Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruMassa Atom Relatif, Berikut Penjelasan, Rumus, dan Cara Menghitungnya

Massa Atom Relatif, Berikut Penjelasan, Rumus, dan Cara Menghitungnya

Massa atom relatif merupakan salah satu pembahasan dalam ilmu kimia. Perlu Anda ketahui bahwasannya atom itu merupakan suatu unsur murni yang terdiri dari inti atom serta elektron. Sedangkan molekul itu adalah senyawa yang tersusun dari dua jenis atom atau bisa kita katakan sebagai suatu proses kimia.

Karena tidak semua orang mendapatkan ilmu pengetahuan tentang ini, jadi penting sekali kita untuk membahasnya. Terkhusus untuk mereka yang memilih ke jurusan sosial.

Mungkin, hal ini sudah sedikit disinggung ketika kita duduk di bangku SMP. Tapi, bagaimana dengan fitrah kelupaan manusia? Bukan tidak mungkin juga ilmu ini akan terlupakan.

Baca Juga: Tulang Penyusun Cranium, Berikut Ini Penjelasannya

Demi bertambahnya wawasan dan ilmu pengetahuan kita, maka tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan istilah tersebut.

Mengukur massa itu membandingkan massa pada suatu benda dengan benda lainnya. Untuk massa benda pembanding adalah massa standar. Sebagai contohnya adalah saat kita menimbang gula dengan berat 1 kg.

Sebenarnya massa gula tersebut sama dengan massa dari anak timbangannya yang juga memiliki massa 1 kg. Hal tersebut juga berlaku guna menentukan massa suatu atom.

Penjelasan dan Cara Menghitung Massa Atom Relatif

Sebelumnya, perlu Anda catat dan garis bawahi bahwasannya massa atom relatif memiliki singkatan Ar. Singkatan tersebut memiliki makna yaitu suatu konsep kimia yang sudah benar-benar melekat serta selalu menjadi bagian dari bab apapun dalam ilmu kimia.

Entah itu untuk osmosis, stoikiometri, kimia organik, kimia atom, dan asam basa. Oleh sebab itu, butuh pemahaman konsep Ar dengan baik serta matang. Karena memang hal tersebut merupakan kunci supaya kita bisa mempelajari kimia.

Atom mempunyai ukuran yang kecil. Jadi, tak mungkin jika kita akan mengukur dengan cara menimbangnya. Tetapi, canggihnya alat sekarang ini bisa membantu untuk membandingkan mana yang merupakan massa atom pada suatu unsur dengan menggunakan skala massa atom relatif.

Dahulu para ahli juga menggunakan isotop karbon C12 untuk menjadi standar dengan atom relatif sebesar 12. Massa relatif tersebut juga menunjukkan perbandingan massa rata-rata satu atom pada suatu unsur dengan 1/12 massa. 1 satuan massa atom (sma) = 1/12 massa 1 atom C – 12.

Apabila rata-rata massa oksigen itu 1,33 kali massa atom karbon -12, maka bisa kita simpulkan bahwasannya massa atom relatif adalah 1,33 x 12,00 = 15,96 (dibulatkan menjadi 16).

Baca Juga: Tata Nama Senyawa Kimia, Berikut Ini Penjelasannya untuk Anda

Selain itu, para ahli juga menggunakan C-12 atau isotop 12C. Sebab memiliki kestabilan inti dengan inert daripada atom yang lainnya. Lebih tepatnya adalah isotop itu C-12 mempunyai massa atom 12 sma.

Kesimpulannya, Ar merupakan bilangan yang menunjukkan perbandingan massa suatu atom unsur tersebut dengan 1/12 massa C-12.

Ar X = massa rata-rata unsur X : 1/12 x massa atom karbon -12. Jika sudah demikian, maka Ar merupakan hasil dari suatu perbandingan sehingga tak memiliki satuan. Anda juga bisa melihat Ar ini pada tabel periodik unsur yang selalu mencantumkan satuan.

Contoh Soal

Untuk massa atom relative, mempunyai isotop yang bisa kita hitung. Caranya adalah dengan menghitung kelimpahan isotop tersebut. Contohnya, jika unsur boron mempunyai dua isotop, yakni boron -97 dan boron -81, dengan kelimpahan yang sama pada alam. Jadi, Ar br(50/100 x 79) + 50/100 x 81)= 39,5 + 40,5 = 80.

Baca Juga: Ciri Khas Atom Karbon, Pengertian, Jenis Ikatan dan Bentuk Rantai

Berbeda lagi jika atom mempunyai tiga isotop, maka ketiganya juga harus kita hitung. Misalnya adalah unsur neon yang mempunyai 3 isotop, neon -20, neon-21, serta neon-22. Diketahui juga jika kelimpahan neon-20 di alam itu sebanyak 90,92%, neon-21 itu 0,26%, sedangkan neon-22 sebanyak 8,82%.

Ar Ne = (90,92/100 x 20) + (0,26/100 x 21) + (8,82/100 x 22) =18,184 + 0,0546 + 1,9404= 20,2.

Sangat mudah bukan untuk menghitung massa atom relatif?

Massa Molekul Relatif

Biasanya pembahasan mengenai massa atom relatif bareng dengan massa molekul relatif. Secara singkatnya adalah Mr. Ini merupakan perbandingan massa rata-ratanya satu molekul unsur ataupun senyawa dengan 12/1 massa rata-rata atom karbon -12.

Untuk cara menghitung massa molekul relatif ini senyawa H2O, 2 (massa atom H) + 1 (massa atom O) atau 2 (1,008 sma) + 1 (16,00 sma) = 18,02 sma. Antara cara menghitung massa atom relatif dan molekul itu hampir sama. Karena menggunakan rumus yang benar-benar harus kita perhatikan guna mendapatkan jawaban yang tepat. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)