Rabu, Januari 19, 2022
BerandaBerita BanjarHujan Deras, Jalur Banjar Pangandaran Tergenang Air Setengah Meter

Hujan Deras, Jalur Banjar Pangandaran Tergenang Air Setengah Meter

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, pada Selasa (9/11/2021) menyebabkan jalan Raya Banjar-Pangandaran tergenang air, tepatnya di area depan SPBU Batulawang wilayah Kecamatan Pataruman.

Akibatnya sejumlah kendaraan yang melintas di lokasi tersebut sempat mengalami mati mesin atau mogok karena tingginya genangan air.

Salah seorang pengendara yang melintas, Indra Idvi Permana, mengatakan, munculnya genangan air akibat hujan deras tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Ketinggian genangan air akibat hujan deras tersebut mencapai sekitar setengah meter.

Sehingga banyak sepeda motor yang saat itu tengah melintas di lokasi tersebut langsung mogok.

“Kalau dari arah Pangandaran itu ada sekitar setengah meter genangan airnya. Banyak kendaraan yang tadi mogok waktu saya lewat,” kata Indra kepada HR Online.

Baca Juga: Pedagang Taman Kota Banjar Minta Toilet dan Fasilitas Umum Rusak Diperbaiki

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Kusnadi, melalui Kasi Darlog, Yudi Andiana, membenarkan adanya genangan air akibat hujan deras di lokasi jalan Banjar Pangandaran tersebut.

Selain itu kata Yudi, terdapat sejumlah kendaraan roda dua yang mogok akibat ketinggian air genangan mencapai sekitar setengah meter dan hampir menutup bagian kendaraan roda dua yang melintas.

“Ada sejumlah kendaraan yang mogok karena genangan airnya cukup tinggi. Kalau dari arah Pangandaran itu sekitar setengah meter ketinggiannya,” kata Yudi.

Penyebab Jalan Banjar Pangandaran Tergenang Air

Lanjutnya, dari hasil evakuasi di lapangan penyebab terjadinya genangan air tersebut karena saluran air terhambat oleh sampah.

Selain itu diameter pembuangan air terlalu kecil sehingga arus air menjadi tersendat.

Namun begitu, kata Yudi, setelah dilakukan evakuasi pembersihan saluran drainase genangan air yang tersendat bisa kembali lancar.

Kendaraan sepeda motor yang mogok juga bisa kembali melintas.

“Tadi sudah kami lakukan evakuasi pembersihan saluran air. Alhamdulillah sekarang arus kendaraan sudah berjalan lancar. Hanya sempat macet saat proses evakuasi saja,” jelasnya.

Lebih lanjut Yudi menambahkan, dari laporan yang masuk sampai sore ini ada tiga wilayah yang tergenang air di Kota Banjar.

Selain itu terjadi pohon tumbang menimpa pabrik penggilingan padi di wilayah Langensari.

“Sampai sore ini ada empat laporan yang masuk ke BPBD dan sudah kami tinjau ke lapangan. Kami harap warga masyarakat tetap waspada,” imbuhnya. (Muhlisin/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -