Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita BisnisInvestasi Sukuk Ritel Lebih Aman, Menguntungkan, dan Sesuai Syariat

Investasi Sukuk Ritel Lebih Aman, Menguntungkan, dan Sesuai Syariat

Investasi sukuk ritel merupakan investasi terbaru yang mampu menarik perhatian banyak orang. Apalagi masa pandemi seperti sekarang ini, menjadikan kondisi perekonomian tidak stabil. Lonjakan mengenai kasus bisa secara langsung menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi.

Bagi para investor, dengan adanya peristiwa tersebut menginginkan alternatif investasi yang aman dari adanya gejolak ekonomi selain emas dan deposito.

Karena memang investasi itu adalah hal yang sangat penting bagi setiap individu untuk menjadi dana cadangan di masa yang akan datang dan merubah kehidupan.

Akan tetapi, sekarang ini kita bisa lebih mudah untuk melakukan investasi. Walaupun dari pemerintah sendiri selalu menganjurkan untuk tetap di rumah saja.

Baca Juga: Investasi Obligasi Syariah Menjadi Rekomendasi dengan Syariat Islami

Mengapa demikian? Karena kita bisa investasi dengan menggunakan smartphone. Selain itu, banyaknya jenis investasi juga bisa menjadi penolong meskipun pandemi belum berakhir.

Apa Itu Investasi Sukuk Ritel?

Tidak heran apabila masih terdapat banyak orang yang belum mengetahui akan pengertian dari investasi sukuk ritel. Pasalnya, investasi ini merupakan salah satu investasi yang tergolong masih baru.

Nah, untuk Anda yang belum mengetahui akan tetapi ingin menjadi pelaku dari jenis investasi satu ini, simak penjelasannya berikut.

Perlu Anda ketahui bahwasannya investasi sukuk ritel merupakan produk investasi syariah yang berasal dari pemerintah kepada individu warga negara Indonesia. Investasi yang satu ini merupakan investasi sangat aman, terjangkau, menguntungkan, serta mudah.

Sedangkan untuk ciri-ciri dari sukuk ritel ini adalah investasi yang ditawarkan kepada individu warga negara Indonesia. Lalu mempunyai sistem pengelolaan investasi sesuai dengan prinsip syariah.

Selain itu, Anda juga bisa memesan dengan harga mulai dari 1 jutaan. Ketika seseorang melakukan investasi, sudah pasti tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Baca Juga: Ciri-Ciri Investasi Bodong di Telegram, Waspadai Sebelum Rugi

Sedangkan untuk jenis investasi satu ini, imbalan yang akan Anda dapatkan nantinya Anda terima pada setiap bulan. Apabila Anda ingin menjual atau membeli, jenis ini diperdagangkan pasar sekunder antar investor domestik.

Investasi untuk Bangsa

Jika Anda memilih untuk menjadi pelaku dari investasi sukuk ritel, berarti Anda juga berinvestasi untuk bangsa. Karena, pemerintah menjadikan warga Indonesia sebagai sasaran utama guna mendukung pembangunan nasional.

Maka dari itu, investasi sukuk ritel juga mempunyai fungsi untuk membiayai pembangunan infrastruktur. Tujuan adanya investasi yang satu ini adalah guna merekatkan dan kebangsaan untuk menuju bangsa lebih mandiri.

Pengelolaan Investasi

Perlu Anda catat bahwa pengelolaan dari investasi sukuk ritel juga berdasarkan prinsip syariah. Dengan demikian, investasi ini terbebas dari adanya unsur judi, ketidakjelasan, dan riba.

Hal yang demikian ini juga sudah menjadi ketentuan dari Dewan Syariah Nasional serta Majelis Ulama Indonesia. Sedangkan untuk penerbitannya sendiri, sukuk ritel juga menggunakan akad ijarah-asset to be leased.

Nantinya juga dana dari penerbitan tersebut akan berfungsi untuk kegiatan investasi yang berwujud pembelian hak manfaat barang milik negara.

Selanjutnya rumah akan disewakan kepada pemerintah dengan mengadakan proyek guna menyewa kepada pemerintah. Imbalan yang setiap bulan Anda terima itu berasal dari keuntungan atau hasil kegiatan investasi yang Anda lakukan.

Keuntungan untuk Investor

Karena investasi sukuk ritel ini sama dengan jenis investasi lainnya, maka Anda juga akan mendapatkan keuntungannya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa keuntungan itu mempunyai peranan yang sangat penting terhadap kemajuan sesuatu.

Baca Juga: Peluang Investasi Syariah yang Bisa Memberikan Keuntungan Besar

Hal ini nyatanya juga berlaku pada dunia investasi. Penasaran dengan keuntungan dari sukuk ritel ini? Keuntungan yang pertama adalah imbalan, kupon, serta nilai nominal juga sudah diatur oleh pemerintah berdasarkan dengan undang-undang SBSN.

Selain itu, dana tersebut juga sudah APBN sediakan pada setiap tahunnya. Dengan demikian, bisa kita katakan investasi yang satu ini tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua adalah kupon maupun imbalan yang akan Anda terima jumlahnya tetap. Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya bahwa imbalan tersebut akan Anda terima pada setiap bulan. Apabila Anda ingin melakukan pemesanan, Anda bisa menggunakan sistem elektronik.

Nah, bagi Anda yang ingin investasi tetapi masih mengutamakan syariat-syariat agama Islam, tentunya investasi sukuk ritel menjadi penolong dan rekomendasi paling tepat. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -