Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Sayur Buncis, Si Hijau Manis yang Lezat dan Menyehatkan

Manfaat Sayur Buncis, Si Hijau Manis yang Lezat dan Menyehatkan

Manfaat sayur buncis tak hanya baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sayuran ini juga baik untuk menangkal sejumlah jenis penyakit. Apalagi buncis memiliki rasa yang enak untuk kita olah menjadi aneka masakan.

Buncis merupakan jenis sayuran yang memiliki kacang dalam kantung buahnya. Tanaman ini masih bersaudara dengan kacang panjang. Hanya saja buncis lebih banyak mengandung mineral.

Kenali Manfaat Sayur Buncis

Ada banyak ragam olahan yang bisa kita buat dengan buncis. Sayuran hijau manis ini bisa kita olah menjadi oseng, masakan berkuah, hingga sebagai bahan untuk salad maupun jus.

Nah, berikut ini beragam manfaat sayur buncis untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda ketahui.

Buncis dan Sistem Kekebalan Tubuh

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa sayuran dan buah-buahan yang paling baik kita konsumsi adalah yang kaya akan warna. Karena itu sudah saatnya Anda juga bergantung pada alasan itu.

Baca Juga : Sayuran yang Baik Bagi Ibu Hamil, Ini Dia Daftarnya!

Sayuran seperti buncis yang berwarna hijau terang dan memiliki rasa yang cenderung manis merupakan yang terbaik untuk Anda konsumsi dalam jumlah yang wajar.

Salah satu manfaat buncis lainnya adalah karena buncis juga mengandung vitamin C. Nutrisi ini mampu menjaga kekebalan atau sistem imun tubuh.

Namun bagi Anda wanita yang telah berusia lebih dari 18 tahun, sebaiknya buncis hanya Anda makan sebanyak 75 gram per hari.

Sedangkan bagi pria, buncis dapat Anda konsumsi 5 persen lebih banyak dari yang dikonsumsi wanita. Jika lebih dari itu, maka ada risiko lambung yang terasa sebah akan Anda rasakan.

Buncis dan Diabetes

Jika Anda takut menambah risiko terkena diabetes setelah mengonsumsi gula, sebaiknya memperhatikan informasi ini.

Mungkin Anda perlu beralih ke hidangan alam yang hijau dan menyegarkan mata sebagai pengganti rasa nikmat dan manis pada lidah.

Baca Juga : Jenis Sayuran Hidroponik Ini Cocok Ditanam di Rumah

Tentu saja penggunaannya harus selalu kita batasi dan berdasarkan sepengetahuan dokter anda. Jika buncis adalah salah satu menu diet untuk diabetes Anda, maka Anda sudah berada pada jalur yang tepat.

Manfaat sayur buncis karena mengandung zat yang salah satunya adalah sitosterol. Sitosterol adalah zat yang dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang diproduksi oleh pankreas.

Insulin berfungsi untuk menurunkan level gula dalam darah. Nah, jangan ragu lagi mengonsumsi si hijau nan manis ini.

Manisnya hidup dan sehatnya alami bisa Anda dapatkan sekaligus, baik untuk mencegah atau mengobati diabetes .

Buncis dan Obesitas

Pada zaman yang serba instan ini, terkadang ada saja penghambat untuk melakukan gaya hidup sehat. Bukan diet. Mari sejenak hilangkan kata diet dan perlakukanlah gaya hidup sehat setiap hari. Bukan hanya dengan tujuan menurunkan berat badan.

Kemampuan dan manfaat sayur buncis dapat memecah karbohidrat dan lemak yang ada dalam darah. Sehingga akan menghindari dari obesitas jika rutin mengonsumsi sayuran ini sebagai cemilan pengganti.

Baca Juga : Daftar Makanan yang Sangat Baik untuk Kesuburan Pria

Mari sejenak rasakan dahsyatnya kemampuan buncis untuk memecah karbohidrat dan lemak yang ada dalam darah.

Kandungan vitamin B dalam buncis yang bertanggung jawab atas kebaikan-kebaikan yang berkaitan dengan masalah kegemukan tersebut.

Jika sudah merasakan manfaatnya, pastikan Anda juga aktif bergerak. Ini agar energi sebagai hasil mengonsumsi buncis akan tersalurkan dengan baik.

Pastikan Anda mengkombinasikannya dengan bahan lain, dan variasikan setiap kebaikannya agar Anda tidak bosan.

Buncis dan Pencernaan

Buncis dan seratnya adalah teman baik. Sangat baik sehingga buncis merupakan salah satu sumber serat paling penting bagi tubuh.

Bagaimana tidak? Manfaat sayur buncis juga besar karena serat dalam sayuran ini relatif tinggi. Jika kita konsumsi dengan takaran yang cukup dan tidak berlebihan, buncis dan seratnya dapat mengatasi masalah sembelit dan obesitas.

Keduanya sangat berkaitan. Namun tetap saja Anda harus berhati-hati. Secara logika, bahan makanan yang bisa melancarkan pencernaan juga akan berdampak pada tidak berhentinya usus menguras sisa makanan.

Akibatnya, diare akan datang dan lemas akan tersimpan. Jika sudah begitu, maka sudah saatnya sadar bahwa semua hal yang berlebihan pun tidak baik.

Untuk menyiasatinya pun, Anda bisa mengkombinasikan buncis dengan bahan yang mengandung protein nabati lainnya.

Bisa juga Anda mengkombinasikannya dengan protein hewani, seperti dada ayam atau ikan yang cukup. Ini juga bisa menjadi pendamping manfaat sayur buncis menjadi sajian yang lezat dan menyehatkan. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -