Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruKursi Mobil Jamuran, Gunakan Langkah Tepat untuk Mengatasinya

Kursi Mobil Jamuran, Gunakan Langkah Tepat untuk Mengatasinya

Kursi mobil jamuran menjadi salah satu masalah besar yang harus dihadapi pemiliknya ketika musim hujan. Perubahan cuaca panas dan hujan di Indonesia ternyata juga berdampak pada kelembaban yang tidak terjaga.

Hal ini bisa saja memicu jamur muncul di beberapa area. Salah satu yang rawan dengan munculnya masalah ini yaitu pada kursi mobil.

Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus tahu cara mengatasinya dengan tepat dan pencegahannya. Sehingga jamur tidak akan membuat kendaraan menjadi tampak lebih kotor dan mengganggu.

Banyaknya varian bahan kursi mobil tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kursi bahan kain memiliki kekurangan yaitu mudahnya muncul jamur ketika cuaca lembab.

Tanpa adanya cover kulit pada bagian jok bahan kain, tentu muncul noda yang bisa menimbulkan jamur. Karena jamur akan mudah tumbuh dari noda makanan maupun minuman yang menempel pada jok.

Apalagi didukung dengan cuaca yang lembab, tentu kursi mobil jamuran mudah terjadi. Sebagai pemilik mobil, Anda harus tahu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Baca Juga : Hidrolik Pintu Mobil, Cara Perawatan dan Ciri-Ciri Kerusakannya 

Cara Mudah Mengatasi Kursi Mobil Jamuran

Memiliki kendaraan menjadi salah satu hal yang bisa membantu aktivitas seseorang ketika hendak keluar rumah. Adanya mobil memang cukup membantu. Hanya saja, perawatan menjadi suatu hal yang harus Anda persiapkan.

Pastikan mobil memiliki komponen yang bagus dan terawat. Itulah alasan mengapa merawat mobil menjadi salah satu hal wajib yang harus diperhatikan.

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat mobil yang tidak terawat akan mengakibatkan performanya menurun. Sehingga masalah atau kendala yang bisa terjadi akan semakin besar.

Misalnya perawatan pada bagian interior, eksterior, hingga mesin. Salah satu yang sering muncul masalah yaitu pada bagian interiornya.

Jok mobil atau kursi memiliki peran yang cukup penting guna memberikan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang. Saat kondisinya kotor atau bahkan jamuran, tentu mengganggu kenyamanan Anda.

Jamur memang bisa saja muncul ketika Anda tidak melakukan perawatan secara tepat. Bahkan kotoran dan debu yang menempel pada bagian kursi bisa menimbulkan munculnya jamur.

Baca Juga : Kekentalan Oli untuk Mobil Tua Ternyata Mempengaruhi Performa Mesin

Agar hal ini bisa hilang secara total, ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana mengatasinya dengan tepat. Berikut ini ada beberapa tips mudah mengatasi kursi mobil jamuran.

Siapkan Peralatan

Sebelum Anda melakukan langkah untuk membersihkan kursi mobil yang berjamur, pastikan peralatan lengkap. Ada beberapa peralatan yang harus Anda persiapkan, antara lain:

  • sikat berbulu halus
  • cairan pemutih pakaian
  • vacuum cleaner
  • cairan pembersih all purpose cleaner
  • kain microfiber
  • masker
  • sabun cuci piring
  • sponge cuci piring.

Vacuum Cleaner dan Sikat Berbulu Halus

Banyak cara mudah yang bisa Anda lakukan ketika mengatasi kursi mobil jamuran. Seperti, gunakan vacuum cleaner dan sikat berbulu halus.

Namun sebelum Anda melakukannya, sebaiknya gunakan masker untuk menutup hidung. Sehingga debu dan bau jamur yang menyengat tidak masuk.

Buka semua pintu mobil ketika Anda hendak membersihkan interiornya. Sedot debu pada kursi mobil dan area sekitarnya dengan vacuum cleaner.

Baca Juga : Kaca Mobil Buram saat Hujan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jika tidak memilikinya, bisa gunakan sikat berbulu halus dan bersihkan secara manual. Sikat jamur secara perlahan hingga bersih.

Arahkan sikat pada bagian lantai mobil agar jamur tidak jatuh kemana-mana. Jamur dan semua kotoran tidak akan menempel lagi pada kursi mobil.

Gunakan All Purpose Cleaner

Langkah selanjutnya dalam membersihkan kursi mobil jamuran yaitu semprotkan cairan khusus yang satu ini. Semprotkan cairan tersebut ke seluruh bagian jok mobil.

Setelah itu, Anda bisa ratakan menggunakan kain microfiber. Cairan ini memang dipercaya mampu mengatasi jamur hilang dengan cepat.

Cairan Pembersih Jamur

Saat Anda mendapati jika kursi mobil berjamur, sebaiknya gunakan cairan pemutih pakaian dengan sabun cuci piring. Cara ini dipercaya mampu mengatasi jamur dengan aman.

Campur kedua cairan tersebut dan gosok bagian permukaan jok secara perlahan. Gunakan spons cuci piring dan gosok hingga bersih. Pastikan Anda menggosoknya pada satu arah agar tidak merusak tekstur kain kursi mobil.

Gunakan Microfiber

Cahaya matahari yang menyinari akan membantu mengeringkan kursi mobil. Namun Anda harus membersihkan menggunakan kain microfiber. Sehingga tekstur kursi mobil jamuran tidak akan berubah. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -