Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita BanjarMemoar Sang Guru, Buku ke-25 Karya YRBK Kota Banjar

Memoar Sang Guru, Buku ke-25 Karya YRBK Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) Kota Banjar, Jawa Barat, kembali mempersembahkan sebuah buku Antologi dengan judul Memoar Sang Guru karya dari komunitas pegiat literasi.

Buku dengan judul Memoar Sang Guru yang dilaunching dalam momen Peringatan Hari Guru Nasional tersebut merupakan buku ke-25 yang diluncurkan oleh YRBK Kota Banjar.

Pendiri Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) Kota Banjar, Sofian Munawar, mengatakan, buku antologi memoar Sang Guru merupakan kumpulan karya tulis 25 orang guru dari berbagai jenjang pendidikan.

Ia menyebutkan, mereka yang terlibat dalam penulisan buku Antologi Sang Guru di antaranya Guru TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs dan SMA se-Kota Banjar.

Baca Juga: Cerita Santri asal Kota Banjar yang Hilang, Sempat Diperalat Anak Punk

Sejauh ini, lanjut, Sofian, sebagian besar buku yang diterbitkan Ruang Baca Komunitas merupakan karya antologi yang ditulis secara bersama-sama. Para pegiat literasi dari berbagai kalangan turut serta dalam pembuatan buku-buku terbitan YRBK.

“Penulisan buku “Memoar Sang Guru” ini merupakan kado istimewa menyambut Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 ini,” kata Sofian Munawar kepada wartawan, Minggu (28/11/21).

Lanjutnya, selain peluncuran buku Sang Guru pada kesempatan launching ini juga diisi acara diskusi dengan para penulis. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar juga hadir pada kesempatan tersebut.

Adapun isi dari buku Sang Guru tersebut antara lain memuat pengalaman para guru dalam menjalankan profesinya. Pengalaman tersebut diharapkan menjadi motivasi serta inovasi model-model pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

Selain Memoar Sang Guru, YRBK Juga Akan Terbitkan Buku Lain Pada Akhir Tahun

Sofian menambahkan, rencananya bulan Desember mendatang Ruang Baca Komunitas (RBK) juga akan meluncurkan 3 buah buku. Tujuannya sebagai kado penutup akhir tahun.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Semoga bermakna terutama untuk saling memotivasi dan menginspirasi dalam menambah karya literasi,” ujar Sofian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar, H. Lukmanul Hakim, memberikan apresiasi atas hadirnya buku antologi karya para Guru tersebut.

Menurutnya, buku Memoar Sang Guru nantinya bisa dijadikan sebagai salah satu referensi bahan bacaan. Baik oleh para guru maupun siswa untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

“Ini tentunya karya yang luar biasa. Bisa dijadikan bahan rujukan karena di dalamnya memuat berbagai pengalaman yang inspiratif,” katanya. (Muhlisin/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -