Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita TerbaruiPhone Tidak Ada Layanan, Simak Cara Mengatasinya

iPhone Tidak Ada Layanan, Simak Cara Mengatasinya

iPhone tidak ada layanan merupakan salah satu masalah cukup serius. Pengguna iPhone pastinya tidak bisa mengakses beberapa aktivitas seperti panggilan, chat, internet, dan lain sebagainya.

Masalah ini menunjukkan sinyal yang hilang, no service, dan searching secara terus-menerus. Banyak hal yang menyebabkan masalah tersebut bisa terjadi.

Salah satunya adalah kesalahan pada software. Jika penyebab tersebut benar, maka untuk mengatasinya sangat mudah. Namun untuk penyebab lain, mungkin membutuhkan effort yang besar.

Utamanya bagi mereka yang menggunakan iPhone lawas, sering terjadi kendala sinyal hilang. Bar pada ponsel menunjukkan tulisan no service dan tidak ada sinyal.

Baca Juga: iPhone Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk, Ini Cara Mengatasinya

Langkah Tepat Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada iPhone no service, yakni:

Memperbaiki Kualitas Sinyal Operator

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbaiki kualitas sinyal operator seluler. Dalam hal ini, perlu adanya pengecekan masing-masing penggunaan provider terbaik. Pilihlah provider yang memberikan sinyal dan jaringan stabil.

Kualitas operator yang buruk bertambah update iOS bisa menyebabkan ponsel tidak ada layanan. Hal ini membuat pengguna kesulitan untuk mengoperasikan iPhone dengan maksimal.

Survey berbagai macam provider yang mendukung segala aktivitas Anda seperti telepon, SMS, WA, internet, dan lain sebagainya. Dengan begitu, iPhone kembali memiliki layanan untuk mengakses berbagai kebutuhan.

Restart iPhone

Cara mengatasi iPhone tidak ada layanan berikutnya adalah melakukan restart. Perlu diketahui bahwa cara tersebut sangatlah mudah karena cukup mematikan ponsel beberapa saat. Setelah itu, Anda bisa menyalakan iPhone kembali dan biasanya sudah tersedia layanan.

Apabila masih hilang atau tetap tidak ada sinyal, kemungkinan besar terjadi karena kesalahan software. Perlu trik lain untuk mengatasi masalah tersebut agar ponsel kembali berfungsi normal.

Baca Juga: Recovery Mode di iPhone, Apa dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Mereset Jaringan iPhone

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah riset jaringan pada iPhone. Perlu adanya tahapan atau proses terbaik agar tidak terjadi kesalahan.

Cara mengatasi iPhone tidak ada layanan ini dengan membuat pengaturan jaringan kembali seperti setelan pabrik. Biasanya reset jaringan akan berhasil. Jaringan kembali muncul untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Lakukan secara perlahan, jangan sampai salah langkah. Pasalnya, bisa berakibat pada terjadinya masalah baru. Jika tidak bisa sendiri, maka minta tolong orang yang sudah berpengalaman mengatasi masalah pada iPhone.

Reset iPhone

Apabila cara sebelumnya masih belum berhasil, Anda bisa melakukan reset iPhone. Dalam hal ini, membuat ponsel kembali seperti baru lagi. Termasuk sistem operasi iOS akan berubah seperti baru karena pengaturan ulang secara menyeluruh.

Biasanya data dan segala isi ponsel akan hilang. Sehingga disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum reset iPhone. Hal ini mencegah terjadinya data dan segala kebutuhan penting hilang begitu saja.

Restore iPhone

Cara mengatasi iPhone tidak ada layanan bisa dengan melakukan restore iPhone. Fungsinya untuk reset iPhone sama seperti cara sebelumnya. iPhone juga terlihat seperti baru karena semua data dan isinya terhapus.

Namun ada perbedaan dengan proses sebelumnya dan saat ini. Melakukan restore iPhone nantinya ada proses download iOS langsung dari server Apple. Kemudian Anda harus menginstal ulang iPhone agar bisa kembali normal.

Jangan lupa melakukan backup data agar tidak hilang. Pasalnya, data tersebut tidak bisa dikembalikan seperti semula.

Baca Juga: Layar iPhone Hitam Sebelah, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

Membawanya ke Service Center iPhone

Jika cara mengatasi iphone tidak ada layanan gagal, maka hal ini harus Anda lakukan. Pergi ke service center iPhone adalah langkah yang tepat. Anda cukup mengutarakan keluhan atau masalah yang terjadi pada iPhone.

Kemudian pihak service akan melakukan tindakan perbaikan. Mungkin harus ada beberapa komponen yang diganti dan berhubungan dengan jaringan. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Anda agar selalu berhati-hati mengoperasikan iPhone

Siapkan budget untuk melakukan pembayaran ke service center iPhone. Tunggu beberapa saat, biasanya tidak membutuhkan banyak waktu untuk memperbaiki ponsel Anda.

Masalah iPhone tidak ada layanan bisa kembali normal dengan tangan teknisi profesional. Namun Anda harus tetap mencoba langkah-langkah di atas sebelum membawanya ke service center iPhone. Terkadang hanya cara sepele bisa menyempurnakan kinerja iPhone. (R10/HR-Online)