Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penurun Kolesterol, Ini Rekomendasi Terbaik!

Makanan Penurun Kolesterol, Ini Rekomendasi Terbaik!

Mengonsumsi makanan penurun kolesterol bisa menjadi solusi terbaik buat Anda yang mengalami gangguan masalah tersebut. Selain rasanya yang lebih enak ketimbang minum obat, makanan ini juga bisa menjadi pilihan menu sehat yang baik.

Kolesterol merupakan salah satu momok yang menakutkan yang memang banyak dihindari oleh sebagian besar orang.

Karena dengan kadar kolesterol yang tinggi akan berpotensi menyebabkan berbagai risiko penyakit dalam tubuh anda.

Namun yang perlu kita ketahui adalah bahwa kolesterol ini sendiri terbagi menjadi dua jenis. Masing-masing adalah kolesterol jahat atau LDL yang memang mesti kita hindari.

Satunya lagi adalah HDL atau kolesterol baik yang tidak merugikan tubuh Anda. Ternyata untuk kolesterol jahatlah yang merupakan penyebab terjadinya risiko pengapuran dan pengerasan dinding pada pembuluh darah Anda.

Kondisi ini yang akan meningkatkan risiko terjadinya pembuluh darah menjadi menyempit. Bahkan, pPenyempitan pembuluh darah akan menghalangi aliran darah.

Sehingga bisa menyebabkan terjadinya sejumlah gangguan jantung, seperti jantung koroner. Berbagai penyakit mematikan juga berawal dari gangguan pembuluh darah.

Baca Juga : Obat Herbal Penurun Kolesterol yang Ampuh Mencegah Kardiovaskuler

Ragam Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi ada sejumlah langkah yang bisa kita lakukan. Salah satunya bisa dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang terbaik.

Nah, berikut ini berbagai ragam makanan penurun kolesterol tinggi yang bisa Anda pilih. Dengan mengonsumsinya secara rutin akan bisa menurunkan dan membuat stabil kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain dengan asupan nutrisi dari bahan-bahan makanan yang baik, anda juga perlu untuk melakukan olahraga secara teratur.

Hal ini penting untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan membakar lemak dalam darah anda.

Oatmeal

Bubur gandum atau yang lebih sering kita kenal sebagai oatmeal ini memang memiliki peranan yang berguna untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

Baca Juga : Minuman Penurun Gula Darah, Ini Resep yang Mudah Dibuat

Hal ini karena makanan ini mengandung serat yang cukup tinggi. Serat inilah yang akan membantu penyerapan kolesterol dalam darah Anda, sehingga tidak terjadi penumpukan kolesterol.

Karena itu, rutin mengonsumsi bubur gandum ini akan membantu anda dalam menurunkan kolesterol menjadi lebih stabil.

Yoghurt

Makanan penurun kolesterol lainnya yang juga baik adalah yoghurt. Kandungan yoghurt ini terkenal kaya akan protein yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah Anda.

Selain itu, dalam yogurt ini juga mengandung banyak mikroorganisme yang juga berperan aktif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. Anda bisa mengonsumsi minuman ini secara berkala untuk menjaga kolesterol Anda.

Coklat

Kandungan antioksidan berupa flavonoid yang ada dalam coklat ini sendiri, merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga : Manfaat Biji Alpukat Ampuh Turunkan Kolesterol hingga Cegah Kanker

Selain itu, coklat juga merupakan salah satu bahan makanan yang bisa membantu dalam melepaskan stress dan juga menjaga tubuh dari resiko ketegangan, yang akan membuat tekanan darah menjadi naik.

Kacang-kacangan

Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang bisa anda gunakan untuk menjaga kadar kolesterol jahat naik dalam darah anda.

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang-kacangan ini akan bermanfaat sebagai salah satu sebagai bahan makanan alami yang baik. Serta bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa anda pilih dan konsumsi antara lain seperti kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai, dan lainnya. Konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan jantung Anda

Buah Jeruk

Makanan penurun kolesterol yang juga bisa Anda pilih adalah buah jeruk. Bahan alami ini bisa membantu dalam difortifikasi dengan sterol atau stanol. Hal ini berguna karena bisa menyerap pertumbuhan kolesterol dalam darah anda.

Selain itu, makanan ini juga akan membantu dalam menahan penyerapan kadar kolesterol dalam darah Anda.

Dengan memakannya langsung, Anda juga bisa mengolahnya menjadi minuman jus jeruk yang menyegarkan.

Ada berbagai jenis jeruk yang bisa Anda pilih. Seperti lemon, jeruk nipis, dan jenis buah jeruk lainnya. Bahan makanan dari buah ini berguna untuk membantu menyerap kolesterol jahat dalam darah.

Demikian berbagai jenis makanan penurun kolesterol yang bisa menjadi rekomendasi terbaik yang bisa Anda manfaatkan.

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah penting untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. (R11/HR-Online/Editor-Eva)