Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruJerawat di Dagu, Kenali Penyebab untuk Mengatasinya dengan Cepat

Jerawat di Dagu, Kenali Penyebab untuk Mengatasinya dengan Cepat

Jerawat di dagu paling sering terjadi. Masalah ini bisa Anda alami karena berbagai faktor. Jerawat menjadi salah satu masalah yang sering muncul pada area kulit wajah.

Dengan munculnya jerawat, tentu akan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Letak jerawat ini sangat terlihat jelas. Akibatnya ketika bertemu atau ngobrol dengan orang lain, justru jerawat di dagu menjadi pusat perhatian.

Untuk bisa mengatasi munculnya masalah ini, Anda harus menjaga kebersihan wajah. Sehingga risiko jerawat muncul akan berkurang.

Agar bisa mengatasinya dengan tepat, alangkah baiknya mengetahui penyebab jerawat muncul. Dengan begitu penanganannya juga akan lebih cepat.

Penyebab Jerawat di Dagu yang Sering Terjadi

Jerawat menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada siapa saja, baik wanita maupun pria. Jerawat yang muncul pada area wajah tentu sangat menjengkelkan.

Dengan adanya masalah tersebut, akan mengakibatkan rasa kurang nyaman pada area wajah. Secara umum jerawat muncul akibat pori-pori tersumbat.

Baca Juga : Jenis-jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya, Kenali Ciri-cirinya!

Meski begitu, bisa juga karena faktor lain. Berikut ini ada beberapa penyebab yang sering memicu jerawat muncul:

Kurang Menjaga Kebersihan Wajah

Penyebab utama munculnya jerawat di dagu yaitu kurangnya dalam menjaga kebersihan dan melakukan perawatan kecantikan. Masih banyak orang yang enggan untuk membersihkan wajah. Padahal hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Ketika kebersihan kulit wajah tidak terjaga, maka pori-pori akan tersumbat oleh minyak, kotoran sel kulit mati, bahkan bakteri. Hal ini mengakibatkan pori-pori wajah akan terjadi peradangan yang mengakibatkan jerawat muncul.

Perubahan Hormon

Ada penyebab lain mengapa jerawat di dagu muncul. Perubahan hormon selama menstruasi juga mengakibatkan masalah ini muncul.

Ketika hormon androgen mengalami peningkatan maka minyak alami kulit akan berperan. Hal ini yang bisa menyumbat pori-pori area dagu.

Baca Juga : Manfaat Ginseng untuk Kecantikan Kulit, Bikin Wajah jadi Glowing

Karena pengaruh hormon inilah jerawat bisa muncul kapan saja. Selain itu, wanita yang mengalami gangguan polycystic ovary syndrome (PCOS) juga bisa mengalami hal ini.

Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Masih banyak penyebab jerawat di dagu muncul tiba-tiba. Selain kurangnya menjaga kebersihan dan perubahan hormon, ternyata ada penyebab lain. Tumbuhnya rambut ke area dalam juga bisa menjadi penyebabnya.

Hal ini terjadi pada kaum pria. Kebiasaan mencukur jenggot juga mengakibatkan risiko rambut tumbuh ke dalam. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya peradangan hingga akhirnya tumbuh jerawat.

Banyak Konsumsi Makanan Berminyak

Ternyata konsumsi makanan berminyak secara berlebih juga akan mengakibatkan jerawat muncul dengan cepat. Dengan mengkonsumsi gorengan akan membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak cairan.

Hal ini bisa menimbulkan adanya peradangan dengan cepat. Anda tentu tak ingin berjerawat bukan? Maka dari itu pastikan Anda membatasi konsumsi makanan yang berminyak.

Baca Juga : Rekomendasi Hybrid Sunscreen untuk Wajah agar Terlihat Makin Glowing

Gantilah dengan rutin konsumsi makanan sehat. Dalam hal ini, bisa konsumsi sayur dan buah-buahan segar. Dengan kandungan kaya vitamin, buah dan sayur jelas menyehatkan tubuh.

Cara Mengatasi Jerawat

Setelah Anda tahu penyebab jerawat di dagu, sebaiknya segera lakukan perawatan wajah yang tepat. Salah satu cara mengatasi jerawat yaitu dengan rutin membersihkan wajah.

Selain itu, ketika jerawat muncul sebaiknya hindari untuk memencetnya. Jika hal ini Anda lakukan, risiko infeksi akan lebih tinggi. Sehingga mengakibatkan jerawat sulit hilang.

Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu kompres jerawat dengan es batu untuk mengurangi munculnya peradangan. Anda cukup bungkus es batu dengan kain bersih kemudian kompres selama kurang lebih 5 menit.

Selain itu, air beras juga dipercaya ampuh mengatasi jerawat. Adanya kandungan allantoin membantu atasi jerawat. Allantoin itu sendiri merupakan senyawa antibakteri yang mampu menenangkan kulit berjerawat.

Bahkan air beras juga mampu mengontrol minyak di wajah. Hal ini bisa membantu wajah Anda tidak berminyak dan selalu bersih berseri.

Ternyata juga bisa mengatasi jerawat dengan cara lain, yakni kulit melinjo. Selain rasanya yang enak, melinjo kaya akan manfaat. Ada kandungan vitamin C, zat besi, hingga protein yang mampu membantu menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan mampu mengatasi munculnya masalah kecantikan, termasuk jerawat membandel di dagu. Agar tidak muncul jerawat sebaiknya Anda perhatikan beberapa tips di atas. (R10/HR-Online)

Editor : Eva