Sabtu, Desember 4, 2021
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Menghadiri Majelis Ilmu, Allah Mudahkan Jalan Menuju Surga

Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu, Allah Mudahkan Jalan Menuju Surga

Keutamaan menghadiri majelis ilmu tentunya akan buat kita lebih bersemangat dalam bermajelis. Apalagi jika kita mengingat mudahnya kelak mendapatkan taman surga.

Apakah kita itu termasuk orang yang akan segera menyambutnya? Apa masih berat guna melangkahkan kaki untuk menghadiri siraman ilmu, untaian dzikir, dan yang lainnya?

Untuk mendapatkan jawaban paling tepat berdasarkan pertanyaan tersebut hanya diri kita sendiri yang bisa menjawabnya. Padahal, kita juga mengetahui bahwasanya menuntut ilmu berdasarkan Islam mempunyai hukum wajib, baik untuk setiap muslim maupun Muslimah.

Apalagi, hal tersebut mempunyai banyak manfaat. Baik secara ilmu duniawi atau pengetahuan umum dan ilmu agama.

Dalam hadis riwayat Muslim menjelaskan, Rasulullah SAW bersabda, “Tidakkah sekelompok orang itu duduk kemudian berdzikir kepada Allah SWT kecuali malaikat akan mengelilinginya, rahmat Allah, ketentraman, serta Allah SWT juga akan menyebut-nyebut mereka di hadapan para malaikat”.

Dengan adanya hadis tersebut, kita bisa mengetahui sebenarnya saat kita bermajelis terdapat malaikat yang selalu mengiringi kita.

baca juga: Keutamaan Saling Memaafkan Menjadikan Hidup Lebih Tenang

Beberapa Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu

Nah, untuk menambahkan rasa semangat, penting sekali kita menyimak penjelasan berikut ini.

Akan Dimudahkan Jalan Ke Surga

Dalam hadis tersebut, kita akan mendapatkan banyak keutamaan. Ketahuilah juga bahwa kelak kita akan dimudahkan jalan menuju surga. Sebagai umat dari Nabi Muhammad SAW, kita pasti memiliki cita-cita ingin menjadi penghuni surga.

Walaupun sampai saat ini, kita masih suka melakukan hal-hal yang sebenarnya terlarang atau lebih tepatnya adalah maksiat.

Perlu Anda ketahui bahwasannya orang yang keluar rumah untuk menuju masjid dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan menuju surga.

Hal tersebut juga berdasarkan hadis riwayat Tirmidzi dan Abu Daud. Guna mendukung cita-cita kita bersama menjadi penghuni surga, meringankan kaki untuk melangkah pergi menuntut ilmu yang syar’i.

baca juga: Keutamaan Sedekah Subuh yang Dahsyat, Mendapat Doa dari Malaikat

Jihad Fi Sabilillah

Keutamaan menghadiri majelis ilmu lainnya yaitu jihad fisabilillah. Apa itu jihad fisabilillah? Berjuang di jalan Allah SWT. Hal-hal tersebut pastinya bukan suatu hal yang asing lagi untuk kita.

Kebanyakan orang mendefinisikan jihad di jalan Allah itu harus berperang melawan musuh. Pada kenyataannya, tidak semua jihad fisabilillah masuk dalam kategori tersebut.

Keutamaan menghadiri majelis ilmu saja juga termasuk jihad fisabilillah. Jihad satu ini mungkin termasuk dalam kategori jihad yang rendah atau tengah. Mengapa demikian?

Coba Anda bayangkan saja, lebih sulit yang mana, jihad fisabilillah dengan berperang dan menghadiri majelis ilmu? Di majelis ilmu, kita hanya butuh duduk diam, mendengarkan, mencatat, kemudian mengamalkan dalam kehidupan.

Sedangkan jihad fisabilillah dengan perang, kita harus menyiapkan strategi, alat-alat, jiwa raga dan kerelaan hati jika terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan. Jadi pilih yang mana?

baca juga: Keutamaan Bulan Rajab, Waktu yang Dimuliakan Alloh SWT

Bertambah Ilmu dan Pengetahuannya

Menghadiri majelis ilmu juga mempunyai keutamaan ilmu kita akan menjadi bertambah karena kita menerima hal-hal baru yang sebelumnya tidak kita ketahui. Bukan tidak mungkin juga apabila kita akan mendapatkan amal jariyah karena sudah mendatangi majelis ilmu.

Bagaimana caranya? Kita hanya butuh mengajarkan apa yang sudah kita dapatkan tersebut kepada orang lain. Dalam ajaran agama Islam namanya mendakwahkan.

Mendapat Derajat Tertinggi

Keutamaan menghadiri majelis ilmu adalah kita akan mendapatkan derajat yang paling tinggi. Hal ini mungkin tidak berlaku di mata manusia. Akan tetapi, hal tersebut sudah menjadi ketentuan dari Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Mujadilah ayat 11 menjelaskan:

Nah, dari penjelasan firman Allah tersebut sudah teramat jelas bahwa Allah nantinya akan mengangkat derajat serta memberikan ilmu kepada siapapun yang menghadiri majelis ilmu beberapa derajat sebagai keutamaan.

Selain itu, saat kita menghadiri majelis ilmu sudah pasti dalam hati akan merasa lebih tenteram. Bagaimana tidak, dalam bermajelis ilmu kita akan lebih banyak mengingat Allah SWT dengan cara berdzikir, istighfar, syukur, dan lainnya. Menghadiri majelis ilmu memang merupakan kewajiban bagi kita.

Bukan hanya akan mendapatkan pahala saja, melainkan juga bertambahnya ilmu, diri menjadi lebih aman, tenteram, Allah akan mempermudah jalan menuju surga, dan lainnya. Pahami penjelasan mengenai keutamaan menghadiri majelis ilmu tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -