Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat bunga mawar bagi kesehatan ternyata tak kalah hebat dari herbal lainnya. Selama ini kita lebih mengenal dan menggunakannya untuk meningkatkan dan memelihara kecantikan. Padahal khasiat bunga mawar jauh lebih banyak.

Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang sangat populer dan banyak orang menyukainya. Karena itulah tak sedikit masyarakat kita yang menanamnya di halaman rumah untuk mempercantik lingkungannya.

Mawar termasuk ke dalam jenis tanaman genus rosa ini merupakan masuk ke tanaman berduri. Untuk warna bunganya ada berbagai macam, dari merah, ungu, pink, hingga putih.

Bunga ini umumnya kita gunakan sebagai salah satu bunga untuk mempercantik ruangan atau menambah manis suasana. Apalagi baunya yang wangi membuat manfaat bunga mawar sangat cocok untuk ruangan agar terasa lebih semerbak.

Jenis bunga ini sendiri juga merupakan salah satu simbol ungkapan hati yang banyak dan sering kita gunakan. Tapi selain itu, bunga mawar ternyata juga merupakan salah satu tanaman yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan

Menurut penelitian, bunga mawar banyak mengandung vitamin C dibagian kelopaknya. Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Seperti mengatasi sariawan hingga melembutkan kulit.

Selain itu juga terdapat beragam manfaat lainnya yang bisa anda petik dari bunga yang memiliki wangi yang sangat harum ini. Antara lain seperti bisa melancarkan peredaran darah hingga mampu menetralisir racun.

Berikut adalah berbagai manfaat bunga mawar bagi kesehatan yang perlu anda ketahui. Anda juga bisa mengolahnya sendiri untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang Anda alami.

Menyehatkan Mata

Dalam bunga mawar juga terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Nutrisi ini ternyata sangat penting dan mampu meningkatkan kolagen pada tubuh.

Kolagen pada tubuh ini sendiri berguna membantu untuk menyehatkan kesehatan mata. Jadi bunga mawar ini bisa menjadi alternatif bahan alami untuk menyehatkan kesehatan mata anda.

Mengobati Batuk Kering

Bunga mawar juga bisa menjadi salah satu bahan yang mampu mengatasi batuk kering, karena didalamnya tergantung zat anti bakteri dan juga zat yang mampu mengatasi batuk kering.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya cukup dengan menyeduh dengan air panas. Kemudian tambahkan madu agar terasa lebih nikmat. Minumlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Meringankan Sakit Kepala

Selain bisa membantu menyehatkan mata, manfaat bunga mawar juga bisa menenangkan pikiran dan sakit kepala. Hal ini karena dalam bunga mawar terkandung zat aromatheraphy.

Kandungan ini ternyata mampu dengan mudah melawan dan meringankan rasa sakit kepala dalam tubuh. Selain itu, kandungan zat aromateraphy ini mampu menenangkan anda dari ketegangan dan stres.

Menjaga Metabolisme Tubuh

Yang tak kalah menarik, khasiat bunga mawar juga bisa tidak kalah dengan buah-buahan atau sayuran. Hal ini karena bunga cantik ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Karena itu bunga mawar secara ampuh mampu mengatasi masalah dan gangguan pada system pencernaan. Sehingga akan membuat metabolisme dalam tubuh bisa terjaga.

Untuk itu Anda bisa menggunakan air mawar sebagai salah satu terapi untuk menjaga kebugaran dan imunitas tubuh anda.

Mengatasi Bengkak

Manfaat bunga mawar juga karena memiliki kandungan anti inflamasi yang sangat ampuh untuk mengatasi peradangan.

Dengan menambahkan daun sembung sebagai salah satu tambahan untuk pengobatan herbal, anda sudah bisa mendapatkan obat untuk meringankan bengkak pada tubuh.

Cara membuatnya cukup mudah. Anda perlu merebus bunga mawar dan daun sembung dengan air 600 ml. Setelah airnya mendidih tunggu hingga dingin. Setelah itu saring dan minumlah airnya secara teratur 2 kali sehari.

Melancarkan Haid

Selain mampu mengatasi gangguan batuk kering, dan masalah kesehatan lainnya, dalam bunga mawar juga terkandung zat aktif yang sangat berkhasiat untuk melancarkan haid.

Selain bisa membantu melancarkan haid, bunga mawar juga ampuh dalam mengatasi masalah keputihan pada tubuh. Kaum hawa juga banyak yang telah menggunakannya.

Demikian beberapa manfaat bunga mawar bagi kesehatan yang bisa anda coba gunakan sebagai salah satu alternatif bahan alami untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Semoga bermanfaat. (R11/HR-Online)