Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruJarak Aman Berkendara di Jalan Tol dan Tips yang Perlu Anda Tahu

Jarak Aman Berkendara di Jalan Tol dan Tips yang Perlu Anda Tahu

Jarak aman berkendara di jalan tol harus diperhatikan secara tepat. Sebab jalan tol menjadi alternatif bagi kendaraan roda empat untuk sampai tujuan dengan cepat.

Jalan bebas hambatan yang satu ini hampir banyak tersedia di berbagai wilayah di Indonesia. Berkendara di jalan tol pun tidak bisa sembarangan.

Pengendara harus bisa mengemudi dengan cepat, sehingga konsentrasi tetap terjaga. Kurangnya konsentrasi sedikit saja, maka mengakibatkan banyak hal yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Banyak terjadi kecelakaan di jalan tol yang diakibatkan karena kelalaian pengendara sendiri. Salah satu yang bisa mengurangi risiko terjadinya kecelakaan yaitu menjaga jarak aman antar pengendara.

Jalan tol membantu perjalanan lebih cepat dan bebas hambatan. Dengan memperhatikan jarak aman berkendara di jalan tol, mengurangi risiko timbulnya tabrakan beruntun.

Sebagai pengendara, sebaiknya cari tahu dulu apa saja aturan berkendara di jalan tol. Sehingga akan lebih aman, baik untuk diri sendiri maupun pengendara lainnya.

Semakin Anda paham dengan cara berkendara, membuat rasa aman selama berada di perjalanan. Salah satu hal yang bisa mengakibatkan kecelakaan beruntun yaitu kurangnya antisipasi perlambatan kendaraan lain secara mendadak.

Baca Juga : Tips Membeli Mobil Bekas dengan 5 Cara Ampuh dan Efisien

Sehingga cara untuk mengantisipasi adanya hal ini yaitu menjaga jarak berkendara. Cara menghitung jarak aman saat berada di jalan tol penting Anda ketahui.

Menghitung Jarak Aman Berkendara di Jalan Tol

Saat ini jalan tol mampu membantu pengendara roda empat untuk sampai tujuan lebih cepat. Sebab jalan bebas hambatan yang satu ini bisa memberikan kemudahan berkendara karena wajib melaju dengan kencang.

Sayangnya, masih banyak terjadi kecelakaan yang terjadi di jalan tol. Salah satunya kecelakaan beruntun. Kecelakaan melibatkan lebih dari dua kendaraan.

Bagi Anda yang ingin berkendara di jalan tol harus lebih fokus, konsentrasi, dan mengetahui peraturan berkendara di jalan tol. Sebaiknya pahami kondisi jalan dan rambu-rambu yang ada.

Untuk bisa menghindari adanya masalah tersebut saat berada di jalan tol, pengemudi wajib memikirkan keamanan dalam berkendara.

Adapun cara menghitung jarak aman saat berkendara mulai saat mobil pada bagian depan melewati satu titik.

Baca Juga : Motor Mogok Karena Banjir, Atasi Dengan 6 Tips Jitu Ini

Sebagai contoh, Anda melalui plang km tol atau tiang lampu. Tiga detik kemudian, kendaraan tersebut melewati titik yang sama.

Tiga detik bisa untuk merespon mobil melambat dalam situasi mendadak. Otak manusia merespon dan memijak rem kurang lebih 1-1,5 detik, barulah bisa ambil keputusan.

Sebaiknya pengemudi mobil di jalan tol bisa lebih berhati-hati dan mengetahui bagaimana cara berkendara dengan jarak yang aman.

Pahami Tips Berkendara Aman di Jalan Tol

Jarak aman berkendara di jalan tol menjadi salah satu tips berkendara. Sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Maka dari itu, penting untuk mengetahuinya. Sehingga ketika merespon pengereman mendadak bisa disesuaikan dengan kecepatan berkendara.

Jadi, waktu 3 detik yang dilakukan dalam proses pengereman bisa dibilang aman. Selain itu, ada tips aman lainnya yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Baca Juga : Ban Mobil Tanpa Udara dan Cara Kerjanya, Tak Perlu Lagi Isi Angin

Cek Kondisi Mobil

Tips aman selain jarak berkendara di jalan tol lainnya yaitu selalu cek kondisi kendaraan. Sebaiknya lakukan pengecekan secara rutin agar berkendara lebih aman.

Jangan hanya melakukan pengecekan ketika hendak bepergian jauh. Selain mengecek bagian fisik dan kondisi lainnya, ada baiknya jika beristirahat kurang lebih 3 jam sekali.

Cara ini juga bisa mengurangi risiko kecelakaan. Baik Anda berkendara di jalan tol maupun jalan biasa.

Menjaga Kecepatan Aman

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika berkendara di jalan tol. Selain jarak berkendara di jalan tol, kecepatan pun berpengaruh.

Meski berkendara di jalan bebas hambatan, bukan berarti Anda bisa melaju seenaknya saja. Tips yang satu ini penting Anda perhatikan karena berpengaruh pada timbulnya kecelakaan.

Apalagi saat berada pada area tol, sebenarnya ada batas laju kendaraan yang aman. Batas kendaraan untuk jalur kiri 60 m/jam dengan catatan menyalip ke kanan, kemudian ke area sebelah kiri lagi.

Dengan Anda mematuhi peraturan dan tahu jarak aman berkendara di jalan tol, risiko terjadinya kecelakaan tentu kecil. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -