Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruLayar iPhone Hitam Sebelah, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

Layar iPhone Hitam Sebelah, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi!

Layar iPhone hitam sebagian sering terjadi. Beberapa pengguna iPhone mungkin pernah mengalami masalah, di bagian layar perangkat yang mereka gunakan tiba-tiba meredup atau menjadi gelap.

Baik sebelah atau pada bagian tertentu saja. Hal ini dapat terjadi dengan beberapa faktor. Pada umumnya karena adanya bug atau kesalahan pada sistem atau iOS, sehingga akan ada pertanda masalah pada bagian layar ponsel.

Namun Anda tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara yang dapat Anda jadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga: Membuat Wallpaper Layar Kunci Bergerak di HP Android dan iPhone

Cara Atasi Layar iPhone Hitam Sebagian

Layar iPhone dengan warna hitam sebagian atau sebelah seringkali menjadi masalah yang dialami oleh para pengguna iPhone. Bahkan dengan keadaan tersebut, para pengguna pun sering merasa khawatir akan perangkat yang mereka gunakan.

Hal yang cukup mereka khawatirkan adalah apabila terdapat kerusakan berat pada perangkat iPhone yang mereka gunakan. Akan tetapi, masalah ini sebenarnya tidak perlu terlalu Anda khawatirkan.

Karena kerusakan tentu tergantung dengan suatu hal yang menyebabkan. Apakah masalah tersebut dapat Anda perbaiki sendiri atau harus pengguna bawa ke tempat service iPhone.

Penyebab dari munculnya masalah layar pada perangkat iPhone yang tiba-tiba menjadi hitam sebagian atau sebelah adalah akibat dead pixel.

Dead pixel merupakan masalah yang terjadi pada layar akibat gagalnya dioda yang terdiri dari tiga warna yaitu hijau, merah, serta biru. Hal ini sering kita kenal dengan istilah RGB. Apabila ketiga warna tersebut pada dioda mengalami kegagalan, maka hal yang dapat terjadi adalah dead pixel.

Baca Juga: Fitur Autocorrect di iPhone, Bagaimana Menonaktifkan dan Alasannya!

Ubah Mode Zoom Layar

Cara atasi layar iPhone hitam sebagian pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah mode Zoom pada layar. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengubah mode zoom layar antara lain :

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Selanjutnya klik pada “Tampilan & Kecerahan”
  3. Lihat dan ubah dari Standar ke Diperkecil atau sebaliknya.
  4. Langkah berikutnya tap “Atur > Gunakan diperkecil/diperbesar.
  5. Apabila sudah, maka Anda dapat kembalikan lagi pada menu Standar kemudian tap kembali Atur > gunakan Standar, kemudian lihat hasilnya.

Force Restart iPhone

Langkah untuk atasi layar iPhone hitam sebelah pada perangkat yang Anda gunakan adalah dengan melakukan restart atau force restart. Ini merupakan proses yang dapat Anda lakukan untuk memulai ulang sistem pada perangkat iPhone Anda yang sedang mengalami suatu masalah.

Jika terjadi adanya masalah karena adanya bug pada sistem, maka dengan melakukan restart perangkat kita harapkan dapat memperbaiki masalah yang sedang terjadi. Salah satunya layar iPhone hitam sebagian atau sebelah.

Untuk melakukan restart pada perangkat iPhone, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan mematikan iPhone. Selanjutnya nyalakan kembali perangkat tersebut.

Terdapat pula beberapa cara praktis dan cepat untuk merestart iPhone bahkan pada saat iPhone tidak dapat merespon apapun. Namun langkah praktis ini memiliki cara yang berbeda pada masing-masing tipe iPhone.

Nonaktifkan Kecerahan Otomatis Layar

Menonaktifkan kecerahan otomatis pada layar dapat menjadi solusi lain untuk mengatasi layar iPhone hitam sebelah atau sebagian. Langkah ini dapat mencegah adanya bug pada fitur kecerahan otomatis.

Adapun langkah yang dapat Anda lakukan untuk menonaktifkan kecerahan otomatis pada layar dapat Anda lakukan dengan cara masuk dalam menu Pengaturan. Selanjutnya klik Aksesibilitas dan pilih Layar & Ukuran Teks. Lalu Anda dapat melihat hasilnya.

Baca Juga: Ganti Ukuran Huruf WhatsApp di iPhone, Solusi Kirim Pesan yang Nyaman

Reset Pengaturan iPhone

Cara untuk atasi layar iPhone hitam sebagian selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan reset ulang pengaturan iPhone. Cara ini dapat Anda lakukan dengan buka aplikasi dengan menuju pengaturan perangkat.

Selanjutnya pilih “Umum > transfer atau atur ulang iPhone”. Kemudian Anda dapat pilih menu atur ulang pengaturan.

Solusi terakhir untuk dapat mengatasi masalah layar iPhone hitam sebagian adalah dengan membawa perangkat tersebut ke service Apple center bagi ponsel yang masih mempunyai garansi tentunya.

Namun bila masalah ini terjadi pada perangkat iPhone lama, maka solusi terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mengganti layar dengan yang baru. (R10/HR-Online)