Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruKekentalan Oli untuk Mobil Tua Ternyata Mempengaruhi Performa Mesin

Kekentalan Oli untuk Mobil Tua Ternyata Mempengaruhi Performa Mesin

Kekentalan oli untuk mobil tua berbeda dengan kendaraan keluaran terbaru. Hal ini karena dipengaruhi beberapa faktor. Tidak dapat dipungkiri jika mobil tua menjadi pilihan sebagian kolektor mobil.

Namun ada juga yang memiliki kendaraan produksi lama karena sudah membelinya beberapa tahun yang lalu. Bahkan hingga puluhan tahun lamanya.

Meski kendaraan keluaran terdahulu, jika kondisinya selalu terjaga, membuatnya tetap dalam kondisi bagus.

Mobil tua bukan berarti tidak memiliki performa yang baik. Jika Anda menjadi salah satu pemilik mobil tua, sebaiknya cek kondisinya setiap saat.

Anda pun harus memberikan perawatan secara berkala. Perawatan ekstra bisa menjadi salah satu cara membuat kendaraan tetap bisa bekerja optimal.

Salah satunya yang berpengaruh yaitu oli. Oli menjadi barang wajib yang harus diperhatikan pada setiap kendaraan.

Begitu juga dengan kekentalan oli untuk mobil tua. Sering penggunaan kendaraan tersebut, membuat timbulnya keausan pada komponen mobil.

Baca Juga : Perawatan Power Window Mobil Agar Tidak Seret Saat Digunakan

Akibatnya logam yang bergesekan di dalam mesin menyebabkan keausan tersebut. Sehingga akan membuat celah antar komponen dalam mesin semakin besar.

Inilah Kekentalan Oli untuk Mobil Tua yang Tepat

Setiap komponen kendaraan memiliki fungsi yang berbeda. Anda harus melakukan pengecekan atau service pada komponen mobil, salah satunya yaitu oli.

Hampir semua jenis kendaraan, baik produk lama maupun terbaru tentu oli menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Apalagi setiap tipe kendaraan memiliki standar yang berbeda.

Sehingga Anda harus memilih kekentalan oli yang tepat pada setiap kendaraan. Oli berfungsi untuk melumasi bagian mesin agar tidak saling berbenturan antara satu dengan yang lainnya.

Dengan adanya oli, tentu mesin akan terus bekerja secara optimal. Untuk itu, pentingnya memilih oli yang tepat untuk kendaran Anda.

Baca Juga : Cara Cat Bemper Mobil Sendiri di Rumah dengan Teknik Tepat

Fungsi Kekentalan Oli pada Mobil Tua

Pemilihan oli harus tepat, terutama dari segi kekentalannya. Jika sampai Anda salah pilih, tentu bisa membuat tenaga mesin menurun.

Apalagi jika kendaraan yang Anda miliki merupakan produk lama, tentu harus dirawat secara ekstra. Kekentalan oli untuk mobil tua pun berbeda.

Sebab kekentalan oli yang ada tersebut justru berfungsi cukup penting. Penggunaan oli yang kental menjadi penyeimbang tingkat keausan.

Oli lebih kental berfungsi untuk melindungi komponen secara optimal. Paling utama yaitu pada bagian dinding silinder. Jika oli terlalu encer, tentu membuat pelumas lebih mudah masuk terbawa ke ruang bakar.

Kalau hal ini Anda biarkan begitu saja, pelumas akan cepat berkurang. Bahkan lebih buruknya lagi pada bagian dalam silinder akan mudah kotor.

Hingga akhirnya mengakibatkan oli jadi ikut terbakar. Itulah mengapa kekentalan oli bisa berpengaruh pada komponen lainnya.

Untuk kendaraan dengan usia lebih lama atau mobil tua, sebaiknya memilih oli dengan tingkat kekentalan satu tingkat dari standarnya.

Baca Juga : Mengatasi Masalah pada Mobil dengan Cuka, Ampuh dan Murah

Selain itu, masih banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan oli untuk mobil tua.

Oli yang Tepat untuk Mobil di Bawah 10 Tahun

Oli memiliki peran penting dengan jenis kekentalan yang berbeda. Hal ini bisa membantu pada penggunaan setiap jenis kendaraan. Sebab untuk produksi mobil terbaru dan lama memiliki kebutuhan jenis oli yang berbeda.

Bagi Anda yang memiliki mobil tua, pastikan tahu jenis dan kekentalan oli secara tepat. Apalagi mengingat fungsi oli cukup penting pada kendaraan.

Kekentalan oli untuk mobil tua biasanya bisa Anda lihat pada bagian cover botol oli itu sendiri. Salah satu kode yang ada untuk oli mobil yaitu 10W 40.

Kode tersebut bisa Anda gunakan untuk mobil yang berusia 1-10 tahun lamanya. Jenis oli yang satu ini memiliki tingkat kekentalan tinggi. Hal ini membuktikan jika komponen mobil saat bergerak tidak akan terasa berat.

Itulah mengapa pemilik mobil harus tahu kekentalan oli yang tepat pada setiap kendaraan. Jika pemakaian tepat, membuat performa dan komponen logam masih terjaga.

Oli SAE Mobil Tua

Setiap kode oli memiliki artian yang berbeda. Untuk mobil tua biasanya menggunakan kode oli 20W 50.

Kode tersebut memiliki makna cocok untuk mobil yang membutuhkan perlindungan logam cukup tinggi. Sehingga penggunaannya tepat sesuai kekentalan oli untuk mobil tua. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -