Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis Mutasi Kromosom, Berikut Ini Penjelasannya

Jenis Mutasi Kromosom, Berikut Ini Penjelasannya

Jenis mutasi kromosom adalah salah satu pembahasan yang sangat penting. Perlu Anda ketahui bahwasannya mutasi itu sendiri merupakan perubahan materi genetik pada suatu sel.

Nantinya juga materi tersebut akan menjadi warisan untuk keturunan yang selanjutnya. Penyebab terjadinya mutasi tersebut adalah kesalahan replika saat pembelahan sel, sebab radiasi, mutagen, virus, atau pada proses meiosis.

Mutasi itu pada intinya mempunyai pengertian perubahan yang akan terjadi pada genetik. Entah itu taraf pada tingkatan kromosom maupun gen. Terjadinya mutasi ini mempunyai tujuan untuk menghadapi perubahan alam yang akan terjadi kapan saja.

Pasalnya, jika perubahan itu muncul, maka terdapat dua kemungkinan. Sifat mutasi yang mudah untuk kita bandingkan dengan sifat asli serta sifat mutasi yang tak cocok dengan lingkungan baru. Hal ini juga cocok dan tidaknya untuk setiap individu bermutasi dengan bergantung kepada daerah individu.

Baca Juga: Jenis Penyakit Genetik dan Faktor Penyebabnya yang Wajib Anda Tahu

Kenali Jenis Mutasi Kromosom dalam Gen

Dalam pembagian mutasi, terdiri dari lima bagian. Ada mutasi titik, mutasi besar, aneuploidi, aneusomi, serta mutasi kromosom. Nah, kerap kali yang menjadi pembahasan penting adalah jenis mutasi kromosom.

Namun sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai jenis mutasi kromosom, alangkah lebih baiknya jika Anda ketahui apa pengertiannya.

Perlu Anda ketahui bahwa mutasi kromosom itu mutasi yang terjadi dan akan menyebabkan perubahan materi genetik dalam skala besar.

Sedangkan untuk pembagiannya sendiri ada empat. Mutasi kromosom penghapusan, translokasi, duplikasi, serta inversi.

Kembali ke penjelasan yang sebelumnya. Faktor terjadinya mutasi itu sendiri adalah dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ada faktor fisika, kimia, dan biologi.

Baca Juga: Cara Kerja Rekayasa Genetika

Kromosom Penghapusan

Sinonim dari jenis penghapusan ini adalah deletion, merupakan hilangnya bagian yang termasuk dari bagian kromosom ketika proses meiosis. Apabila kromosom tersebut patah atau telomernya itu rusak, maka kromosom akan kehilangan banyak gen.

Gen yang memiliki peranan penting guna ekspresi individu. Jenis ini juga memiliki kemampuan guna menyebabkan kematian individu yang terdapat dalam zigot atau lebih tepat disebut kematian usia dini. Ada juga insertion, kromosom akan mengalami perubahan potongan kromosom.

Inversi

Untuk jenis mutasi kromosom ini merupakan peristiwa menempelnya kembali kromosom yang sudah patah ke kromosom asalnya, namun posisinya terbalik. Kromosom ini juga termasuk mutasi diam, sebab tak menyebabkan masalah serius pada individunya.

Baca Juga: Mutasi Genetik Langka Terjadi Pada Tubuh Manusia

Duplikasi

Adalah mutasi kromosom yang sebagian dari kromosom tersebut bereplikasi dan menyebabkan bertambahnya gen sama pada satu bagian.

Translokasi

Jenis mutasi kromosom ini terjadi sebab menempelnya potongan kromosom ke kromosom non homolognya. Translokasi ini juga bisa menyebabkan tidak terekspresinya gen. Jenis mutasi kromosom ini nantinya akan menyebabkan masalah yang serius. (R10/HR-Online)

- Advertisment -