sudah menjalankan antarmuka ColorOS 11.X dan berbasis sistem operasi Android 11 terbaru.

Smartphone ini memiliki ukuran dimensi 162.2 x 74.6 x 8.3 mm, dengan berat 198,5 gram. Warna yang tersedia Black, Silver, dan Blue.

Baterai yang terpasang berkapasitas 4500 mAh, plus fitur pengisian cepat 65W. onePlus mengklaim fitur tersebut bisa isi ulang daya baterai sampai 100 persen dalam waktu 29 menit.

Selain itu terdapat juga fitur NFC, audio jack 3,5 mm dan loudspeaker dengan stereo speaker. USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, Wi-Fi 802.11, Bluetooth versi 5.2.

Sedangkan untuk membuka ponsel, bisa menggunakan pemindai sidik jari yang terpasang dalam layar, maupun dengan pemindai wajah.

Untuk harga dari HP OnePlus 9RT 5G adalah berbanderol 440 EUR atau kurang lebih Rp 7,2 jutaan. (R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -