Rabu, Januari 19, 2022
BerandaBerita CiamisKeuntungan Bendungan Leuwi Keris untuk Ciamis Menurut Wabup

Keuntungan Bendungan Leuwi Keris untuk Ciamis Menurut Wabup

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menyebut Kabupaten Ciamis menjadi daerah yang cukup diuntungkan dengan pembangunan bendungan Leuwi Keris di Desa Handapherang, Cijeungjing.

Bendungan yang dibangun di sungai Citanduy ini kata Yana akan mampu menyuplai ribuan hektar sawah di Kecamatan Lakbok dan Purwadadi.

Kedua kecamatan itu merupakan lumbung padi Jabar dan Nasional.

“Kami berharap pembangunan bendungan Leuwi Keris bisa menyuplai air irigasi khususnya di Lakbok Utara sebanyak 6.600 hektar dan Lakbok selatan 4.600 hektar,” ujar Wabup Ciamis, saat menghadiri pengalihan sungai (River Diversion) Citanduy, Jumat (12/11/2021).

Dengan melimpahnya air ke wilayah lumbung padi lanjut Yana, mudah-mudahan bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat umum lainnya.

“Jika suplai air lancar, intensitas tanam padi petani bisa beberapa kali dalam satu tahun, jadi tidak hanya tadah hujan yang hanya sekali dalam setahun,” jelasnya.

Baca Juga: Pembangunan Bendungan Leuwi Keris di Perbatasan Ciamis-Tasikmalaya Capai 82 Persen

Keberadaan bendungan Leuwi Keris di Ciamis juga kata Wabup bisa membangkitkan pariwisata di sekitar lokasi bendungan.

“Jika destinasi wisata hadir maka perekonomian masyarakat tentu akan meningkat,” kata Yana.

Selain itu keberadaan bendungan Leuwi Keris bisa menjadi konservasi air tanah dan perikanan.

“Keuntungan masyarakat umum lainnya yakni tersedianya pembangkit listrik tenaga air (PLTA) untuk memenuhi kebutuhan listrik di luar Ciamis,” ucapnya.

Terkait dengan kegiatan pengalihan River Diversion aliran sungai Citanduy Yana sangat mengapresiasi.

“Dengan pengalihan aliran sungai ini semoga pekerjaan konstruksi utama bendungan bisa selesai sesuai target yakni tahun 2023,” pungkasnya.

Sementara itu Eko Winar Irianto Perwakilan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU menyebut, bendungan Leuwi Keris Ciamis ini adalah salah satu proyek strategis nasional yang tertuang dalam Perpres No 109 tahun 2020.

“Pembangunan bendungan ini sejak 2016 targetnya selesai 2023,” ungkapnya.

Nantinya bendungan Leuwi Keris akan bisa menampung 81 juta meter kubik air dengan luas genangan 242 hektar. (R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -