Jumat, November 26, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Jati untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Manfaat Daun Jati untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Manfaat daun jati untuk kesehatan tubuh mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Beberapa hasil penelitian menemukan bahwa daun dari pohon jati ini dapat dimanfaatkan sebagai makanan dan juga obat-obatan herbal.

Beberapa tahun ke belakang penggunaan obat alami cukup marak, dan salah satunya obat herbal berbahan alami dari daun jati.

Meski tidak dapat digunakan sebagai pengganti pengobatan secara medis sepenuhnya, namun daun jati bermanfaat untuk kesehatan serta meminimalisir gejala penyakit.

Tanaman tersebut banyak tumbuh pada daerah tropis seperti halnya Indonesia. Lantas, apa saja manfaatnya dari daun pohon jati ini untuk kesehatan? Merangkum dari berbagai sumber, langsung saja simak ulasan berikut ini.

10 Manfaat Daun Jati untuk Kesehatan

Membantu Mengobati Cacingan

Daun jati dipercaya bisa membantu melawan cacingan akibat infeksi parasit. Pada tahun 2011, Gururaj et al menemukan ekstrak daun jati bermanfaat sebagai obat herbal untuk cacingan.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Pisang, Mampu Menjaga Kesehatan Tubuh

Dalam penelitian tersebut melakukannya dengan cara menentukan waktu terjadinya kelumpuhan, serta kematian cacing oleh obat standar dari piperazine citrate.

Dari hasil penelitian itu terungkap bahwa daun jati mempunyai efek yang cukup ampuh melawan cacing sebagai penyebab penyakit. Sama halnya seperti piperazine citrate.

Membantu Mengurangi Gejala Penyakit Asma

Manfaat daun jati untuk kesehatan yang berikutnya yaitu untuk membantu mengurangi sekaligus mencegah gejala penyakit asma.

Pada tahun 2010, Goswami et al melakukan penelitian dengan menggunakan binatang. Dalam penelitian itu menemukan bahwa efek dari ekstrak daun pohon jati sangat signifikan sebagai obat anti asma.

Melawan Bakteri Penyebab Penyakit

Mampu melawan bakteri yang menjadi penyebab penyakit adalah salah satu manfaat daun jati untuk kesehatan.

Peneliti menemukan daun tersebut memiliki karakteristik guna melawan Listeria monocytogenes. Ini biasanya banyak terdapat dalam makanan.

Selain itu, daun jati juga dapat menghambat tumbuhnya bakteri Staphylococcus aureus, Serta bakteri penyebab infeksi lainnya.

Baca Juga : Khasiat Terapi Berjinjit untuk Kesehatan Tubuh, Patut Dicoba!

Perawatan Kulit

Manfaat daun jati untuk kesehatan yang berikutnya yaitu sebagai agen anti radang pada kulit. Anda dapat mengambil sarinya dari daun jati ini dengan cara memeras atau menggerus.

Selain itu, perasan daun tersebut juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit kulit akibat peradangan, seperti jerawat. Bahkan bisa mengatasi rasa gatal pada kulit.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Ragasa et al tahun 2008 menemukan minyak dari daun tanaman jati bisa bermanfaat untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Kemudian, Jaybhaye et al pada tahun 2009 juga menemukan biji tanaman jati bermanfaat sebagai hair tonic.

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut panjang, atau mengalami kerontokan rambut bahkan masalah kebotakan, Anda dapat memetik manfaatnya dari daun jati.

Baca Juga : Olahraga Sepeda Statis dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun jati untuk kesehatan menurut Majumdar et al pada tahun 2007 menemukan bahwa, daun jati bagian depannya bisa sebagai obat herbal penyembuh luka. Terutama luka bakar atau melepuh.

Penelitian ini melakukan evaluasi ekstrak hydrochloric daun jati dengan menggunakan tikus.

Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa daun jati bisa membantu mempercepat perbaikan jaringan dan sel-sel kulit yang rusak. Sehingga luka pun akan cepat sembuh.

Kaya akan Antioksidan

Daun jati memiliki kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas dapat menjadi penyebab penuaan dini san tumbuhnya sel kanker.

Ramachandran et al tahun 2011 menemukan komponen phenolic yang ada pada daun jati sebagai agen antioksidan. Hal tersebut sangat baik bagi tubuh.

Antijamur

Suprapta dan Astiti pada tahun 2012 menilai bahwa aktivitas antijamur yang terdapat pada ekstrak daun jati mampu melawan tumbuhnya jamur A phaeospermum.

Dalam penelitian ini, para peneliti mengambil sari dari daun jati kering. Ternyata hasilnya menunjukkan kalau daun jati ini berkhasiat mencegah tumbuhnya jamur pada tubuh.

Agen Diuretic

Daun jati juga bisa membantu diuretic yang ada dalam tubuh. Dengan begitu Anda pun akan lebih sering mengeluarkan air seni.

Menurut Phalphale yang melakukan penelitian pada tahun 2013 bahwa, aqueous extract daun jati punya efek diuretik.

Agen Laksatif

Manfaat daun jati untuk kesehatan sebagai pencahar alami atau laksatif. Daun ini mampu bekerja merangsang serta mendorong keluarnya feses dari dalam usus.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami sembelit atau susah BAB bisa mengambil manfaatnya dari daun jati ini.

Namun, jika semua keluhan tersebut masih juga tak mau reda, sebaiknya segera Anda periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru