Selasa, November 30, 2021
BerandaBerita CiamisKesal Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Ciamis Cor Jalan dengan Swadaya

Kesal Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Ciamis Cor Jalan dengan Swadaya

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Desa Panawangan, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat membangun jalan cor secara swadaya. Padahal jalan menuju Desa Jagabaya, Kecamatan Panawangan tersebut berstatus Jalan Kabupaten.

Rupanya warga kesal lantaran jalan rusak yang bertahun-tahun mereka lalui tak kunjung diperbaiki.

Wawan Hermawan, warga setempat mengungkapkan, kerusakan jalan Kabupaten yang berada di wilayah Desa Panawangan menuju Desa Jagabaya sudah berlangsung lama.

“Akibat kerusakan pada ruas jalan kerap terjadi kecelakaan. Menyikapi banyaknya pengendara motor yang mengalami kecelakaan, maka warga berinisiatif memperbaikinya dengan swadaya masyarakat,” katanya, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga: Warga Minta Jalan di Panumbangan Ciamis Dipasang Pembatas dan TPT

Menurut Wawan, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk pembangunan jalan tidak kunjung cair. Padahal jalan sudah rusak parah dan setiap hari ramai dilewati kendaraan.

“Karena itu masyarakat sepakat memperbaikinya. Memang membangun jalan kabupaten secara swadaya ini baru pertama kali dilakukan masyarakat di Kecamatan Panawangan. Tapi terpaksa kami lakukan karena butuh akses jalan yang baik sehingga terhindar dari ancaman kecelakaan,” tuturnya.

Senada dengan Wawan, warga lainnya Lili mengatakan, swadaya masyarakat dalam membangun jalan cor Kabupaten, dipicu karena kesal menunggu perbaikan oleh pemerintah Kabupaten Ciamis yang tidak kunjung turun. 

“Sementara akses jalan betul-betul kami butuhkan. Jaddi nanti selain membangun jalan, gorong-gorong yang ada di blo Cariu juga akan dibangun,” kata Lili.

Lili menuturkan, mulai dari material hingga tenaga kerja semuanya berasal dari swadaya masyarakat. “Hanya alat berat saja yang dibantu instansi terkait,” katanya. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak Pemkab Ciamis. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -