Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Agar Lebih Segar dan Sehat

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Wajah Agar Lebih Segar dan Sehat

Manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah bisa menjadi solusi yang efektif dan aman dalam perawatan kecantikan. Hal itu karena minyak zaitun kaya akan nutrisi lantaran terbuatnya dari perasan buah zaitun.

Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Sehingga sangat bermanfaat untuk kulit wajah jika dioleskan secara langsung.

Beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan antara lain meningkatkan kelembaban kulit, membantu mengatasi terjadinya kerusakan kulit dari paparan cahaya matahari. Kemudian, mencegah penuaan dini dan lainnya.

Untuk bisa mendapatkan beragam manfaatnya tersebut, Anda cukup mengaplikasikan minyak zaitun secara langsung. Atau gunakan produk perawatan kecantikan yang memiliki kandungan minyak zaitun, seperti lotion atau pembersih wajah.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan minyak zaitun sebagai perawatan kecantikan kulit.

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

Mencegah Oksidasi Pemicu Kanker

Baca Juga : Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah Sehat dan Cantik

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah oksidasi. Melansir dari Medical News Today, oksidasi adalah sebuah proses yang bisa menghasilkan bahan kimia, yaitu radikal bebas.

Bahan kimia tersebut dapat memicu kerusakan sel dan bisa berkontribusi terhadap perkembangan kanker.

Saat mengaplikasikan ke bagian kulit wajah, maka kandungan antioksidan dalam minyak zaitun mampu mencegah penuaan dini.

Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa, pemakaian minyak zaitun secara langsung pada kulit yang terpapar sinar UV (matahari) bisa membantu melawan perkembangan sel-sel penyebab penyakit kanker.

Para ilmuwan melakukan penelitian dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit tikus yang terpapar sinar UV (ultraviolet) berbahaya.

Hasilnya, pertumbuhan tumor pada tikus yang kulitnya telah diolesi minyak lebih rendah secara signifikan ketimbang tikus lain yang tidak diolesi.

Meski begitu, para ilmuwan harus melakukan penelitian lebih banyak lagi terkait hal tersebut guna memahami efek dari sifat antioksidan dari minyak zaitun terhadap kulit manusia.

Baca Juga : Efek Samping Minyak Zaitun bagi Tubuh yang Belum Banyak Diketahui

Melembabkan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit yang cukup populer yaitu sebagai pelembab. Selain untuk kulit, minyak ini juga kerap digunakan pada rambut. Walaupun menurut penelitian bahwa efektivitasnya masih sedikit.

Sementara ahli kimia kosmetik yang juga pendiri Hop & Cotton (merek perawatan kulit), Byrdie mengatakan bahwa, manfaat minyak zaitun dapat membantu melembabkan kulit. Serta mengurangi risiko kulit kehilangan air.

Itu artinya kondisi tersebut dapat membantu kulit dalam meningkatkan kandungan air. Dengan begitu maka kesehatan kulit pun akan meningkat sehingga wajah terlihat lebih segar dan sehat.

Mengandung Anti-bakteri

Karena memiliki kandungan anti-bakteri menjadikan minyak zaitun sangat bermanfaat untuk kulit. Meski begitu, hanya sedikit penelitian yang berpendapat bahwa minyak zaitun mampu mengendalikan bakteri pada kulit.

Studi kecil itu melihat efek dari penggunaan minyak kelapa dan minyak zaitun pada bakteri Staphylococcus aureus yang terdapat pada kulit.

Baca Juga : Sejuta Manfaat Minyak Zaitun, Kemewahan dari Surga

Hasil studi tersebut menunjukkan jika kedua jenis minyak tersebut memiliki sifat antibakteri, namun minyak kelapa yang murni ternyata lebih efektif menghilangkan bakteri.

Walaupun demikian, manfaat minyak zaitun juga bisa sebagai obat untuk kulit yang terinfeksi bakteri. Hal ini dapat meningkatkan penyembuhan borok pada kaki akibat diabetes atau gula darah tipe 2.

Membantu Mengobati Luka

Minyak zaitun dapat membantu mengobati luka pada wajah, termasuk bekas jerawat. Menurut dokter kulit yang tersertifikasi, Shandy Skornicki, minyak zaitun juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk penyembuhan luka.

Ia menjelaskan, kandungan triterpenoid dalam banyak tumbuhan, khususnya zaitun, mampu membantu terhadap reaksi biologis yang dalam proses penyembuhan luka. Yaitu migrasi sel, deposisi kolagen, dan proliferasi sel.

Mengatasi Masalah Kesehatan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk kulit lainnya yaitu membantu mengatasi kesehatan kulit yang bermasalah. Kandungan vitamin A, vitamin D, E, dan vitamin K pada minyak tersebut akan larut di dalam lemak.

Beberapa dari vitamin tersebut mungkin bisa memberikan manfaat yang lebih bagi kesehatan kulit. Seperti mencegah penuaan dini, dan mengurangi stres oksidatif yang dialami kulit.

Termasuk membantu mengobati masalah kesehatan pada kondisi kulit lainnya, seperti eksim dan psoriasis.

Mengangkat Riasan Wajah

Paul Lorenc, ahli bedah plastik estetika mengatakan bahwa, salah satu dari manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah adalah memecah substansi yang bertekstur lilin pada kulit dari riasan wajah. Seperti eyeliner dan maskara yang tahan air.

Menurut Paul, squalene dan antioksidan dari minyak zaitun menghidrasi kulit sehingga dapat membantu melembabkan kulit yang tipis pada area mata.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa menambah nutrisi bulu mata, sama halnya seperti kondisioner yang bekerja menutrisi rambut.

Minyak zaitun mampu mengangkat riasan pada wajah sekaligus memindahkan residu di kulit yang larut dalam minyak. Seperti sabun dan produk riasan. Namun, untuk membersihkan riasan secara maksimal, Anda memerlukan surfaktan.

Karena membersihkan wajah dari riasan secara menyeluruh itu penting. Gunakan sabun wajah saat melakukan tahapan pembersihan yang terakhir. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru