Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruLisplang Rumah Sederhana, Definisi, Fungsi Hingga Jenisnya

Lisplang Rumah Sederhana, Definisi, Fungsi Hingga Jenisnya

Lisplang rumah sederhana mampu menambah nilai estetika pada tempat tinggal. Setiap orang tentu memiliki rumah yang nyaman dan indah dengan desain menarik.

Tidak sedikit dari mereka mengeluarkan banyak biaya hanya untuk mendapatkan rumah idaman. Mengingat rumah menjadi tempat tinggal, tentu Anda harus memikirkan agar bisa membuatnya terasa lebih nyaman.

Dengan begitu, rumah bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Tidak hanya dari konsep, desain rumah, bahan bangunan, hingga lokasi yang memiliki peran untuk bisa mendapatkan rumah terbaik.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket yang Perlu Anda Tahu

Masih banyak hal untuk Anda perhatikan agar rumah terlihat bernilai estetika tinggi. Salah satunya dengan penggunaan lisplang. Mungkin sebagian besar orang justru tidak tahu apa itu lisplang dan fungsinya.

Padahal dengan adanya komponen yang satu ini, akan membantu rumah terlihat lebih rapi dan menarik. Bagi Anda yang masih belum paham apa itu lisplang rumah sederhana, berikut penjelasannya.

Mengenal Lisplang Rumah Sederhana

Setiap orang tentu menginginkan tempat tinggal dengan nilai estetika tinggi. Hal ini bisa dilihat dari berbagai sisi rumah. Dengan memilih konsep yang tepat, tentu membuat rumah tampil enak dipandang.

Salah satunya yaitu penggunaan lisplang. Lisplang itu sendiri adalah salah satu material bangunan yang mampu mempercantik rumah.

Biasanya komponen ini berfungsi untuk menutup bagian atas rumah agar tampak lebih menarik. Sehingga rumah akan tampak lebih rapi ketika dipandang dari arah bawah.

Baca Juga: Cara Membuat Kamar Agar Sejuk Secara Alami Tanpa Menggunakan AC

Sebenarnya fungsi dari lisplang cukup penting untuk bangunan. Sayangnya, pemilik rumah masih banyak yang belum memperhatikannya. Padahal jika dilihat secara detail, lisplang memiliki peran yang cukup penting.

Fungsi Lisplang pada Bangunan

Setelah Anda tahu akan lisplang, berikut ini ada penjelasan tentang fungsinya. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan penggunaannya saat ini.

Ada dua sisi yang bisa Anda lihat dari fungsi lisplang. Lantas apa sebenarnya fungsi lisplang rumah sederhana? Berikut penjelasannya,

1. Dilihat dari Segi Estetika

Fungsi dari lisplang yang pertama bisa Anda lihat dari segi estetika. Fungsi lisplang rumah sederhana yaitu membuat ruangan rumah tampak lebih rapi.

Bahkan lisplang banyak disebut sebagai salah satu aksesoris rumah untuk membuat tempat tinggal tampak lebih maksimal. Pemasangan dan pemilihan ukuran lisplang pun tidak bisa sembarangan.

Hal ini bertujuan agar fungsinya bisa tepat. Sebab setiap rumah memiliki kebutuhan lisplang yang tidak sama. Dilihat dari nilai estetikanya, Anda bisa memilih lisplang sesuai konsep rumah. Apalagi saat ini banyak sekali jenis lisplang yang ada di pasaran.

2. Fungsi dari Segi Konstruksi

Jika Anda lihat dari segi konstruksi bangunan, lisplang rumah sederhana juga berperan penting. Material bangunan satu ini berfungsi untuk membentuk rigid yang berasal dari susunan kaso.

Dengan menggunakan papan tepi ini, maka membuat ujung atap tampak lebih rapi. Bahkan mampu melindunginya dari panas dan hujan.

Hal ini mampu mengurangi risiko rumah rusak karena terkena hujan dan sinar matahari. Selain itu, lisplang juga berfungsi sebagai pemisah ruang. Sehingga bagian bangunan ini digunakan untuk atap rumah berbentuk segitiga.

Jenis-Jenis Lisplang Rumah Sederhana

Karena permintaan lisplang saat ini sudah cukup banyak, membuat produksinya juga semakin meningkat. Ada banyak jenis lisplang yang bisa Anda dapatkan.

Anda bisa memilih tipenya sesuai dengan konsep bangunan. Agar tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa penjelasan tentang jenis-jenis lisplang:

Lisplang Kayu Motif

Memilih lisplang rumah sederhana bisa berdasarkan jenis bahan kayu. Anda bisa memilih lisplang kayu motif untuk menambah nilai estetika pada rumah. Jenis papan yang satu ini cocok untuk rumah berkonsep tradisional.

Baca Juga: Kamar Mandi Keramik Sederhana Tetap Dapat Terlihat Estetik

Sehingga rumah akan tampak lebih mewah dan unik. Anda bisa memilih desain motif terbaik dari sentral pengrajin berkualitas. Pilih motif yang tepat sesuai konsep rumah itu sendiri.

Lisplang Beton

Pada jenis lisplang yang kedua ini biasanya untuk rumah bergaya mewah modern. Bahkan biaya pemasangannya pun cukup ekonomis jika Anda bandingkan dengan jenis kayu.

Meski demikian, durabilitas lisplang beton baik untuk talang air hujan. Ada dua varian yang bisa Anda dapatkan, yaitu motif dan polos.

Semua bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Sama seperti lisplang rumah sederhana jenis kayu, juga hadir dengan 2 pilihan yaitu motif dan polos. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -