Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita BanjarKota Banjar Gelar Konsolidasi Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana

Kota Banjar Gelar Konsolidasi Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Memasuki musim hujan yang rentan terjadi bencana, petugas lintas sektor apel konsolidasi kesiapsiagaan antisipasi bencana di halaman Mapolres Banjar, Kamis (11/11/2021).

Sekertaris Daerah Kota Banja Ade Setiana mengatakan apel tersebut bertujuan untuk mengantisipasi bencana alam. Seperti yang telah terjadi beberapa waktu lalu.

“Peralihan musim ini harus kita antisipasi takutnya terjadi bencana seperti banjir, longsor, pohon tumbang. Kalo semua sudah siap insyaallah nanti tidak akan ada kendala,” kata Ade Setiana.

Ade menjelaskan potensi bencana alam di Kota Banjar bisa dikatakan relatif aman. Akan tetapi stakeholder lintas sektor perlu melakukan kesiapsiagaan antisipasi bencana.

Bukan hanya tanggung jawab BPBD Kota Banjar saja, tapi dari pemerintah, TNI, Polri, PMI, serta relawan kebencanaan dan masyarakat. Tujuannya meminimalisir risiko adanya korban bencana.

“Potensi bencana saya rasa Kota Banjar relatif aman. Tapi biasanya terjadi angin puting beliung, seperti daerah Langensari dan juga Sinartanjung,” jelasnya.

Selain angin puting beliung, potensi bencana longsor pun kerap terjadi untuk Kota Banjar sebelah Barat.

“Seperti Situ Batu dan Wilayah Sukamukti. Untuk mengantisipasi itu makanya kita melakukan apel siaga,” tambahnya.

Setiap wilayah sudah memiliki pusat evakuasi. Sehingga suatu saat dapat menggunakannya.

“Evakuasi pasti sesuai dengan medan setempat sehingga nanti ada lokasi yang memang kemungkinan aman. Ketika terjadi bencana insyaallah itu siap. Tapi mudah-mudahan tidak terjadi bencana,” terang Ade.

Waka Polres Banjar Kompol Lalu Wira selain kesiapsiagaan antisipasi bencana, juga harus mempersiapkan peralatan penunjang. “Semuanya harus dipersiapkan termasuk peralatan yang mungkin memerlukannya untuk evakuasi ataupun kedaruratan,” katanya. (Sandi/R9/HR-Online/Editor-Dadang)