Selasa, November 30, 2021
BerandaBerita TerbaruLagu Hymne Guru, Simak Sejarah Awal Mula dan Tema Tahun Ini

Lagu Hymne Guru, Simak Sejarah Awal Mula dan Tema Tahun Ini

Lagu Hymne Guru untuk sambut perayaan Hari Guru Nasional pada 25 November 2021. Dalam berbagai instansi, sekolah, lembaga, dan lainnya pasti akan mengumandangkan tembang yang satu ini.

Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan lagu terkenal satu ini? Sejak sekolah dasar bahkan kita sudah diberikan pelajaran dan hafalan mengenai lagu ini.

Karena sebagai bentuk apresiasi dan terimakasih pada sosok yang membimbing kita. Dalam menghadapi berbagai pengetahuan baru dan arahan saat duduk dalam bangku sekolah.

Tidak hanya itu saja, guru menjadi sosok yang sangat berjasa. Ketika mempelajari banyak hal baru, tentu kita dapatkan dampingan dari guru bukan?

Baca Juga: Ismail Marzuki, Pencipta Halo-halo Bandung yang Memikat Istri dengan Lagu

Sejarah Awal Mula Penciptaan Lagu Hymne Guru

Tokoh bernama Sartono merupakan mantan guru dari Yayasan Swasta Kota Madiun, Jawa Timur. Ia merupakan pencipta lagu nasional ini.

Pada tahun 1980an lagu bertajuk Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Sosoknya sangat sederhana meski karyanya melegenda hingga saat ini.

Tempat tinggalnya terbuat dari kayu beralamatkan Jalan Halmahera Nomor 98 Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

Sartono menutup usia pada 7 tahun. Berada di RSUD Kota Madiun, Jawa Timur. Tepatnya pada 1 November tahun 2015 silam.

Baca Juga: Hindari Kerumunan, MTQ ke-44 di Ciamis Dilaksanakan Secara Zonasi

Penggunaan Lagu Hymne Guru

Lagu ini biasanya ada setiap upacara biasa. Bahkan ketika dalam peringatan Hari Guru Nasional, tepatnya setiap 25 November.

Hal ini sebagai bentuk dari rasa terimakasih kepada guru dan seluruh karyawan yang ada di lingkup pendidikan. Karena tanpa mereka, kita belum tentu bisa sampai pada titik ini.

Mereka membantu kita membuka jendela ilmu yang lebih luas. Melihat dunia dengan kacamata yang jelas.

Baca Juga: Peraih Emas di Peparnas Papua Asal Kota Banjar Disambut Bak Pahlawan

Tema Hari Guru Nasional 2021

Tahun ini perayaan hari guru menggunakan tajuk Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan. Menjadi perayaan ke-76 sejak pertama kali ditetapkan.

Hal ini tentu jadi perhatian banyak orang, termasuk yang masih bersekolah. Pasalnya, biasanya akan ada upacara secara langsung yang terselenggara untuk hal seperti ini.

Dalam rangka memberikan penghormatan dan penghargaan atas jasa guru. Mereka mengajar hingga hari ini, mencetak generasi emas yang akan meneruskan masa depan negara.

Kita pasti sudah mengetahui bahwa perayaan seperti ini menjadi penting. Tidak hanya sebagai penghormatan guru memberikan tanpa pamrih pada anak didiknya.

Bahkan terkadang guru bisa mengabdikan ke banyak tempat terpencil demi bisa memberikan pendidikan edukasi kepada yang membutuhkan.

Lagu Hymne Guru sebagai pengingat untuk kita, baik saat masih menjadi murid atau sudah lulus. Apapun yang kita pahami hingga saat ini bermula ketika kita bisa berbicara lancar dan membaca dengan mudah.

Pemahaman ini datang dari pengetahuan yang guru berikan. Jadi, jangan sampai menjadi kacang yang lupa kulitnya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -