Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruKandungan Gizi Bawang Putih dan Beragam Khasiatnya yang Ampuh

Kandungan Gizi Bawang Putih dan Beragam Khasiatnya yang Ampuh

Kandungan gizi bawang putih tak hanya baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sejumlah senyawa dalam bumbu dapur ini ternyata juga efektif untuk meningkatkan sistem imunitas sekaligus menangkal berbagai penyakit.

Bawang putih termasuk jenis bahan dapur yang sangat populer. Selain sering kita gunakan sebagai penyedap atau bumbu masakan, bawang ini juga sudah menjadi bagian penting dalam sejarah pengobatan alami yang telah berlangsung sejak kuno.

Jenis bumbu masakan yang popular dengan sebutan garlic (Allium sativum) merupakan jenis tumbuhan umbi.

Baunya yang cukup tajam membuatnya menjadi bahan masakan yang populer bagi manusia dari berbagai belahan dunia.

Mengutip dari Wikipedia, nama bawang putih tercantum juga dalam catatan Mesir kuno baik untuk bahan masakan maupun sebagai herbal pengobatan.

Hal ini ternyata berkaitan erat dengan beragam jenis senyawa yang terdapat dalam herbal tersebut.

Baca Juga : Manfaat Jus Bawang Putih Bagi Kesehatan, Hasilnya Ajaib! 

Ragam Kandungan Gizi Bawang Putih

Garlic termasuk jenis herbal yang terbilang lengkap kandungan gizinya. Jenis bawang ini antara lain mengandung protein, vitamin dan berbagai mineral. Seperti kalsium, kalium, zat besi, seng, vitamin A, B, dan vitamin C.

Kandungan gizi bawang putih juga kaya dengan senyawa sulfur. Bahkan rasa getir dari umbi ini berasal dari kandungan allicin, yaitu zat kimia yang termasuk dalam senyawa sulfur.

Komponen aktif dalam bawang putih yang utama adalah senyawa sulfur yang bernama allicin ini. Allicin ini bisa kita kenali ketika bawang putih kita olah dengan mencincang, menumbuk, maupun saat kita kunyah.

Allicin cukup kuat sebagai antibiotik kuat yang membantu tubuh untuk menghambat kemampuan kuman untuk tumbuh dan berkembang biak. Senyawa kimia dalam bawang putih juga bersifat antioksidan yang ampuh.

Keutamaan dan Khasiat Kandungan Bawang Putih

Ada banyak keutamaan kandungan gizi bawang putih untuk tubuh. Utamanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan jantung. Sifat antioksidan bawang ini membantu menjaga sirkulasi darah tetap normal.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih Lanang Tak Cuma Ampuh untuk Pria

Untuk mendapatkan manfaatnya Anda bisa mencampurkan masakan sehat dengan bawang putih. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat ganda. Berikut ini berbagai manfaat dari bawang putih untuk kesehatan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Umbi bawang ini merupakan salah satu makanan terbaik menjaga kesehatan jantung. Bahkan bagi Anda yang memiliki kelainan atau penyakit jantung bisa menggunakan herbal ini untuk meredakannya.

Keutamaan kandungan gizi bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol jahat, sehingga sirkulasi darah ke jantung bisa normal. Ini penting untuk mencegah penggumpalan darah.

Meredakan Penyakit Umum

Bawang putih merupakan obat herbal yang sangat berharga untuk asma, suara serak, batuk, flu, kesulitan bernapas, dan gangguan lainnya.

Kandungan sulfur dalam bawang putih memiliki bau dan rasa yang khas. Senyawa ini dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous dalam saluran pernapasan.

Baca Juga : Khasiat Black Garlic untuk Kesehatan, Bawang Hitam yang Anti Kanker

Menurunkan Tekanan Darah

Bawang putih dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ini karena bumbu bawang ini mengandung senyawa allicin.

Allicin juga dapat menyeimbangkan tekanan darah, baik tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi. Allicin juga berfungsi untuk mencegah kenaikan berat badan.

Ampuh Meredakan Kanker

Dengan menambah asupan bawang merah ke dalam makanan atau memakan secara langsung dapat menurunkan risiko kanker dalam jumlah yang lebih besar.

Jenis kandungan gizi bawang putih juga penting adalah organosulfida yang ampuh membantu hati untuk memproses senyawa kimia beracun. Termasuk senyawa kimia dan benda asing yang bisa menyebabkan kanker.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mempunyai kandungan yang bersifat antioksidan yang kuat. Hal ini membuat bumbu dapur ini juga bersifat anti virus dan anti bakteri yang mampu melawan semua infeksi yang akibat serangan virus dan bakteri.

Karena itu, mengonsumsi umbi bawang ini berguna untuk meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Termasuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang banyak beterbangan.

Untuk mendapatkan keutamaan bawang putih bagi kesehatan tubuh, sebaiknya bawang putih Anda kunyah langsung. Meskipun rasa dan bau khasnya sangat kuat, namun kandungan gizinya masih tetap utuh.

Anda juga bisa mengolah bawang putih dengan memasaknya. Namun cara ini akan membuat nilai gizi yang Anda peroleh akan menurun.

Selain itu, jangan mengonsumsi bawang putih secara berlebihan karena bisa menyebabkan saluran pencernaan terganggu.

Itulah berbagai kandungan gizi bawang putih yang sangat berkhasiat tubuh. Baik untuk menjaga kesehatan maupun mengatasi berbagai gangguan penyakit yang menyerang. Karena itu mengonsumsi bawang ini secara rutin baik untuk tubuh. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -