Kamis, November 25, 2021
BerandaBerita TasikmalayaEmak-emak di Tasikmalaya Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur

Emak-emak di Tasikmalaya Manfaatkan Lahan Tidur Jadi Kebun Sayur

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Emak-emak di Tasikmalaya manfaatkan lahan tidur milik PJKA menjadi kebun sayur. Mereka adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Muda Kampung Kalapa Anyar, Kelurahan Awipari, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kebun ini memiliki berbagai jenis sayuran seperi bayam, kangkung, terong, bawang daun, tomat dan cabai. Selain sayuran kelompok Tani ini juga memproduksi kerupuk tulang dan abon.

Saat ini puluhan emak-emak anggota KWT Tasikmalaya ini terus memanfaatkan setiap lahan kosong PJKA. Sebelumnya, mereka pun sudah mengantongi ijin dari pihak PJKA. Untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan sayur mayur. Dan hasilnya pun bisa untuk keperluan kelompok tani tersebut.

Ketua KWT Lilis menuturkan sejak 2021 ini mencoba lagi untuk menekuni bercocok tanam, dan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kelompok. Meskipun hasilnya belum maksimal, tetapi kelompok ini sudah bisa mengahsilkan uang.

“Menjual sayur ke tetangga dan juga membawanya ke pasar. Hasilnya lumayan bisa tambah-tambah untuk risiko dapur,” ujar Lilis, Senin (22/11/2021).

Sementara itu, Sekertaris Kecamatan Cibeureum Agus Jamaludin menuturkan KWT Awipari masuk dalam nominasi lomba. Pihaknya sangat mengapresiasi kelompok ini yang tetap eksis sejak berdiri tahun 2015. Sampai saat pandemi ini pun masih tetap produktif.

“Sekarang tahun 2021 ini kita genjot kembali dengan manfaatkan lahan tidur. Yang tadinya banyak ilalang kini menjadi kebun sayur. Tentunya dengan izin dari pihak PJKA,” ucapnya.

Agus menuturkan selain memanfaatkan lahan tidur, emak-emak ini pun manfaatkan pekarangan rumah. Menanam berbagai jenis sayuran menggunakan polibag. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi warga.

“Semoga saja ke depannya kelompok ini bisa berkembang dan terus berproduktif agar kelompok ini sejahtera,” pungkasnya. (Apip/R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -

Berita Terbaru