Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan untuk Mencegah Asam Lambung yang Efektif, Ini Pilihannya

Makanan untuk Mencegah Asam Lambung yang Efektif, Ini Pilihannya

Makanan untuk mencegah asam lambung yang efektif bisa kamu pilih agar gangguan tersebut segera terhenti. Salah satu penyakit yang sering diderita manusia adalah refluks asam lambung. Kondisi ini terjadi akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Beberapa gejala asam lambung antara lain dada terasa panas, rasa pahit pada kerongkongan, hingga rasa kembung akibat terlalu banyak gas dalam perut.

Untuk mencegah kondisi asam lambung semakin parah, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam dan lemak. Serta makanan yang pedas dan terlalu ekstrim.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini tujuh jenis makanan yang ampuh untuk mencegah naiknya asam lambung.

7 Makanan untuk Mencegah Asam Lambung yang Ampuh

Baca Juga : Penyebab Perut Panas, Kenali Makanan yang Dikonsumsi

Buah Pisang

Kandungan potasium yang tinggi dalam buah pisang sangat efektif dan ampuh untuk membantu melawan naiknya asam lambung. Bahkan pisang juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gejala sakit lambung lainnya dan rasa mulas.

Pilihlah buah pisang yang telah matang karena kalau pisang yang masih mentah justru malah memicu naiknya asam lambung.

Buah Semangka

Buah berwarna merah ini menjadi salah satu makanan untuk mencegah asam lambung karena memiliki kandungan asam rendah. Sehingga baik bagi mereka yang mengalami masalah asam lambung.

Tingginya kandungan air dalam buah semangka juga mampu mencegah naiknya asam lambung. Rutin konsumsi semangka secukupnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Buah untuk Asam Lambung yang Efektif, dari Pisang hingga Apel

Kentang

Makanan untuk mencegah asam lambung yang berikutnya adalah kentang. Jenis umbi-umbian yang satu ini akan berdampak baik bagi penderita gangguan lambung.

Manfaat kentang bagi penderita penyakit asam lambung salah satunya mengurangi gejala panas pada bagian dada.

Ada pula jenis umbi-umbian lainnya selain kentang yang baik bagi kesehatan. Kecuali umbi-umbian dari jenis bawang.

Daun Kemangi

Daun ini kerap menjadi lalapan. Tapi ternyata daun ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah asam lambung yang cukup ampuh. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, daun ini juga dapat direbus dan air rebusannya bisa diminum secara teratur.

Baca Juga : Beragam Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Buah Unik Rasa Legit

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meredakan gangguan yang terjadi pada lambung, seperti rasa mulas.

Bahan herbal yang satu ini juga dapat membantu meminimalisir asam lambung mengalir menuju ke bagian kerongkongan dan menenangkan perut.

Cara mengonsuminya pun mudah, kamu tinggal campurkan jahe ke dalam secangkir air teh, lalu minum secara teratur.

Biji Karom

Makanan untuk mencegah asam lambung yang berikutnya adalah biji karom. Ini merupakan jenis rempah India dan kerap kita temukan dalam masakan India.

Biji karom bisa menjadi obat herbal alami untuk mengatasi gangguan refluks asam lambung karena mengandung timbol biokimia dan enzim aktif.

Cara mengonsumsinya, cukup rendam biji karom dengan takaran satu sendok teh ke dalam segelas air. Lalu biarkan selama semalam, kemudian keesokan harinya baru kamu minum.

Timun

Timun memiliki sifat basa yang mampu mengatasi asam lambung tinggi. Selain itu, timun juga rendah lemak sehingga dapat meminimalisir risiko munculnya gangguan lambung lainnya.

Itulah tujuh jenis makanan untuk mengatasi asam lambung yang efektif dan ampuh. Penderita gangguan lambung wajib mengonsumsinya. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru