Sabtu, November 27, 2021
BerandaBerita TerbaruMembersihkan Kolong Mobil dengan Cara Aman dan Mudah Dimengerti

Membersihkan Kolong Mobil dengan Cara Aman dan Mudah Dimengerti

Membersihkan kolong mobil sebenarnya tidaklah sulit. Namun sayangnya, bagian ini masih sering terabaikan. Sehingga kondisinya tidak selalu dalam keadaan bagus.

Apalagi bagiannya yang tidak terlihat di depan mata membuat sebagian besar orang mengabaikannya. Terlebih saat cuaca hujan, tentu mudah sekali membuat bagian ini terkena kotoran.

Bahan besi yang mendasarinya juga membuat Anda harus membersihkan atau melakukan perawatan secara tepat. Material besi tersebut jika tidak Anda berikan perawatan tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan saat berkendara.

Untuk itulah, Anda perlu tahu apa saja tips tepat dalam merawatnya. Salah satunya dengan membersihkan kolong mobil secara berkala. Bagian kolong memang jarang diperhatikan.

Dengan bagian yang paling dekat badan jalan membuatnya mudah kotor. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan pencucian dengan perhatian khusus.

Sehingga meski saat hujan maupun panas, Anda harus membersihkannya dengan tepat. Bahkan hal ini mampu berpengaruh pada kinerja kendaraan.

Baca Juga : Perawatan Mobil Matic vs Manual yang Perlu Kalian Ketahui

Cara Mudah Membersihkan Kolong Mobil Secara Tepat

Sering sekali pemilik kendaraan memberikan perawatan dengan melakukan service dan mencucinya. Hal ini perlu juga Anda lakukan agar setiap komponen bisa berfungsi dengan tepat.

Sebaiknya Anda gunakan tips jitu dalam membersihkan bagian kolong. Cara ini bisa Anda lakukan sebelum muncul permukaan kolong yang terlalu kotor. Maka dari itu, sebaiknya Anda berikan perawatan seperti mencucinya.

Ada beberapa tips untuk membersihkan kolong mobil. Pastikan Anda menyimaknya sampai usai. Jangan sampai ada bagian yang terlewat. Berikut ini ulasannya.

Mencucinya dengan Rutin

Ada banyak cara membersihkan kolong mobil yang Anda miliki. Salah satu yang cukup sering dilakukan yaitu mencuci mobil secara rutin. Jika mencuci mobil tidak bisa sendiri, tentu akan membutuhkan waktu lama.

Jika memang tidak bisa Anda lakukan sendiri, sebaiknya gunakan jasa cuci mobil terbaik. Dengan cara ini, kebersihan mobil Anda bisa segera terwujud. Bahkan Anda tidak perlu repot melakukannya sendiri.

Jasa terbaik bisa memberikan hasil maksimal. Hal ini karena setiap bengkel maupun jasa cuci bisa mengatasinya dengan mudah. Mengingat adanya peralatan lengkap yang bisa membuat kondisi mobil kinclong seperti baru.

Baca Juga : Perawatan Filter AC Mobil Agar Kualitas Udara Kabin Selalu Sejuk

Dengan adanya alat hidrolik membantu kolong mobil bisa lebih terjamin kebersihannya. Anda tidak perlu melakukan perawatan pada bagian tersebut.

Membilasnya dengan Air Bersih

Musim hujan yang sedang terjadi membuat sebagian besar komponen mobil dalam kondisi buruk. Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kolong mobil yaitu bilas dengan air bersih.

Setelah Anda melakukan pencucian mobil, pastikan membilasnya dengan air bersih. Hal ini perlu Anda lakukan karena sebagian besar komponen terbuat dari besi. Apalagi cuaca yang tidak menentu, bisa membuat Anda merasa jengkel.

Dengan cuaca hujan, maka debu akan mudah menempel sehingga karat atau korosi bisa teratasi dengan tepat. Anda bisa menghabiskan waktu di beberapa daerah.

Mulai dari membersihkan kolong mobil dengan cara aman. Sebagai komponen yang ada pada mobil, sebaiknya Anda juga membersihkan bagian kaliper, velg, hingga cakram rem.

Gunakan Cairan HF

Ada banyak cara membersihkan kolong mobil. Salah satunya yaitu menggunakan cairan HF. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi kotoran yang membandel. Mulai dari pasir, aspal, dan tanah.

Baca Juga : Mengatasi Masalah pada Mobil dengan Cuka, Ampuh dan Murah

Cairan yang satu ini cukup keras sehingga penggunaannya juga harus hati-hati. Dengan menggunakan bahan tersebut, kotoran bisa Anda bersihkan secara optimal. Sebaiknya gunakan secara tepat dengan ukuran yang sesuai.

Steam

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum perawatan. Anda bisa menggunakan steam untuk membersihkan bagian kolong mobil.

Dengan menggunakan alat yang satu ini, Anda bisa mendapatkan kenyamanan baru. Dalam hal ini, Anda bisa semprotkan bagian paling kotor dengan semprotan yang kencang. Cara ini cukup aman dan mudah untuk membersihkan kolong mobil.

Memberikan perawatan pada setiap kendaraan tentu berbeda. Begitu pula jika Anda membersihkan kolong. Meski terlihat sulit, nyatanya mudah dilakukan.

Beberapa cara mudah di atas bisa menjadi pilihan ketika sudah mengalami kolong bermasalah. Hal ini dengan tujuan membersihkan kolong mobil secara aman dan cepat. Jangan ragu untuk melakukannya sekarang juga. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru