Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita BanjarKota Banjar Raih Penghargaan Pendataan Keluarga 2021 dari BKKBN

Kota Banjar Raih Penghargaan Pendataan Keluarga 2021 dari BKKBN

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kota Banjar, Jawa Barat, berhasil meraih penghargaan Pendataan Keluarga Terbaik Tahun 2021, dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, menerima penghargaan tersebut via konferensi video, di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar, Kamis (4/11/2021). Selain Wali Kota, hadir juga Kepala DPPKB Kota Banjar dan Sekretaris Satpol PP Kota Banjar.

Kota Banjar berhasil raih penghargaan tersebut, karena memiliki komitmen dalam pendataan keluarga tahun 2021, dengan pencapaian 100% target Kepala Keluarga (KK) terdata tepat waktu.

Kota Banjar Raih Penghargaan Pendataan Keluarga Karena Selesai Tepat Waktu

Wali Kota Banjar menuturkan, award tersebut adalah hasil kerja keras seluruh tim pendataan keluarga Kota Banjar.

Sehingga, pendataan keluarga yang mulai 1 April hingga 31 Mei 2021 dapat selesai tepat waktu.

Jadi, meskipun saat ini masih kondisi pandemi, namun para petugas Pendataan Keluarga Kota Banjar bisa menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu.

“Pendataan keluarga tahun 2021 telah selesai kita laksanakan. Dan hasilnya kita sampaikan dalam kegiatan Launching Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2021 melalui virtual,” kata Ade Uu, Kamis (4/11/2021).

Lebih lanjut Ade Uu mengatakan, bahwa pendataan keluarga merupakan amanat UU Nomor 52/2009, tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Menurutnya, dengan adanya UU tersebut, pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib mengumpulkan dan mengolah. Kemudian, menyajikan data serta informasi mengenai kependudukan dan keluarga, baik itu lewat sensus, survei, dan juga pendataan keluarga.

Sementara untuk Pendataan Keluarga, katanya, dilakukan setiap 5 tahun sekali. “Adapun hasil data harus akurat, valid, relevan, serta bisa dipertanggung jawaban,” katanya.

Selain Kota Banjar, daerah lain di Jawa Barat yang mendapatkan penghargaan Pendataan Keluarga 2021 adalah Kabupaten Pangandaran.

Wali Kota menambahkan, bahwa pembangunan dimulai dari perencanaan yang baik. Kemudian, perencanaan tersebut berdasarkan dari data yang akurat.

Sementara untuk Pendataan Keluarga tahun ini, menghasilkan data mikro secara by name by address, yang menjadi dasar penyediaan data dalam perencanaan serta pemerataan pembangunan.

Menurutnya, pendataan keluarga adalah salah satu hal penting. Pasalnya, menjadi dasar pengambilan kebijakan pembangunan.

“Atas penghargaan Pendataan Keluarga 2021 ini, saya mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Banjar, yang sudah memberikan data dengan akurat,” pungkasnya. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -