Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruiPhone Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk, Ini Cara Mengatasinya

iPhone Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk, Ini Cara Mengatasinya

iPhone tidak bisa menerima panggilan masuk merupakan masalah tersendiri bagi penggunanya. Biasanya ketika orang menghubungi Anda, ponsel tidak dapat menerima panggilan. Tentu ini adalah kendala besar bagi para pengguna karena akses komunikasi menjadi terbatas.

Ponsel cerdas sejuta umat ini memang kerap mengalami kendala. Sejumlah pengguna iPhone kerap gagal mengangkat panggilan masuk. Layar sentuh seakan-akan berhenti berfungsi ketika gawai ponsel berdering.

Sempat ada rasa panik karena ini bukan masalah yang biasa. Tetapi tenang, ini dirasakan oleh banyak pengguna dan hampir secara keseluruhan. Namun, tak perlu khawatir semua sudah ada solusi terbaiknya.

Baca Juga: Fitur Autocorrect di iPhone, Bagaimana Menonaktifkan dan Alasannya!

Penyebab iPhone Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk

Ponsel merupakan perangkat yang memiliki banyak kekurangan karena termasuk produk buatan manusia. Salah satunya adalah iPhone yang tak lain adalah ponsel idaman semua orang. Tak jarang ponsel berpiawai gagah ini sering mengalami kendala.

Salah satu masalah yang mungkin kurang menyenangkan adalah ketika iPhone tidak bisa digunakan untuk mengangkat panggilan masuk. Agar tidak terlalu panik, ada baiknya mengetahui beberapa penyebab masalah tersebut bisa terjadi. Simak penjelasannya berikut ini.

Belum Mengaktifkan Beberapa Pengaturan

Penyebab iPhone tidak bisa untuk mengangkat panggilan bisa jadi karena beberapa pengaturan masih nonaktif. Anda perlu melihat pengaturan mengenai ponsel telepon dan panggilan. Pastikan semua sudah tersetting dengan aman agar bisa menerima panggilan.

Baca Juga: Membuat Wallpaper Layar Kunci Bergerak di HP Android dan iPhone

Perangkat Belum Terupdate

Masalah tersebut juga bisa terjadi ketika perangkat lunak belum terupdate dengan sempurna. Pengguna perlu melihat pembaruan pada ponsel. Jika software butuh pembaruan, maka lakukanlah agar iPhone bisa mengangkat panggilan yang masuk.

Masalah Jaringan

Pastikan juga jaringan pengguna iPhone stabil agar panggilan masuk bisa terdeteksi. Jaringan yang tidak stabil memungkinkan iPhone tak bisa menerima panggilan masuk. Biasanya terlihat tulisan “Tidak Ada Layanan” atau “Mencari”.

Notifikasi tersebut akan muncul pada bar status ponsel Anda. Sehingga pengguna bisa menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah sesuai penyebabnya.

Cara Mengatasi iPhone Tak Bisa Menerima Panggilan Masuk

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu:

Menghubungi Operator

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi pihak operator. Sebelumnya, pastikan bahwa akun yang digunakan sudah siap dan tidak perlu login ulang. iPhone juga tidak sedang mengalami gangguan layanan lokal.

Selain itu, cek bahwa iPhone tidak mengalami kesalahan pada sistem operator. Baru setelah itu, Anda bisa melakukan pelaporan dengan bijak terkait masalah yang terjadi. Pihak operator akan membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

Memperbarui Perangkat Lunak

iPhone tidak bisa menerima panggilan masuk bisa berfungsi kembali jika memperbarui perangkat lunak. Periksa terlebih dahulu ponsel Anda mengenai pembaruan yang ada. Cara pengecekannya masuk ke menu pengaturan operator dan melihat beberapa pembaruan.

Kemudian Anda wajib memastikan bahwa pembaruan perangkat lunak pada iOS bisa dilakukan dengan mudah. Mengingat bahwa proses pembaruan membutuhkan sambungan Wi-Fi. Sehingga proses bisa berlangsung dengan lancar untuk kembali menggunakan fitur panggilan keluar dan masuk.

Baca Juga: Layar iPhone Hitam Sebelah, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

Memeriksa Pengaturan iPhone

Cara mengatasi iPhone saat tidak dapat mengangkat panggilan masuk bisa dengan memeriksa pengaturan. Namun, pengguna wajib mengaktifkan dan menonaktifkan kembali mode pesawat. Baru setelah itu, buka pengaturan dan periksalah.

Pastikan pengaturan tersebut sudah dalam mode nonaktif. Anda juga perlu memeriksa nomor telepon terblokir. Pastikan tidak ada nomor terblokir, kecuali memang kebutuhan masing-masing pengguna iPhone.

Jika sudah, Anda harus melihat pada penerusan panggilan aktif agar dalam posisi nonaktif. Biasanya iPhone tidak bisa menerima panggilan masuk karena mode heningkan penelepon tak dikenal aktif. Dengan begitu, pengguna wajib menonaktifkannya agar panggilan masuk bisa terdeteksi,

Apabila pengaturan tersebut nyala, maka penelepon harus terdaftar dalam kontak. Jika tidak, maka harus memberikan nomor melalui email dan mengirimkan pesan pada pengguna iPhone. Kemudian tambahkan nomor mereka ke kontak dan simpan untuk menerima panggilan telepon.

Memeriksa Pengaturan Jaringan

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah memeriksa pengaturan jaringan. Klik menu pengaturan jaringan, lalu buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.

Untuk mengatasi iPhone tidak bisa menerima panggilan masuk harus menghilangkan pengaturan awal. Termasuk kata sandi Wi-Fi, jaringan pilihan, dan pengaturan VPN. (R10/HR-Online)