Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Sumber Kalsium Selain Susu, Ini Pilihan yang Terbaik!

Makanan Sumber Kalsium Selain Susu, Ini Pilihan yang Terbaik!

Makanan sumber kalsium selain susu ternyata cukup banyak pilihannya. Apalagi kebanyakan orang Indonesia sering alergi atau merasa enek jika harus minum susu setiap hari.

Karena itu beberapa jenis makanan ini bisa menjadi alternatif terbaik. Susu menjadi salah satu sumber nutrisi dan kebutuhan pokok manusia yang sangat penting.

Hal ini karena gizi dan nutrisi yang terkandung dalam minuman ini yang sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Selain kaya dengan kandungan gizi, fungsi minum susu yang paling utama adalah dalam pembentukan tulang dan gigi.

Bukan hanya anak-anak, tetapi orang dewasa juga membutuhkan asupan kalsium dan gizi dari susu.

Apalagi jika kita sudah berumur lebih dari 40 tahun, asupan susu menjadi sangat penting untuk mencegah osteoporosis.

Baca Juga : Penyebab Kekurangan Kalium dan Dampaknya yang Bisa Berbahaya

Namun tahukah Anda jika ada sejumlah makanan sumber kalsium selain susu yang juga bisa menjadi alternatif?

Memelihara kesehatan tulang dan gigi sangat penting. Untuk dapat menjaganya antara lain dengan mencukupi asupan kalsium dari susu dan vitamin D.

Fungsi kalsium dan vitamin D saling mendukung untuk menguatkan tulang dan gigi. Kalsium berguna sebagai pendukung tulang dan gigi.

Sedangkan vitamin D bermanfaat agar proses penyerapan kalsium oleh tubuh berlangsung optimal. Karena itulah asupan kalsium dan vitamin D sebaiknya berjalan beriringan.

Saran terbaik untuk mengonsumsi susu adalah setiap hari. Jika kita mendapatkan asupan 8 ons susu rendah lemak, maka kita akan mendapat masukan 90 kalori yang akan memasok 30 persen dari kebutuhan kalsium harian kita.

Akan menjadi masalah jika kita berdiet. Susu memang bisa membuat tubuh kita menjadi gemuk. Namun mengonsumsi susu rendah lemak tidak berarti dengan menghilangkan seluruh kadungan lemak dan kalori yang ada.

Itulah mengapa seseorang yang melakukan diet justru cenderung akan mengalami kekurangan kalsium.

Baca Juga : Gizi untuk Tumbuh Kembang Bayi, Orang Tua Wajib Tahu

Daftar Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

Bagi sebagian orang yang alergi dengan laktosa, konsumsi susu juga menjadi suatu masalah. Kita tidak harus kuatir karena kita bisa menemukan berbagai macam makanan sumber kalsium selain susu berikut ini.

Ikan Sarden dan Salmon

Selain tinggi protein, gizi dan nutrisi, kedua ikan ini sangat kaya akan kalsium dan vitamin D. Ikan sarden sangat kaya akan kedua zat berguna tersebut. Ikan-ikan kecil ini biasa kita dapatkan dalam bentuk kalengan.

Akan sangat bermanfaat pula jika kita dapat mengkonsumsi ikan sarden segar untuk manfaat yang lebih tinggi. Ikan salmon sangat terkenal dengan kandungan omega 3 yang cukup tinggi.

Ternyata, ikan salmon kecil yang berukuran sekitar 3 ons mengandung vitamin D yang cukup banyak. Kandungan vitamin D dalam salmon kecil dapat memenuhi lebih dari 100 persen dari kebutuhan vitamin D harian kita.

Dengan mengkonsumsi ikan salmon, kita tidak hanya memperkuat tulang dan gigi, tetapi juga menyehatkan jantung.

Selain itu, jenis ikan sebagai makanan sumber kalsium selain susu yang dapat menjadi pilihan Anda adalah ikan tuna.

Baca Juga : Makanan Terbaik di Dunia, Biji Chia dengan Beragam Manfaat Sehat

Telur untuk Vitamin D

Telur mengandung 6 persen total kebutuhan harian vitamin D kita. Kandungannya memang tidak sebanyak sarden atau salmon, tetapi telur sangat mudah untuk kita dapatkan dan olah menjadi berbagai makanan.

Karena itu telur bisa menjadi pilihan yang baik. Apalagi kandungan vitamin D yang tinggi terdapat pada bagian kuning telur.

Meskipun kuning telur identik dengan kolesterol, tetapi bagian tengah telur ini menjadi salah satu sumber alami vitamin D dan mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh.

Bayam dan Jus Jeruk

Pilihan makanan sumber kalsium selain susu lainnya adalah sayur bayam dan buah jeruk. Selain mengandung zat besi, bayam juga mengandung banyak kalsium.

Jika kita menghindari susu, maka bayam dapat menjadi alternatif terbaik. Satu cangkir bayam dapat memenuhi sekitar 25 persen kebutuhan kalsium harian kita.

Tentu saja ada banyak bonus yang akan kita terima dengan mengonsumsi makanan ini. Seperti kandungan serat, zat besi, vitamin A, dan lain sebagainya.

Kebanyakan sayuran berdaun hijau mengandung kalsium. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsinya.

Untuk buah, jeruk sangat baik sehingga menjadi rekomendasi terbaik. Bukan hanya kalsium, tetapi juga berbagai macam vitamin dan antioksidan dapat kita peroleh dari buah jeruk.

Demikianlah beberapa jenis makanan sumber kalsium selain susu yang perlu masuk dalam menu makanan harian Anda.

Selain mencukupi kebutuhan kalsium tubuh, kandungan nutrisi lainnya juga baik untuk menjaga kesehatan kita. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -