Selasa, November 30, 2021
BerandaBerita CiamisKondisi Jembatan dan Jalan di Cipaku Ciamis Memprihatinkan

Kondisi Jembatan dan Jalan di Cipaku Ciamis Memprihatinkan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jembatan Cidahu penghubung antara Desa Gereba dan Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kondisinya kian memprihatinkan.

Didi, warga setempat mengungkapkan, kerusakan pada jembatan Cidahu tersebut semakin bertambah parah.

Selain tembok pembatas pada bagian sisi jembatan telah ambruk beberapa bulan lalu, bagian badan jalan sudah retak.

Bukan hanya itu, ia juga khawatir dengan kondisi jembatan yang memprihatinkan ditambah tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari ini, membuat tiba-tiba ambruk.

“Jadi sebelum hal itu terjadi, saya harap agar Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat memperbaiki atau membangunnya. Sehingga menjadi jembatan yang representatif,” ungkapnya kepada HR Online, Selasa (23/11/2021).

Sementara itu, Cecep, pengguna jalan asal Desa Cieurih, Cipaku, Kabupaten Ciamis, mengatakan, jembatan Cidahu tidak hanya menjadi akses penghubung antar desa. Akan tetapi, sebagai penghubung antar kecamatan sebagai akses utama jalan raya Kawali-Sadananya. 

Sehingga, saat malam hari tidak sedikit kendaraan roda dua maupun empat yang melintasi akses jalan serta jembatan tersebut.

Senada dengan Didi, dengan kondisi jembatan yang sudah rusak, ia juga khawatir tiba-tiba ambruk dan menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. 

Lebih lanjut Cecep mengatakan, ketika melewati jembatan tersebut, sempat melihat ada petugas yang memfotonya.

“Saya meyakininya perbaikan jembatan akan segera dilakukan. Namun, entah apa sebabnya hingga saat ini belum juga ada tanda-tanda akan segera dibangun,” katanya, Selasa (23/11/2021).

Sebagai pengguna jalan, Cecep hanya bisa berharap agar akses jalan maupun jembatan tersebut kondisinya kembali bagus.

“Sehingga bisa nyaman, aman dan terhindar dari mara bahaya,” harapnya. 

Sebab menurut Cecep, jembatan maupun jalan merupakan akses yang sangat vital. Karena, lancar tidaknya transportasi tergantung pada akses atau kondisi jalan maupun jembatan.

“Baik buruknya jembatan maupun jalan, akan berdampak terhadap laju pertumbuhan ekonomi,” pungkas Cecep. (Edji/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -