Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Batu Ginjal yang Digemari Banyak Orang!

Makanan Penyebab Batu Ginjal yang Digemari Banyak Orang!

Makanan penyebab batu ginjal sangatlah berbahaya. Jika Anda selalu mengonsumsi makanan tersebut, maka risiko batu ginjal juga akan semakin besar. Untuk itu, Anda harus mencoba menghindari makanan pantangan tersebut.

Dari namanya saja mungkin Anda sudah tahu jenis penyakit apa ini. Ya, batu ginjal adalah jenis penyakit yang menyerang ginjal.

Sedangkan ginjal sendiri merupakan satu dari beberapa organ penting lainnya dalam tubuh. Ketika ginjal bermasalah, maka sudah pasti tubuh Anda tidak akan bisa bekerja dengan normal.

Baca Juga: Makanan Penyebab Sakit Ginjal Ini Perlu Anda Batasi Konsumsinya!

Berbagai Makanan Penyebab Batu Ginjal

Tubuh manusia terdiri atas berbagai organ. Setiap organ tersebut juga pastinya memiliki fungsi dan manfaat tersendiri.

Seperti organ ginjal misalnya. Setiap manusia normalnya memiliki 2 buah ginjal di dalam tubuhnya.

Ginjal sangat tubuh butuhkan agar bisa bertahan hidup. Fungsi utama dari organ tubuh satu ini adalah untuk membersihkan darah dari senyawa beracun sebelum mengalir ke seluruh tubuh.

Setelah itu, hasil saringan tersebut akan tubuh keluarkan melalui urine. Itulah kenapa, ginjal menjadi salah satu organ vital di dalam tubuh.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa ada penyakit yang menyerang ginjal. Salah satunya adalah batu ginjal.

Apakah Penyakit Batu Ginjal Itu Berbahaya?

Penyakit batu ginjal memiliki istilah medis sebagai nefrolitiasis. Batu ginjal termasuk jenis gangguan yang sering terjadi dan dialami cukup banyak orang.

Penyakit ini dapat terjadi karena sejumlah faktor yang bisa menyebabkan mineral dan gerak di dalam ginjal mengeras. Salah satu faktornya adalah mengonsumsi terlalu banyak makanan penyebab batu ginjal.

Saat terjadi pengerasan pada saluran kemih, maka penderita akan merasa sakit terutama saat buang air kecil.

Baca Juga: Pantangan Makanan untuk Pasien Cuci Darah yang Buruk Bagi Ginjal

Penyakit Batu Ginjal Tidak Boleh Makan Apa?

Di samping faktor lainnya, asupan makanan yang tidak sehat sebenarnya sangat mempengaruhi kondisi tersebut. Berikut ini beberapa makanan yang harus Anda hindari:

  1. Daging merah dari hewan. Ini karena nutrisinya bisa menyebabkan pengendapan dan pengerasan asam urea.
  2. Segala jenis kacang-kacangan seperti walnut, kacang kotor, mete, almond, dan bahkan kacang tanah karena mampu menyebabkan pembekuan mineral.
  3. Keju juga termasuk makanan yang harus Anda hindari meski sangat lezat.
  4. Oatmeal merupakan makanan olahan gandum yang bagus untuk diet. Sayangnya, oatmeal mengandung zat sistin cukup tinggi yang bisa menyebabkan terjadinya pengendapan dan membentuk baju ginjal.
  5. Sosis juga menjadi makanan penyebab batu ginjal, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.
  6. Buang belimbing memiliki rasa asam yang cukup tinggi dan bisa menyebabkan penumpukan urea serta memicu pengerasan mineral di saluran kemih.
  7. Bayam, meski bernutrisi tetapi mengonsumsinya terlalu banyak bisa menyebabkan mineral oksalat mengeras dan menyebabkan batu ginjal.
  8. Ikan laut, terutama salmon, bandeng, sarden, kakap, atau ikan teri.
  9. Pemanis buatan dari makanan dan minuman instan harus Anda hindari karena bisa merusak fungsi ginjal dan bahkan gangguan kesehatan.
  10. Garam mengandung banyak natrium dan sodium, sehingga mengonsumsinya terlalu berlebihan menyebabkan darah tinggi dan pengendapan mineral urea yang membentuk batu ginjal.
  11. Kopi dan minuman berkafein karena meningkatkan sekresi kalsium dalam urin dan menyebabkan pembentukan batu ginjal.
  12. Minuman bersoda atau berkarbonasi karena mengandung fosfat yang tinggi.

Baca Juga: Makanan Penyebab Gagal Ginjal, Kenali dan Batasi Konsumsinya

Batu Ginjal Bagus Makan Apa?

Meski makanan penyebab batu ginjal yang harus dihindari cukup banyak, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa memakan apapun. Sebab, masih banyak makanan atau minuman yang tidak mengancam ginjal.

Mengonsumsi makanan-makanan tersebut juga bisa membuat tubuh tetap bugar. Nah, berikut ini 5 makanan dan minuman yang bagus untuk penderita batu ginjal:

  • Air putih. Saat tubuh kekurangan air, maka urin akan mengendap dan membentuk kristal yang menyebabkan batu ginjal, jadi minumlah air putih yang cukup.
  • Brokoli. Beberapa kasus batu ginjal karena kelebihan kalsium, jadi Anda bisa mengonsumsi brokoli yang rendah kalsium dan tinggi oksalat.
  • Produk susu. Produk susu ini sebenarnya bisa menjadi pilihan karena memiliki kalsium rendah.
  • Buah sitrus seperti jeruk dapat menjadi pilihan buah untuk para penderita batu ginjal karena asam sitrat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi batu ginjal.

Anda pastinya juga tetap bisa mengonsumsi makanan penyebab batu ginjal tersebut asal tidak berlebihan dan masih menjalankan gaya hidup sehat. (R10/HR-Online)