Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruKap Mesin Mobil, Salah Satu Komponen dengan Fungsi Penting

Kap Mesin Mobil, Salah Satu Komponen dengan Fungsi Penting

Kap mesin mobil memiliki fungsi yang penting jika Anda perhatikan. Banyak sekali komponen mobil yang memiliki peran penting guna membantu kendaraan bisa berfungsi dengan baik.

Sebenarnya mobil menjadi salah satu kendaraan yang banyak diminati. Selain mampu menjadi alat transportasi pribadi, Anda juga akan terlindungi di kala hujan dan panas saat berada di perjalanan.

Mobil terdiri dari berbagai komponen yang saling berkesinambungan. Maka dari itu dibutuhkan perawatan secara berkala. Sebagai pemilik kendaraan roda empat ini, tidak ada salahnya jika Anda belajar tentang jenis hingga fungsi yang diberikannya.

Hal ini bertujuan agar ketika timbul masalah, Anda bisa mengatasinya. Bahkan justru dapat mencegahnya sebelum ada masalah.

Mungkin sebagian besar orang hanya tahu jika kap mesin mobil memiliki fungsi untuk menutupi mesin atau justru aksesoris saja.

Padahal dibalik semua itu masih banyak fungsi yang bisa Anda dapatkan. Agar pengetahuan Anda bisa lebih jauh tentang kap mesin, simak uraian berikut ini.

Baca Juga : Sistem Karburator Mobil dan Fungsi Komponen Pelengkapnya

Mengenal Apa Saja Fungsi Kap Mesin Mobil

Salah satu komponen penting pada bagian mobil yaitu kap. Salah satu fungsi dari kap yakni melindungi bagian mesin dari panas dan hujan.

Namun ternyata tidak hanya itu saja, masih banyak fungsi dari komponen tersebut. Secara umum, komponen yang satu ini terbuat dari bahan tidak sama.

Ada yang terbuat dari material glasswool, alumunium foil, dan kombinasi antara keduanya. Bagi Anda yang belum tahu jelas kegunaan dari kap mesin mobil, berikut ini ada beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan.

Peredam

Fungsi utama kap mesin mobil yaitu mampu menjadi peredam.Tidak semua jenis mobil memiliki suara yang halus dan tidak berisik. Hingga saat ini pun masih banyak jenis mobil yang mengeluarkan suara berisik sehingga akan mengganggu.

Karena alasan inilah kap mobil berperan. Dengan adanya komponen tersebut, suara bising bisa teratasi. Fungsinya sebagai buffer atau peredam bunyi tersebut dapat meresonansi antara komponen yang lainnya.

Baca Juga : Membersihkan Kolong Mobil dengan Cara Aman dan Mudah Dimengerti

Menjaga Suhu Agar Tetap Stabil

Adanya kap mesin mobil tidak hanya sebagai peredam saja. Justru komponen ini juga berperan penting dalam mengatur suhu mesin mobil. Saat kendaraan bekerja terlalu keras, maka mesin akan memiliki suhu terlalu panas.

Sehingga kap mesin bisa mengatasi hal tersebut. Kap mobil akan membantu suhu mesin tetap dalam kondisi normal.

Meski terpakai dalam jangka waktu lama sekalipun, suhunya tetap aman. Bahkan mampu menjaga konsumsi bahan bakar agar lebih hemat.

Mencegah Radiasi

Seperti yang sudah banyak terungkap jika komponen mobil memiliki perannya masing-masing. Sehingga bisa membuat komponen lainnya bekerja dengan normal.

Begitu juga dengan kap mobil yang mampu mencegah timbulnya radiasi pada komponen lainnya. Salah satu akibat dari radiasi yaitu bekas yang akan muncul pada cat mesin.

Baca Juga : Semir Ban Mobil dan Dampak Buruknya Jika Terlalu Sering

Sayangnya, masalah ini sering terabaikan. Padahal justru akan terlihat dampaknya pada bagian bawah kap mesin. Warnanya akan belang akibat berbagai kondisi.

Mulai dari mesin dalam kondisi panas, bahkan uap yang muncul di aki sehingga muncul bercak hingga kotoran menempel. Namun dengan adanya kap mesin mobil, tentu bisa mencegah semua masalah ini.

Pelindung Mesin Mobil

Kap mobil tentu melindungi bagian mesin. Bahkan sebagian besar pemilik kendaraan membuat bagian tersebut sebagai aksesoris. Mesin mobil tentu sangat berpengaruh pada kinerja kendaraan itu sendiri.

Maka dari itu, perlu adanya pelindung mesin yaitu kap. Dengan adanya komponen tersebut, mesin akan terlindungi dari banyak hal. Bahkan cuaca panas dan hujan, mesin tetap bisa bekerja dengan optimal dalam kondisi apapun.

Sebagai pemilik kendaraan, melakukan perawatan pada setiap komponen adalah salah satu cara mencegah timbulnya masalah. Bahkan ada juga beberapa komponen yang perlu penggantian jika sudah memiliki ciri-ciri tertentu.

Komponen juga perlu Anda ganti karena pemakaian dalam rentang waktu tertentu. Karena itulah, Anda perlu rutin melakukan pengecekan pada kap mobil. Hal ini bertujuan agar kap mesin bisa berfungsi secara optimal.

Kenyamanan selama berkendara dengan mobil ditunjang oleh banyak faktor. Salah satunya dari performa kap mesin mobil. Maka dari itu, jangan sepelekan berbagai fungsi di atas. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru