Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan untuk Kesehatan Mata yang Enak dan Murah

Makanan untuk Kesehatan Mata yang Enak dan Murah

Makanan untuk kesehatan mata sebenarnya cukup banyak pilihannya. Baik jenis buah, sayuran, hingga makanan hewani. Mengenal jenis dan ragam makanan ini penting agar Anda bisa mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan indra penglihatan.

Seperti yang kita ketahui bahwa mata adalah bagian dari anggota tubuh yang berperan sangat penting. Tanpa adanya mata kita semua tidak akan pernah melihat.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang tidak ternilai harganya. Banyak cara dalam menjaga kesehatan mata agar tetap sehat yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dari jenis makanan tersebut.

Ada beberapa jenis makanan yang baik dan bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi makanan ini juga berguna untuk melindungi indra penglihatan dari banyak gangguan.

Beberapa jenis gangguan biasanya mengganggu indera penglihatan. Secara umum, gangguan ini antara lain seperti mata katarak, mata rabun, mata minus, dan lain sebagainya.

Makanan untuk Kesehatan Mata Terbaik

Banyak jenis makanan yang sangat baik untuk tubuh, termasuk untuk mata. Sudah sepantasnya menjaga pola makan dengan baik agar indra penglihatan tetap normal dan terjaga kesehatannya.

Baca Juga : Jangan Mengucek Mata, 5 Bahaya Ini Mengintai Kesehatanmu!

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya kita konsumsi secara rutin guna menjaga kesehatannya. Nah, berikut ini rekomendasi makanan untuk kesehatan mata yang bisa Anda pilih.

Biji Bunga Matahari

Camilan dari biji bunga matahari atau sering disebut kuaci memang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Hal ini karena kuaci mengandung vitamin E, selenium, dan zinc yang mampu mencegah gangguan mata dari masalah mata katarak serta gangguan mata penyebab faktor usia.

Tak hanya itu, kandungan biji matahari yang kaya akan vitamin B2 rupanya dapat mengatasi penyakit sensitivitas mata terhadap cahaya atau photophobia.

Wortel

Jenis makanan untuk kesehatan mata lainnya yang cukup popular adalah wortel. Jenis sayuran yang satu ini sangat baik Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Hal ini lantaran buah sayuran kaya akan kandungan berupa beta-karoten. Senyawa ini mampu berperan dalam mengubah menjadi vitamin A, sehingga dapat berperan untuk kesehatan mata agar tetap normal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mata Minus dengan Bahan Alami

Selain itu, wortel yang berwarna orange kemerah-merahan ini juga bermanfaat dalam melepaskan radikal bebas yang menyerang tubuh manusia.

Telur

Telur juga merupakan makanan untuk kesehatan mata yang sangat direkomendasikan. Karena telur mengandung unsur nutrisi yang baik bagi kesehatan mata.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam telur antara lain vitamin A, vitamin D, B12, lutein, cysteine, dan zinc.

Lutein dan Zeaxanthin yang terdapat dalam putih telur merupakan antioksidan terbaik yang mampu mencegah proses degenerasi makular maupun penyakit katarak.

Mengonsumsinya secara berkala akan melindungi mata dari risiko katarak dan penyakit mata lainnya. 

Buah Tomat

Satu lagi buah tomat yang sering kali diaplikasikan untuk merawat kesehata kulit wajah, ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan mata.

Baca Juga : Sayuran yang Kaya Zat Besi dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Pasalnya buah tomat diperkaya oleh vitamin A, vitamin C, dan Lycopene. Ketiga unsur tersebut merupakan tiga nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh mata.

Ikan Salmon

Jenis makanan untuk kesehatan mata yang juga wajib masuk dalam menu makanan Anda adalah ikan salmon.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika ikan ini memiliki banyak kandungan omega-3 daripada jenis ikan laut lainnya.

Bahkan ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa, seseorang yang rutin mengonsumsi asam lemak omega-3 memungkinkan terhindar dari gangguan mata kering.

Karena itu agar mata kita akan tetap sehat dan penglihatan normal, sebaiknya sering-sering makan ikan salmon.

Namun dalam mengolahnya sebaiknya tidak dengan cara membakarnya agar nutrisinya tidak hilang.

Sayur Bayam

Bayam yang termasuk sayuran hijau dapat menambah energi bagi tubuh. Kandungan nutrisi di dalam bayam tidak jauh berbeda dengan kandungan telur, seperti banyak mengandung lutein dan zeaxznthin.

Tidak hanya itu, sayuran bayam juga memiliki kandungan berupa vitamin C sehingga dapat mencegah penyakit glaukoma.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan untuk kesehatan mata yang bisa Anda pilih. Mengonsumsi berbagai jenis makanan ini secara rutin dan bervariasi akan memberikan manfaat untuk menjaga mata yang sehat. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -