Selasa, Januari 18, 2022
BerandaBerita CiamisJaga Kelestarian Alam, Ciamis Usulkan 3 Gunung Jadi Hutan Konservasi

Jaga Kelestarian Alam, Ciamis Usulkan 3 Gunung Jadi Hutan Konservasi

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemkab Ciamis, Jabar, saat ini sudah mengusulkan 3 gunung untuk berubah statusnya menjadi hutan konservasi ke pemerintah pusat melalui KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

Meski demikian, hingga saat ini usulan yang nantinya akan menjadi Peraturan Daerah (Perda) tersebut belum mendapat persetujuan.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, untuk menjaga kelestarian 3 gunung di Ciamis yakni gunung Sawal, Geger Bentang dan Madati diusulkan menjadi hutan konservasi.

“Ini bentuk komitmen kita menjaga kelestarian alam,” ujar Bupati Ciamis saat menghadiri peringatan Anniversary ke-3 komunitas Pelindung (Peduli Lingkungan dan Gunung) di Desa Lumbungsari, Minggu (28/11/2021).

Baca Juga: HUT Desa Kaso, Bupati Ciamis Imbau Masyarakat Waspadai Bencana

Ia pun mengajak masyarakat Ciamis untuk ikut melestarikan hutan dan gunung.

“Jaga dan rawat hutan, hutan pun akan melindungi kita,” katanya.

Herdiat menyebut Ciamis adalah satu-satunya Kabupaten yang 3 gunung tersebut menjadi hutan konservasi dengan zonasi.

“Lewat 3 zonasi yakni konservasi, lindung dan produksi, kita bisa menjaga kelestarian hutan dan memberikan kesempatan masyarakat Ciamis untuk bercocok tanam,” jelas Bupati.

Jika 3 gunung tersebut berubah menjadi hutan konservasi tambah Herdiat, kelestarian hutan bisa kita wariskan ke anak cucu.

“Kita jangan mewariskan hutan dan pegunungan yang rusak. Wariskan hutan dan gunung yang baik, sehat dan bermanfaat,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Herdiat juga memberikan apresiasi ke komunitas Peduli Lingkungan yang telah ikut menjaga kelestarian alam dengan penanaman pohon di Desa Lumbungsari. (R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -