Senin, Desember 6, 2021
BerandaBerita TerbaruKunci Mobil Tidak Bisa Diputar, Cari Penyebabnya Sebelum Mengatasi

Kunci Mobil Tidak Bisa Diputar, Cari Penyebabnya Sebelum Mengatasi

Kunci mobil tidak bisa diputar sebaiknya segera cari tahu cara untuk mengatasinya. Kunci kontak kendaraan memiliki peran yang cukup penting.

Sehingga jika timbul masalah akan mengakibatkan Anda kesulitan untuk menggunakannya. Saat ini kemajuan dunia teknologi juga mempengaruhi komponen yang ada pada kendaraan.

Salah satunya hadir sebuah fitur baru dengan menggunakan engine start stop button. Fungsinya penting guna memudahkan saat hendak berkendara.

Namun kenyataannya masih banyak mobil konvensional yang menggunakan kunci kontak untuk menghidupkan mesin. Meski tampak mudah, namun ada saja kendala yang bisa terjadi.

Salah satunya yaitu masalah kunci tidak bisa berputar. Jika Anda pernah mengalami hal tersebut, sebaiknya segera cari tahu penyebab hingga cara mengatasinya.

Biasanya jika masalah ini terjadi, ada sesuatu yang menjadi faktor penyebabnya. Salah satunya akibat sesuatu yang tidak sesuai baik dari bagian kunci maupun yang lainnya.

Sebaiknya agar tidak terjadi masalah tersebut, pastikan Anda tahu penyebabnya terlebih dulu. Sehingga kunci mobil tidak bisa diputar akan teratasi dengan tepat.

Baca Juga : Kap Mesin Mobil, Salah Satu Komponen dengan Fungsi Penting

Penyebab Kunci Mobil Tidak Bisa Diputar

Pernah mengalami kunci mobil tidak dapat Anda putar? Hal ini bisa saja terjadi. Apalagi setiap komponen kendaraan memiliki fungsinya masing-masing, sehingga membuat Anda harus tahu jika kendala terjadi.

Masalah yang bisa hadir mulai dari ringan hingga berat. Jika masalah tersebut tergolong ringan, mungkin Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah.

Berbeda jika masalah yang muncul adalah berat, Anda bisa membawanya ke bengkel terbaik. Sehingga masalah bisa teratasi secara tepat.

Begitu halnya ketika kunci sulit Anda putar, tentu hal ini bisa Anda lakukan perbaikan sendiri. Namun sebelum mengatasinya, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui penyebabnya terlebih dulu.

Dengan begitu maka mengatasi kunci mobil tidak bisa diputar akan segera teratasi. Berikut ini ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan masalah tersebut:

Baca Juga : Cara Cat Bemper Mobil Sendiri di Rumah dengan Teknik Tepat

Anak Kunci Bengkok

Penyebab kunci mobil tidak bisa diputar yang sering terjadi akibat anak kunci bengkok. Jika Anda tidak melakukan pengecekan secara teliti, bisa saja hal ini terjadi dengan mudah.

Dalam hal ini, kondisi anak kunci bisa bengkok akibat kecerobohan pemilik kendaraan. Kondisi ini bisa saja terjadi pada seseorang yang tidak sabar untuk membuka kunci.

Jika masalah ini yang mengakibatkan kunci mobil tidak dapat Anda buka, sebaiknya segera atasi agar kondisi kunci tidak mengakibatkan kerusakan berkelanjutan.

Kurang Pelumas

Lubang kunci yang kurang pelumas juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah ini terjadi. Kunci mobil tidak bisa berputar bisa saja terjadi karena lubang kering dan tidak ada pelumas.

Ketika hal ini terjadi, bukan hanya untuk memutar kunci saja yang sulit. Akan tetapi anak kunci juga sulit masuk. Cara untuk mengatasi masalah ini terjadi yaitu melumasi anak kunci dan lubang kunci.

Anda juga bisa menyemprotkan pelumas atau spray agar kotoran yang ada dalam lubang secara otomatis bisa bersih.

Baca Juga : Semir Ban Mobil dan Dampak Buruknya Jika Terlalu Sering

Perhatikan Posisi Anak Kunci

Hal yang bisa menjadi penyebab kunci mobil tidak bisa diputar yaitu posisi anak kunci tidak tepat. Meski masalah ini cukup kecil terjadi, namun tidak menutup kemungkinan bisa saja Anda alami.

Misalnya saja ketika Anda sedang terburu-buru memasukkan anak kunci, maka hal ini bisa saja terjadi. Jika sering terjadi hal ini, membuat lubang kunci tergerus dan akhirnya selek.

Stang Terkunci

Masih banyak faktor yang bisa mengakibatkan masalah ini muncul. Ketika mobil sedang Anda kunci stang juga bisa membuat kunci mobil tidak dapat berputar.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan yaitu putar kunci ke arah kiri sambil memutar lingkar kemudi agar sistem pengunci terbuka.

Ulangi langkah ini agar pengunci stir dapat Anda gunakan secara bebas. Namun pastikan jangan paksa, karena hal ini bisa mengakibatkan kunci rusak seperti bengkok.

Mengetahui penyebab suatu masalah bisa membuat Anda lebih mudah dalam mengatasinya. Hal ini juga berlaku pada masalah kunci mobil tidak bisa diputar. Sehingga masalah bisa teratasi dengan baik dan cepat. Anda pun kini tak perlu panik lagi. (R10/HR-Online/Editor-Eva_

- Advertisment -