Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Menggeliat saat Bangun Tidur Pagi Hari untuk Kesehatan

Manfaat Menggeliat saat Bangun Tidur Pagi Hari untuk Kesehatan

Manfaat menggeliat saat bangun tidur di pagi hari ternyata sangat baik buat kesehatan tubuh. Menggeliat merupakan respons tubuh saat berbaring, duduk terlalu lama, bangun tidur, dan ketika kita merasa bosan.

Beberapa manfaat dari menggeliat untuk kesehatan tubuh seperti melemaskan sendi dan otot-otot yang terasa kaku. Sehingga peredaran darah pun akan kembali lancar.

Terkadang setelah duduk atau tidur selama berjam-jam, otot-otot tubuh akan terasa tegang atau kaku. Kondisi ini bisa lebih parah lagi jika kita memiliki gaya hidup tidak sehat, jarang melakukan olahraga.

Selain itu bisa juga akibat konsumsi makanan yang tidak seimbang atau suhu ruangan yang terlalu dingin dan lainnya. Semua itu akan membuat sendi dan otot mengirimkan sinyal ke otak melalui neuron saraf untuk melakukan pelemasan atau peregangan.

Respons tersebut berupa geliat. Oleh sebab itu menggeliat berfungsi melemaskan otot dan sendi yang tegang dan kaku.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari menggeliat pada pagi hari ketika bangun tidur.

Baca Juga : Tidur Menghadap Kiblat, Salah Satu Sunnah Rasulullah SAW

Kenali 4 Manfaat Menggeliat saat Bangun Tidur untuk Kesehatan

Melancarkan Peredaran Darah

Jika kita terlalu lama berbaring atau duduk akan menyebabkan peredaran darah terhambat. Contoh misalnya penglihatan menjadi berkunang-kunang ketika beranjak bangun.

Kondisi tersebut terjadi saat peredaran darah dalam tubuh terhambat. Manfaat menggeliat saat bangun pagi bisa membantu melancarkan kembali peredaran darah serta cairan dalam tubuh.

Dengan begitu maka tubuh akan terasa lebih segar lantaran otot dan otak mendapatkan asupan oksigen yang cukup untuk beraktivitas seharian.

Baca Juga : Suka Memukul dan Menendang saat Tidur Ternyata Ini Penyebabnya

Meningkatkan Suhu Tubuh

Manfaat menggeliat saat bangun tidur yang selanjutnya yaitu membantu meningkatkan suhu tubuh. Adapun suhu normalnya tubuh manusia antara 37-38 derajat celcius.

Namun ketika tidur suhu tubuh manusia akan mengalami penurunan hingga 35 derajat celcius. Oleh sebab itu, agar suhu tubuh bisa kembali normal, otak akan memberikan rangsangan terhadap tubuh untuk menggeliat.

Karena dengan menggeliat dapat membantu menghangatkan tubuh agar terasa lebih segar lagi. Sehingga suhu tubuh pun menjadi meningkat.

Melepas Stress

Baca Juga : Efek Negatif Kurang Tidur, Kenali Akibatnya Pada Kulit Wajah

Sebuah penelitian mengenai kebiasaan menggeliat juga menemukan bahwa manfaat menggeliat saat bangun tidur pada pagi hari dapat membantu mengatasi stres.

Bukan cuma itu, menggeliat juga dapat membantu Anda mengurangi rasa gugup atau ketegangan. Hal itu karena pada saat menggeliat tubuh akan memproduksi zat endorphin.

Zat ini bisa memicu pikiran positif dan perasaan senang. Dengan begitu maka setelah menggeliat tubuh akan terasa lebih berstamina dan lebih siap menghadapi tantangan apapun saat beraktivitas.

Memacu Kemampuan Kognitif

American College of Sports Medicine menyebutkan bahwa, peregangan juga bisa meningkatkan aliran darah dalam tubuh, tidak terkecuali otak.

Saat aliran darah dalam tubuh lancar, maka tingkat konsentrasi dan ketajaman panca indra juga akan lebih meningkat lagi. Itulah empat manfaat menggeliat saat bangun pada pagi hari. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru