Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan yang Mengandung Kalium Tinggi, Ini Jenis yang Terbaik!

Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi, Ini Jenis yang Terbaik!

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Apalagi mineral ini juga berperan penting untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Potasium ternyata juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, ikut menurunkan tekanan darah. Serta mencegah terbentuknya batu ginjal.

Mineral jenis kalium ini perlu kita konsumsi secara seimbang setiap harinya. Namun jumlah kalium untuk setiap orang berbeda-beda sesuai dengan usia maupun kebutuhannya.

Jenis elektrolit dalam tubuh ini juga perlu kita jaga ketersediaannya. Kekurangan potasium bisa menyebabkan sejumlah gangguan pada tubuh. Ini karena keberadaannya penting dalam proses penyerapan nutrisi lainnya oleh tubuh.

Kalium termasuk jenis mineral yang juga penting untuk tubuh. Mineral yang populer dengan sebutan potasium ini berperan dalam mengatur kadar cairan, serta mendukung kinerja otot pada tubuh kita agar selalu sehat dan terjaga.

Tak hanya itu, manfaat kalium untuk menjaga kesehatan tubuh juga sangat besar. Fungsi mineral ini antara lain untuk memelihara fungsi saraf, mencegah kram otot, dan menjaga kepadatan tulang.

Seperti sering kesemutan atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu, sesak napas, tubuh mudah lelah, otot tubuh melemah. Atau bahkan kram, jantung berdebar, hingga memicu terjadinya konstipasi.

Baca Juga : Tips Memasak ala Chef Renatta Moeloek, Makanan Sehat nan Lezat

Jenis Makanan yang Mengandung Kalium Tinggi

Terkadang masih banyak orang yang keliru mengenal kalium dengan kalsium. Kalium sendiri merupakan salah satu jenis mineral yang memiliki peran sangat penting bagi tubuh.

Jenis mineral yang satu ini berbentuk logam lunak dengan warna putih keperakan dan termasuk kategori alkali tanah.

Karena itu, kalium juga memiliki nama sebutan lain yaitu potasium yang tentunya sudah tidak asing lagi terdengar.

Untuk mencukupi kebutuhan tubuh terhadap kalium dapat Anda peroleh dari makanan. Jika Anda penasaran, berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung kalium tinggi yang bisa Anda manfaatkan.

Buah Pisang

Salah satu makanan yang memiliki kandungan kalium tinggi adalah pisang. Dalam satu buah pisang terkandung kalium sebanyak 400 mg. Buah pisang juga memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin C.

Baca Juga : Makanan Sehat dan Bergizi agar Selalu Bugar dan Jauh dari Penyakit

Selain itu, pisang juga merupakan salah satu jenis buah yang mampu memberikan kebutuhan energi pada tubuh. Jumlah energy dari pisang bahkan lebih tinggi daripada minuman berenergi.

Buah Alpukat

Jenis makanan yang mengandung kalium tinggi lainnya adalah buah alpukat. Buah yang rasanya legit ini merupakan salah satu makanan yang populer dan paling bernutrisi daripada jenis makanan lainnya.

Dalam satu buah alpukat terkandung kalium sebanyak 975 mg sehingga sangat baik untuk tubuh. Buah ini juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin dan asam lemak baik yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Ubi Jalar

Ubi jalar menjadi salah satu jenis makanan yang banyak memiliki kandungan kalium. Dalam sebuah ubi jalar terkandung sebanyak 900 mg. Jumlah ini mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Ubi jalar sendiri ada banyak macamnya, baik yang berwarna ungu, jingga, dan putih. Namun semua jenis ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ubi jalar juga memiliki banyak kandungan vitamin.

Baca Juga : Konsumsi Makanan Sehat Ini Bikin Aroma Kentutmu Bau Busuk

Sayuran Hijau

Jenis sayuran hijau juga bisa Anda pilih sebagai salah satu jenis makanan yang mengandung kalium yang cukup banyak. Sayuran ini adalah semua jenis sayuran yang memiliki warna hijau.

Contohnya seperti brokoli, bok choy, bayam, dan berbagai jenis sayuran lainnya. Sayuran yang berwarna hijau merupakan salah satu sumber gizi yang baik karena banyak mengandung vitamin dan mineral.

Tomat Kering

Jenis makanan kelima ini juga memiliki kandungan kalium yang tinggi, yaitu tomat kering. Buah tomat yang masih segar memang sudah mengandung kalium namun kandungan kalium akan semakin meningkat ketika sudah kita masak.

Seperti dengan mengolahnya menjadi pasta tomat atau kita keringkan. Tomat kering sendiri memiliki kandungan kalium yang sangat kaya, yakni mencapai 1800 mg per-cangkirnya.

Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting bagi tubuh. Jenis mineral ini bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan yang mengandung kalium tinggi tersebut.

Namun, untuk mencegah efeknya samping sebaiknya konsumsi dengan jumlah yang cukup, jangan berlebihan. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -