Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMencegah Nyeri Otot saat Olahraga, Begini Caranya yang Efektif

Mencegah Nyeri Otot saat Olahraga, Begini Caranya yang Efektif

Mencegah nyeri otot saat olahraga tentunya jauh lebih baik sebelum terjadi. Apalagi gangguan otot akan menyebabkan tubuh sulit bergerak, sehingga kita tidak bisa melaksanakan olahraga secara rutin. Karena itu penting mengetahui pencegahannya.

Olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat, serta tidak akan mudah terserang penyakit. Tetapi Anda juga jangan melakukan olahraga yang asal-asalan.

Karena kecerobohan bisa mengakibatkan tubuh Anda cedera, misalnya otot menjadi terasa nyeri. Kondisi tersebut tentunya malah akan membuat aktivitas Anda menjadi terganggu.

Perlu Anda ketahui bahwa saat berolahraga maka aktivitas otot pada tubuh akan meningkat. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan dalam skala mikroskopis pada serat otot.

Kerusakan mikroskopis pada otot inilah yang sebenarnya menimbulkan rasa nyeri dan juga kaku ketika Anda melakukan olahraga. Bahkan rasa nyeri tersebut bisa saja bertahan cukup lama, mulai dari tiga hingga lima hari.

Oleh karena itulah, Anda harus berhati-hati pada saat melaksanakan olahraga dan tidak boleh melakukannya secara asal-asalan. Anda tidak boleh meremehkan masalah kecil yang terjadi pada otot.

Baca Juga : Manfaat Minyak Gondopuro Atasi Nyeri Sendi, Rematik, Aromaterapi

Cara Mencegah Nyeri Otot saat Olahraga

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika tidak ingin mengalami cedera atau nyeri otot ketika melakukan olahraga. Agar tidak penasaran, yuk simak beberapa mencegah nyeri otot saat olahraga berikut ini.

Apabila Anda tidak ingin merasakan nyeri pada saat berolahraga, maka Anda bisa mempraktekkan beberapa hal ini sebelum mulai melakukan olahraga. Sehingga manfaat aktivitas fisik untuk tubuh akan lebih optimal.

Melakukan Pemanasan Terlebih Dahulu

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa kegiatan pemanasan sangat berguna dan perlu untuk kita lakukan sebelum mulai berolahraga. Hal ini sangatlah penting untuk Anda perhatikan.

Karena kegiatan pemanasan sebelum berolahraga akan mencegah terjadinya nyeri otot pada beberapa bagian tubuh.

Seperti pada kaki, lengan, dan punggung. Anda bisa berlari kecil untuk melemaskan otot sebelum mulai berolahraga.

Baca Juga : Gangguan pada Otot, Jenis dan Penyebabnya yang Sering Terjadi

Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Meskipun terdengar cukup aneh, namun ternyata minum kopi sebelum melakukan olahraga juga berguna untuk mencegah nyeri otot saat olahraga.  

Perlu Anda ketahui bahwa kopi ternyata memiliki kandungan zat yang akan membantu memperkuat otot tubuh. Sehingga berguna untuk menurunkan risiko cedera otot pada saat olahraga.

Anda bisa minum satu cangkir kopi sebelum melakukan olahraga. Setelah itu sebaiknya berikan waktu beberapa saat sebelum mulai melakukan olahraga.

Membuat Gerakan yang Stabil

Apabila Anda tidak ingin mengalami nyeri pada otot saat melakukan olahraga, maka Anda harus membuat gerakan yang stabil. Hindari gerakan yang Anda lakukan secara tiba-tiba.

Hal tersebut untuk menghindarkan otot menjadi kaget yang akan menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, gerakan stabil yang Anda lakukan juga akan mencegah terjadinya cedera pada otot saat berolahraga.

Baca Juga : Beragam Penyebab Kram Otot dan Penanganannya

Istirahat Sejenak saat Berolahraga

Cara lainnya untuk mencegah nyeri otot saat olahraga adalah dengan menyeimbangkan aktivitas fisik dengan istirahat. Ini sangat penting agar tubuh tidak malah terforsir yang justru akan merugikan Anda sendiri.

Olahraga memang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun jika olahraga Anda lakukan secara berlebihan maka hal ini juga bukan merupakan hal yang baik.

Anda tetap harus beristirahat sejenak setelah melakukan olahraga selama beberapa saat. Hal ini sangat penting Anda lakukan dengan tujuan untuk melemaskan otot-otot yang menjadi tegang pada saat Anda berolahraga.

Minum Air Putih

Pada saat Anda melakukan olahraga maka tentu saja tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Jika hal ini dibiarkan, lama-kelamaan tubuh Anda menjadi lemas karena kekurangan cairan.

Oleh karena itu, perlu sebuah ion yang akan membantu mengisi kebutuhan cairan dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan minum air putih yang juga akan mencegah rasa nyeri pada otot.

Itulah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sebagai cara mencegah nyeri otot saat olahraga.

Bukan hanya soal pemanasan, namun juga menyiapkan tubuh dalam menjalankan aktivitas fisik ini sehingga manfaatnya bisa lebih optimal. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -