Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Air Cucian Beras untuk Kesehatan Rambut Lebih Berkilau

Manfaat Air Cucian Beras untuk Kesehatan Rambut Lebih Berkilau

Manfaat air cucian beras untuk rambut agar lebih sehat dan terlihat berkilau. Perawatan rambut menggunakan air bekas cucian beras ini pertama kali dilakukan masyarakat Jepang.

Air bekas cucian beras sejak dulu memang kerap digunakan untuk merawat kulit maupun menyiram tanaman. Selain itu, air tersebut ternyata bermanfaat pula untuk perawatan rambut supaya terlihat lebih kuat dan sehat.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah khasiat lainnya dari air bekas mencuci beras untuk merawat rambut agar lebih sehat berkilau.

Beragam Manfaat Air Cucian Beras untuk Rambut

Meningkatkan Kesuburan Rambut

Baca Juga : Manfaat Jahe untuk Perawatan Rambut, Atasi Rontok Hingga Ketombe

Air bekas cucian beras bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan rambut, sehingga rambut menjadi lebih sehat dan terlihat berkilau.

Cara mengaplikasikannya, gunakan air bekas cucian beras ini setelah selesai keramas sebagai pengganti conditioner. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus melakukannya secara rutin dua kali seminggu.

Menjadikan Rambut Lebih Bercahaya

Manfaat air bekas mencuci beras yang berikutnya yaitu untuk menjadikan rambut tampak lebih bercahaya dan berkilau. Kondisi rambut yang seperti ini menjadi salah satu dambaan kaum perempuan.

Untuk mendapatkan rambut yang lebih bercahaya cukup gunakan air cucian beras dengan tambahan air mawar. Lalu bilaskan ke rambut setelah selesai keramas.

Baca Juga : Penyebab Jerawat di Kulit Kepala, Bisa Bikin Rambut Rontok

Selanjutnya tutup kepala pakai shower cap dan biarkan selama setengah jam. Jadi kamu tak perlu lagi pergi ke salon.

Mengatasi Rambut Berketombe

Mengatasi rambut yang memiliki masalah berketombe juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan air tajin. Membilas rambut dengan air tersebut dipercaya mampu menyeimbangkan kadar pH kulit kepala.

Kadar inilah yang bisa membantu mengurangi munculnya masalah ketombe pada kulit kepala dan membuat rambut menjadi tidak sehat.

Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

Manfaat air cucian beras untuk kesehatan rambut lainnya yaitu mampu mengatasi masalah rambut bercabang yang dapat mengganggu penampilan.

Baca Juga : Menghilangkan Ketombe Rambut Secara Alami, Ampuh dan Aman

Untuk mengatasi rambut bercabang, celupkan bagian ujung rambut yang bercabang ke dalam wadah berisi air bekas cucian beras selama sekitar 15 menit.

Jika sudah selesai, bilas rambut dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu perlu melakukannya secara rutin dua minggu sekali.

Membantu Menghilangkan Kutu Rambut

Buat kamu yang memiliki masalah kutu rambut bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan air cucian beras. Karena biasanya air beras tinggi akan kandungan sari patinya yang ampuh membasmi kutu rambut hingga ke larvanya.

Cara menggunakannya, bilas rambut dengan air bekas cucian beras, kemudian tutup memakai shower cap. Setelah itu biarkan selama sekitar satu jam, lalu bilas lagi dengan air yang bersih.

Itulah beberapa manfaat dari air bekas cucian beras untuk kesehatan rambut yang dapat kamu lakukan dengan mudah. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -