Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaTeknologiAplikasiKirim File Lebih dari 100MB Lewat WhatsApp, Cek Cara Mudahnya!

Kirim File Lebih dari 100MB Lewat WhatsApp, Cek Cara Mudahnya!

Kirim file lebih dari 100MB lewat WhatsApp saat ini dapat Anda lakukan dengan mudah. Dengan jumlah pengguna yang hampir 2 miliar lebih di dunia, maka aplikasi WhatsApp pun terus melakukan pembaharuan terhadap berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Pembaharuan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya. Dengan fitur yang ada, para pengguna diberi kemudahan untuk mengirim berbagai file seperti foto, video, hingga pesan suara.

Namun dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, bukan berarti tidak ada kekurangan pada aplikasi pesan instan ini. Salah satu kekurangan WhatsApp adalah adanya keterbatasan dalam hal mengirimkan file media.

Para pengguna hanya dapat mengirimkan file terbatas dalam ukuran tertentu serta yang diizinkan oleh WhatsApp saja. Namun Anda tidak perlu khawatir, meskipun dibatasi terdapat cara lain yang dapat Anda lakukan untuk tetap dapat mengirimkan file ukuran besar melalui WhatsApp.

Penasaran bagaimana caranya mengirimkan file dengan besaran lebih dari 100MB pada aplikasi ini? Berikut kita simak ulasan lengkapnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Internet Melalui Fitur Multi Device

Cara Mudah Kirim File Lebih dari 100MB Lewat WhatsApp

Adapun beberapa cara untuk mengirimkan file besar melalui aplikasi WhatsApp antara lain:

Melalui Google Drive

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengunggah file dalam ukuran lebih besar dari 100MB pada aplikasi WhatsApp adalah menggunakan bantuan Google Drive.

Layanan Google Drive menawarkan ruang penyimpanan hingga 100GB dengan berlangganan Rp 130 ribu dalam setiap bulannya. Selain itu, Google Drive juga dapat menjadi salah satu cara untuk kirim file besar lebih dari 100MB lewat WhatsApp. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda terapkan:

  1. Hal penting pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan akses laman Google Drive serta pastikan Anda telah mempunyai akun Google.
  2. Selanjutnya ketuk ikon plus (+) yang terdapat pada sudut kanan bawah
  3. Lalu Anda dapat unggah dokumen yang Anda perlukan
  4. Setelah unggahan berhasil dilakukan, maka ketuk simbol tiga titik pada unggahan serta pilih “Copy Link atau Salin Tautan”
  5. Selanjutnya buka WhatsApp serta percakapan yang akan Anda tuju.
  6. Cara kirim file lebih dari 100MB lewat WhatsApp selanjutnya adalah dengan menempelkan tautan di dalam pesan.

Baca Juga: Fitur Enkripsi Terbaru WhatsApp untuk Proses Backup, Ini Cara Aktifkan!

Via Aplikasi Dropbox

  1. Langkah pertama, download dan instal aplikasi Dropbox
  2. Jalankan aplikasi pada perangkat Anda, lalu unggah file ukuran besar yang akan Anda kirimkan ke Dropbox. Dalam hal ini, Anda tidak hanya dapat mengirimkan file video, akan tetapi juga dalam bentuk file foto, dokumen, PowerPoint, atau file apapun dalam ukuran besar.
  3. Cara kirim file lebih dari 100MB lewat WhatsApp selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur Shareable Link. Ini artinya adalah link yang dapat terakses oleh siapapun,atau pada orang-orang tertentu yang Anda beri akses.
  4. Kemudian salin dan bagikan link tersebut pada ruangan chat teman atau grup WhatsApp Anda
  5. Setelah link terkirim, teman Anda dapat mengklik link atau tautan tersebut yang selanjutnya mengarah melalui web browser pada ponsel untuk mengunduh file dengan sekali klik saja.

Baca Juga: Cara Tautkan Perangkat di WhatsApp Web Tanpa Menyalakan HP

Lewat WhatsApp Tools

Cara kirim file lebih dari 100MB lewat WhatsApp selanjutnya adalah dengan menggunakan WhatsApp Tools. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Download dan install aplikasi WhatsApp Tools pada perangkat HP Anda. Buka dan jalankan aplikasi tersebut
  2. Ketuk “Get Started” pada bagian bawah
  3. Kemudian ketuk “Turn On Service” yang terdapat pada bagian bawah lalu klik “OK”
  4. Selanjutnya layar akan menampilkan pengaturan aksesibilitas. Kemudian pilih opsi “WhatsApp Tools Service”, lalu alihkan ke “AKTIF”
  5. Berikutnya, Anda perlu terhubung ke Google Drive, pilih “Click Here To Sign In”
  6. Kemudian pilih akun Google serta Izinkan WhatsApps Tools untuk dapat mengaksesnya
  7. Langkah berikutnya ketuk ikon plus (+) untuk memperoleh opsi jenis dokumen yang Anda inginkan. Pilih file yang akan Anda kirim.

Jika Anda telah memilih file yang akan Anda kirimkan, maka Anda pun dapat kirim file lebih dari 100MB lewat aplikasi WhatsApp Tools. Berikutnya dengan ketuk tombol “Share” serta pilih “WhatsApp. Kemudian pilih kontak WhatsApp yang akan Anda tuju, lalu ketuk “Kirim/Send”. (R10/HR-Online)

- Advertisment -